Politik

Herwyn Teratas, Kenly dan Mustarin Jadi Komisioner Bawaslu Sulut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 17 September 2017 10:44   869 kali
MANADO (BK): Setelah melewati rangkaian fit and proper test, akhirnya 3 personil Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara terpilih dari 6 orang yang diuji oleh Bawaslu RI. 
 
Dalam pengumuman yang dikeluarkan Bawaslu RI Nomor: 0486/BAWASLU/SJ/HK.01.00/IX/2017, tiga nama yang dinyatakan sebagai komisioner masa jabatan 2017 hingga 2022 adalah Herwyn Malonda, Kenly Poluan dan Mustarin Humagi.
 
Ketiganya sendiri berhasil unggul dari 3 komisioner lainnya masing-masing Jurike Kaeng, Zulkifly Densi dan Jamaluddin Lamato.
 
Lalu siapa ketiga komisioner Bawaslu terpilih yang rencananya akan segera dilantik pada bulan September 2017 ini.
 
Nama pertama adalah Herwyn Malonda. Dirinya memang sudah dikenal sebagai 'petarung' dalam pemilihan perangkat pemilu. Memulai di Kabupaten Minahasa, Herwyn telah merasakan menjadi komisioner KPU hingga Panwas Kabupaten Minahasa. Pada tahun 2012, dirinya pun akhirnya terpilih menjadi Komisioner Bawaslu Sulut dan berhasil menjadi Ketua selama 5 tahun.
 
Nama kedua adalah Kenly Poluan. Memang di Kota Manado nama ini tak begitu populer karena dirinya lebih banyak berkecimpung di tingkat nasional.
 
Mantan Ketua DPP Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) ini memiliki jaringan yang luas di tingkat nasional. Bahkan, sebagai Direktur Eksekutif for Indonesian Local Policy Studies (ILPOS), Kenly memiliki kemampuan mumpuni terkait dengan dunia perpolitikan dan pemerintahan.
 
Sementara, Mustarin Humagi merupakan seorang aktivis asal Bolaang Mongondow Utara. Kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini memiliki pengalaman sebagai mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Bolmut pada pemilihan legislatif dan presiden 2014 lalu.
 
Ketiga komisioner terpilih ini sendiri dinilai memiliki paduan hebat untuk mengawal proses pemilihan di Sulawesi Utara. Bahkan, sejak jauh hari, memang ketiganya sudah diprediksi bakal terpilih pada seleksi fit and proper test yang dilaksanakan Bawaslu RI.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Politik
Politik
23 Mar 2018 / dibaca 212 kali
TATELI (BK): Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh meminta pasangan calon kepala daerah yang diusung partainya, harus berkompetisi secara fair...
Politik
22 Mar 2018 / dibaca 237 kali
JAKARTA (BK) : Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo menyatakan diri merapat ke Partai NasDem. Tokoh Golkar yang pernah...
Politik
14 Mar 2018 / dibaca 255 kali
MANADO (BK) : Ketua DPW PSI Sulawesi Utara Melky Pangemanan memutuskan untuk maju sebagai Calon anggota legislatif (Caleg). Keputusan tersebut...
Politik
26 Feb 2018 / dibaca 329 kali
MANADO (BK): Calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus memiliki standarisasi Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini terungkap pada...
Politik
14 Feb 2018 / dibaca 198 kali
MANADO (BK) : Ketua KPU Sulut, Yessy Momongan mendukung Deklarasi Bawaslu Sulut yang menolak dan melawan politik uang dan politisasi SARA...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.