Politik

Forum Pemilu Damai, Cara KPU Sulut Wujudkan Pemilu Damai 2019

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 07 February 2019 22:41   280 kali
MANADO (BK) : Forum Pemilu Damai kembali digelar. Forum diskusi yang melibatkan seluruh stakeholder dalam menyukseskan Pemilu 2019, dilaksanakan di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Kamis (7/2/2019).
 
 
Penggagas kegiatan, Kapolda Sulut, Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto mengatakan, forum ini untuk menjalin komunikasi antara pemerintah, penyelenggara, pengawas, peserta pemilu, aparat penegak hukum serta tokoh agama dan masyarakat.
 
 
“Kita semua harus menjalin komunikasi agar pelaksanaan Pemilu di Sulut berjalan aman dan damai,” ujar Kapolda.
 
 
Kapolda berharap kegiatan ini bisa terus digelar hingga pelaksanaan pemilu. Tentu katanya, jika pertemuan kali ini dilaksanakan oleh KPU Sulut, pada pertemuan berikutnya bisa saja dari partai atau stakeholder lainnya.
 
 
“Kalau tidak ada yang bersedia, kita tunjuklah siapa pelaksana berikutnya. Ini juga agar pelaksanaan pemilu di Sulut bisa berjalan aman dan lancar,” kata Kapolda yang disertai sedikit candaan.
 
 
 
 
Ketua KPU Provinsi Sulut, Ardiles Mewoh. (foto : acha)
 
 
Hal senada juga diungkapkan Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh. Ardiles bersama anggota KPU Sulut lainnya, Salman Saelangi, Lanny Ointoe, Yessy Momongan dan Meidy Tinangon, juga berharap Forum Pemilu Damai ini bisa dilaksanakan seterusnya.
 
 
“Sampai saat ini tahapan pemilu di Sulut masih berjalan lancar dan aman. Ini semua berkat kerjsama yang baik antara Pemerintah, Kepolisian, TNI, Bawaslu, peserta pemilu serta masyarakat,” ungkapnya.
 
 
Gubernur Sulut, Olly Dondokambey yang turut hadir dalam forum ini mengapresiasi penguatan koordinasi antara lembaga dalam pelaksanaan pemilu 2019 ini. Dia berharap, KPU dan Bawaslu sebagai pilar terpenting pemilu menjalankan tugas sesuai amanat undang-undang.
 
 
“Kalau dijalankan sesuai prosedur, saya rasa tidak ada kendala yang dihadapi. Pemerintah ingin pemilu di Sulut sukses,” tandas Olly.
 
 
Secara terpisah, Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, berharap forum ini bisa berdampak positif dan dapat membuka wawasan dalam berdemokrasi sehingga akan mengurangi sengketa pemilu. “Hasil diskusi forum ini bisa menjadi bahan regulasi dalam pengawasan pemilu dari atas hingga sampai ke tingkat paling bawah yaitu TPS,” ungkap Malonda.
 
 
Forum ini digagas Kapolda Sulut, Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto dan menjadi gelaran kedua setelah dilaksanakan pertengahan Januari 2019 lalu di Mapolda Sulut.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Politik
Politik
08 Mar 2019 / dibaca 117 kali
MANADO (BK) : Peran sebagai wakil rakyat benar-benar ditunjukkan oleh Theresia Pingkan Nuah. Anggota DPRD Kota Manado ini tetap menjalankan...
Politik
07 Mar 2019 / dibaca 304 kali
MANADO (BK) : Ketua Komisi III DPRD Manado, Lily Binti berang. Reses pertamanya di tahun 2019, tidak dihadiri Dinas Pekerjaan Umum dan...
Politik
07 Mar 2019 / dibaca 104 kali
MANADO (BK) : Infrastruktur masih menjadi langganan utama keluhan masyarakat. Hal itu terungkap pada reses Ketua Komisi III DPRD Kota Manado,...
Politik
04 Mar 2019 / dibaca 147 kali
MANADO (BK) : Beredarnya selebaran gelap yang isinya menyerang kredibilitas caleg jelang Pemilu 2019, mendapat perhatian serius Boby Daud....
Politik
01 Mar 2019 / dibaca 157 kali
MANADO (BK) : Dugaan adanya kampanye hitam (black campaign), terjadi jelang Pemilu 2019 di Sulawesi Utara (Sulut). Kecurangan ditemukan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.