Politik

Jerry Sambuaga: DPR Baru Jangan Lupa Teruskan RUU Perlindungan Data Pribadi

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 07 August 2019 17:47   326 kali
Jerry Sambuaga

JAKARTA (BK): Dua rancangan undang-undang sudah masuk ke DPR RI yaitu rancangan aturan perlindungan data pribadi dan keamanan siber.

 

Namun parlemen pesimis, dua rancangan tersebut bisa diselesaikan pada masa bakti DPR periode 2014-2019 yang bakal berakhir pada Oktober 2019. Jika tidak bisa selesai pada periode DPR kali ini, RUU perlindungan data pribadi terancam mulai dari nol lagi.

 

“Seharusnya 2019 ini. Tapi melihat waktu dan melihat sidang kami yang kurang lebih tinggal beberapa bulan lagi, kemungkinan besar RUU ini tidak akan selesai dibahas pada periode ini,” kata Anggota Komisi I DPR, Jerry Sambuaga di Jakarta, Rabu 7 Agustus 2019.

 

Namun demikian, Jerry berharap dua RUU ini bisa dimulai lagi pembahasannya pada DPR periode baru. Jerry mengatakan, RUU yang gagal diselesaikan di periode DPR saat ini harus kembali ke tahap awal pada DPR periode baru, yakni diawali dengan usulan dari DPR atau pemerintah.

 

“Filosofinya adalah anggota DPR terpilih belum tentu sama. Kedua, aspirasi politik masyarakat tidak sama dengan apa yang ada di periode selanjutnya. Maka dari itu butuh dorongan dari masyarakat untuk Komisi I bisa kembali menginisiasi RUU ini,” ujarnya.

 

Pentingnya dorongan dari masyarakat adalah karena Indonesia belum memiliki dasar hukum untuk perlindungan siber dan data pribadi. Saat ini aturan mengenai data pribadi memang sudah tersedia namun tidak spesifik. Untuk itu, Jerry mengatakan, ada baiknya regulasi data pribadi dan keamanan siber hadir dalam bentuk undang-undang, agar memiliki ketetapan yang kuat.

 

“Bikin undang-undang itu tidak gampang. Ada usulan dari anggota melalui mekanisme fraksi. Fraksi itu partai politik. Di DPR ada 9 fraksi. Fraksi belum tentu punya pendapat yang sama. Itu baru dari segi DPR, belum lagi dari segi pemerintah,” tutur Jerry.

 

Pada Juli lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika menjanjikan draf RUU data pribadi masuk ke DPR pada akhir Juni 2019, namun harapan tersebut tak tercapai. Kominfo berdalih, RUU tersebut masih perlu pembahasan dengan pemangku kepentingan yang lain.

 

(kg.com/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Politik
Politik
12 Nov 2019 / dibaca 135 kali
AMURANG (BK): Partai Golkar (PG) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) membukan pendaftaran penjaringan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil...
Politik
04 Nov 2019 / dibaca 193 kali
JAKARTA (BK): Loyalis Bambang Soesatyo (Bamsoet), Darul Siska, menegaskan Wakorbid Pratama Partai Golkar itu akan siap maju mencalonkan...
Politik
02 Nov 2019 / dibaca 281 kali
MANADO (BK) : Tiga organisasi 'Mendirikan dan Didirikan' Partai Golkar, menyatakan memberikan dukungan kepada Airlangga Hartarto untuk...
Politik
01 Nov 2019 / dibaca 279 kali
MANADO (BK): Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga (JS) menghadiri acara pelantikan pengurus Angkatan Muda Pembaharuan...
Politik
21 Oct 2019 / dibaca 243 kali
JAKARTA (BK): Kendati sempat heboh sejaga raya Indonesia, bahkan di Provinsi Sulawesi Utara bahwa Christiany Eugenia ‘Tetty’...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.