Politik

Ini Pernyataan Jurnalis yang Mencalonkan Anggota DPD RI Terkait Himbauan Dewan Pers

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 11 July 2018 21:47   313 kali
Lexi Mantiri, berkemeja putih (tengah), wartawan yang mencalonkan diri sebagai Anggota DPD RI. (foto : acha)
MANADO (BK) : Dewan Pers mengeluarkan surat edaran mengenai posisi media dan netralitas wartawan. Dalam surat edaran itu, mengimbau awak media melepaskan profesi sebagai wartawan jika ingin mencalonkan diri dalam pilkada.
 
 
Himbauan itu kemudian ditanggapi bakal calon Anggota DPD RI, Lexi Mantiri. Lexi yang mempunyai ‘basic’ jurnalis mengatakan profesi wartawan adalah profesi seumur hidup. Apalagi profesi itu sudah dijalaninya sekitar 15 tahun lamanya.
 
 
“Saya memang sudah sejak lama mengundurkan diri sebagai wartawan di media. Tetapi wartawan dalam hati saya adalah menulis,” katanya.
 
 
Lanjutnya, walaupun dirinya sudah tidak bekerja lagi di media, tapi menulis tetap akan dilakukannya. “Karena pencalonan ini sampai saya harus meninggalkan media,” tambahnya.
 
 
 
 
Dikutip dari detik.com, Ketua Dewan Pers, Yoseph Adi Prasetyo  mengatakan, mencalonkan diri sebagai kepala daerah, calon legislator, ataupun tim sukses paslon ialah hak setiap warga negara, termasuk wartawan. Namun wujud keterlibatan dalam kontestasi politik tersebut akan mempengaruhi netralitas wartawan.
 
 
Menurut Stanley, wartawan yang berkecimpung dalam dunia politik berpotensi berpihak pada kepentingan politik pribadi dan golongannya. Hal ini bertentangan dengan kode etik jurnalistik yang mengedepankan netralitas dan kepentingan publik.
 
 
"Karena itu, ketika seorang wartawan memutuskan menjadi calon legislatif, calon kepala daerah atau tim sukses, yang bersangkutan telah kehilangan legitimasi untuk kembali pada profesi jurnalistik," ujar Yosep.
 
 
Dewan Pers menegaskan kembali Surat Edaran Nomor 02/SE-DP/II/2014 tentang Independensi Wartawan dan Pemuatan Iklan Politik di Media Massa dan Seruan Dewan Pers Nomor 01/Seruan-DP/X/2015 tentang Posisi Media dan Imparsialitas Wartawan dalam Pilkada 2015.
 
 
Dalam surat edaran tersebut, Dewan Pers mengimbau wartawan yang maju ke pilkada, pileg, ataupun menjadi tim sukses segera nonaktif sebagai wartawan dan mengundurkan diri secara permanen.
 
 
Sedangkan dalam Surat Edaran No 01/SE-DP/I/2018 tentang Posisi Media dan Imparsialitas Wartawan dalam Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, Dewan Pers kembali menegaskan peran pers dalam rangka menjamin kemerdekaan pers dan untuk memenuhi hak masyarakat mendapatkan informasi yang berkualitas dan adil, antara lain:
 
 
1. Pers nasional melaksanakan peranannya memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui (Pasal 6 Butir a, UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers)
 
 
2. Pers nasional melaksanakan peranannya mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat, dan benar (Pasar 6 Butir c UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers)
 
 
3. Pers nasional melaksanakan peranannya melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum (Pasar 6 Butir d UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers)
 
 
4. Pers nasional melaksanakan peranannya memperjuangkan keadilan dan kebenaran (Pasal 6 Butir e UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers).
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Politik
Politik
23 Mar 2018 / dibaca 211 kali
TATELI (BK): Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh meminta pasangan calon kepala daerah yang diusung partainya, harus berkompetisi secara fair...
Politik
22 Mar 2018 / dibaca 237 kali
JAKARTA (BK) : Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo menyatakan diri merapat ke Partai NasDem. Tokoh Golkar yang pernah...
Politik
14 Mar 2018 / dibaca 253 kali
MANADO (BK) : Ketua DPW PSI Sulawesi Utara Melky Pangemanan memutuskan untuk maju sebagai Calon anggota legislatif (Caleg). Keputusan tersebut...
Politik
26 Feb 2018 / dibaca 327 kali
MANADO (BK): Calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus memiliki standarisasi Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini terungkap pada...
Politik
14 Feb 2018 / dibaca 198 kali
MANADO (BK) : Ketua KPU Sulut, Yessy Momongan mendukung Deklarasi Bawaslu Sulut yang menolak dan melawan politik uang dan politisasi SARA...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.