Politik

Herwyn Teratas, Kenly dan Mustarin Jadi Komisioner Bawaslu Sulut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 17 September 2017 10:44   1195 kali
MANADO (BK): Setelah melewati rangkaian fit and proper test, akhirnya 3 personil Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara terpilih dari 6 orang yang diuji oleh Bawaslu RI. 
 
Dalam pengumuman yang dikeluarkan Bawaslu RI Nomor: 0486/BAWASLU/SJ/HK.01.00/IX/2017, tiga nama yang dinyatakan sebagai komisioner masa jabatan 2017 hingga 2022 adalah Herwyn Malonda, Kenly Poluan dan Mustarin Humagi.
 
Ketiganya sendiri berhasil unggul dari 3 komisioner lainnya masing-masing Jurike Kaeng, Zulkifly Densi dan Jamaluddin Lamato.
 
Lalu siapa ketiga komisioner Bawaslu terpilih yang rencananya akan segera dilantik pada bulan September 2017 ini.
 
Nama pertama adalah Herwyn Malonda. Dirinya memang sudah dikenal sebagai 'petarung' dalam pemilihan perangkat pemilu. Memulai di Kabupaten Minahasa, Herwyn telah merasakan menjadi komisioner KPU hingga Panwas Kabupaten Minahasa. Pada tahun 2012, dirinya pun akhirnya terpilih menjadi Komisioner Bawaslu Sulut dan berhasil menjadi Ketua selama 5 tahun.
 
Nama kedua adalah Kenly Poluan. Memang di Kota Manado nama ini tak begitu populer karena dirinya lebih banyak berkecimpung di tingkat nasional.
 
Mantan Ketua DPP Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) ini memiliki jaringan yang luas di tingkat nasional. Bahkan, sebagai Direktur Eksekutif for Indonesian Local Policy Studies (ILPOS), Kenly memiliki kemampuan mumpuni terkait dengan dunia perpolitikan dan pemerintahan.
 
Sementara, Mustarin Humagi merupakan seorang aktivis asal Bolaang Mongondow Utara. Kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini memiliki pengalaman sebagai mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Bolmut pada pemilihan legislatif dan presiden 2014 lalu.
 
Ketiga komisioner terpilih ini sendiri dinilai memiliki paduan hebat untuk mengawal proses pemilihan di Sulawesi Utara. Bahkan, sejak jauh hari, memang ketiganya sudah diprediksi bakal terpilih pada seleksi fit and proper test yang dilaksanakan Bawaslu RI.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Politik
Politik
12 Aug 2018 / dibaca 549 kali
MANADO (BK) : KPU Sulut mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) pencalonan Anggota DPRD Provinsi Sulut. Pengumuman berdasarkan Peraturan KPU...
Politik
10 Aug 2018 / dibaca 317 kali
MANADO (BK): Partai Hanura sepertinya tidak pernah sepi dari konflik dan persoalan. Setelah dihebohkan dengan persoalan nyaris 100 persen...
Politik
09 Aug 2018 / dibaca 503 kali
WINERU (BK): Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Provinsi Sulawesi Utara, Jerry Sambuaga menemui mantan Ketua DPD Partai Golkar Sulut, Jimmy...
Politik
07 Aug 2018 / dibaca 149 kali
MANADO (BK) : Media massa dan jurnalis menjadi bagian penting terhadap hasil dari pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 nanti. Kualitas...
Politik
30 Jul 2018 / dibaca 169 kali
MANADO (BK) : Jelang Pemilu 2019 mendatang, bursa calon Presiden (Capres) dan calon Wakil Presiden (Cawapres) bergulir semakin kencang dan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.