Politik

Ketua Bawaslu Sulut Monitoring Pencoblosan di Pilkada 2018

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 29 June 2018 17:53   651 kali

MENJELANG pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Utara, volume kerja dari Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara, Herwyn Malonda melejit naik.

 

Tak pandang pagi, siang ataupun malam, Malonda terus mengunjungi persiapan pelaksanaan Pilkada di beberapa kabupaten dan kota. Termasuk melihat kinerja dari ‘anak buahnya’ mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga desa.

 

Menurut Malonda, pihaknya telah membagi tugas untuk memonitoring jalannya pilkada. “Saya di wilayah Kabupaten Minahasa, Minahasa Tenggara. Dua pimpinan lainnya di Kabupaten Bolmong Raya dan Kepulauan Kabupaten Talaud dan Sitaro,” tukas dia. “Pengawasan adalah tugas kami. Sehingga petugasnya harus optimal dalam bertugas,” ujar Malonda kepada beritakawanua.com, belum lama ini.

 

Bawaslu Sulut sudah melakukan pemetaan terhadap kerawanan TPS di 6 daerah pilkada. Dari 1.528 total TPS, 72 persen atau 1.105 TPS di antaranya dikategorikan rawan terjadi pelanggaran pemilu. Minahasa dinilai memiliki TPS paling rawan, yakni sebanyak 538 TPS. Kemudian Kotamobagu 170 TPS, Sitaro 150 TPS, Mitra 103 TPS, Talaud 78 TPS dan Bolmut 66 TPS.

 

“Kategori rawan dinilai berdasarkan 15 indikator. Indikator ini disusun oleh relawan Bawaslu lewat pengumpulan data sejak 10 Juni 2018,” papar Ketua Bawaslu Sulut itu.

 

Dari 15 indikator TPS rawan diuraikan, yakni pemilih tidak masuk daftar pemilih tetap (DPT), pemilih tidak memenuhi syarat masuk DPT, pemilih disabilitas, DPT tambahan melebih 20 per TPS.

 

TPS wilayah khusus, terdapat aktor cukong, praktik pemberian uang dan lainnya, ada relawan bayaran, KPPS mendukung pasangan calon tertentu. C6 atau surat undangan tidak didistribusikan kepada pemilih, TPS didekat posko pasangan calon, KPPS tidak mengikuti bimbingan teknis, ketersedian logistik, praktik mempengaruhi pemilih dan menghasut isu suku agama ras dan antargolongan (SARA).

 

Patroli dilakukan dalam bentuk tim dan melakukan ronda, tim terdiri dari pengawas pemilu, anggota Polri/TNI dan Satgas nonpasangan calon. Selain itu upaya pencegahan dilakukan relawan pengawas pemilu mengunjungi rumah rumah warga. Bawaslu sudah membentuk tim patroli money politics. Dari kunjungan door to door ini petugas membangun kesadaran masyarakat. “Kalau ada yang menawarkan uang, tolak dan laporkan ke petugas supaya bisa ditindak,” tegas dia.

 

Dari 1.528 TPS, dicurigai ada 438 TPS yang ‘digentayangi’ cukong, bohir dan broker. Sebanyak 534 TPS ternyata berpotensi kerawanan menyangkut daftar pemilih.

 

Malonda menyatakan, Pilkada serentak 2018 di 6 kabupaten dan kota di Sulut adalah pertarungan kedewasaan politik bagi pasangan calon. Pergerakan pemilih sangat tergantung pada para pasangan calon. Artinya, bila pasangan calon menerima dengan sikap kedewasaan politik atas hasil pilkada, tentu semuanya akan lancar.

 

Malonda menuturkan, peran pers dalam pilkada bisa turut membantu untuk wujudkan pilkada damai. Ada banyak peran pers salah satunya menjadi kontrol. Pers sebagai media kontrol, yaitu mengawasi pelaksanaan pemilu, pelaksanaan jadwal dan waktu pemilu, pengawasan terhadap penegakan aturan pelaksanaan pemilu, peserta pemilu, pemilih dan hasil pemilu.

 

"Inilah yang seharusnya menjadi perhatian kita bersama. Karena jika Pilkada ini tidak di kontrol oleh pers maka kita akan sulit untuk mensukseskan Pilkada serentak 2018," kata Malonda.

 

Ia mengakui, hingga saat ini pers telah menjalankan fungsinya sebagai alat kontrol terhadap pemerintah dan penyelenggara pilkada, dengan demikian pemilihan kepala daerah berlangsung secara transparan, sah, dan kredibel di mata hukum.

 

(patria)

Komentar ()
Berita Politik
Politik
20 Oct 2018 / dibaca 1429 kali
JAKARTA  (BK):  “Suka tidak suka, senang tidak senang kita harus akui kondisi kebangsaan kita saat ini berjalan mundur....
Politik
11 Oct 2018 / dibaca 346 kali
MANADO (BK): Tingginya harga tarif retribusi parkir di Pasar Bersehati Manado, didengungkan pada Rapat Paripurna DPRD Kota Manado dalam...
Politik
11 Oct 2018 / dibaca 274 kali
MANADO (BK): Penetapan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib yang dibahas Panitia Khusus (Pansus) yang diketuai Benny Parasan, akhirnya disetujui...
Politik
08 Oct 2018 / dibaca 243 kali
MANADO (BK) : Partai Demokrat Sulut diyakini akan tetap solid, pasca hengkangnya Ketua DPD, Vecky Lumentut ke Partai Nasional Demokrat...
Politik
08 Oct 2018 / dibaca 333 kali
MANADO (BK) : Ketua DPD Partai Demokrat Sulut, Vecky Lumentut memilih menyeberang ke Partai Nasdem. Perpindahan itu ternyata tidak diikuti...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.