Politik

KPU Manado Bungkam Soal KPPS Positif Covid-19, Waspadai Klaster Baru Pencoblosan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 08 December 2020 23:49   332 kali
Ilustrasi. (sehatq.com)
 
 
 
MANADO (BK) : Pilkada Serentak 2020 di Kota Manado berpotensi menciptakan klaster baru Covid-19. Ini setelah didapati 1.038 anggota KPPS reaktif rapid test beberapa waktu lalu.
 
Bahkan kabar terbaru sehari jelang pencoblosan 9 Desember esok, ada 14 anggota KPPS yang positif terpapar virus asal Wuhan China ini. Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda seperti dikutip dari komentar.id.
 
“Ya. Itu data yang masuk seperti itu,” jawab Herwyn Malonda dikonfirmasi wartawan via ponsel, Selasa (8/12/2020).
 
Malonda memberikan solusi untuk dilakukan pergantian petugas KPPS. Tapi jika tidak memungkinkan, KPPS yang sehat melaksanakan tugas rangkap.
 
“Paling sedikit harus ada lima orang KPPS dalam satu TPS,” terangnya.
 
Ketua Bawaslu Sulut dua periode ini tetap mengajak masyarakat pemilih di Sulut untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya pada Rabu 9 Desember 2020, pukul 07.00-13.00 WITA.
 
Berbeda dengan apa yang dikatakan Komisioner KPU Manado Divisi Sosialisasi, Sumber Daya Manusia (SDM), dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Ismail Harun. Menanggapi adanya 1.038 anggota KPPS yang reaktif, ia menegaskan tidak ada penggantian KPPS.
 
Katanya, walau hasil swab test positif, para petugas KPPS tidak bisa digantikan karena tidak ada dalam aturan. “Regulasi pergantian itu sendiri tidak ada. Tetap mereka. Yang pasti, ketika mereka sudah sembuh dengan mendapatkan keterangan dari Puskesmas, mereka bisa diaktifkan,” jelasnya.
 
Sementara Ketua KPU Manado, Jusuf Wowor memilih bungkam ketika dikonfirmasi mengenai jumlah anggota KPPS di Manado yang terpapar Covid-19.
 
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Manado, dr Sanil Marentek juga menampik tidak mengetahui hasil swab test anggota KPPS Manado. “Kalau urusan swab kebetulan yang lakukan Dinkes (Dinas Kesehatan), bisa tanya langsung ke Dinkes ya”.
 
Kepala Dinkes Kota Manado, Ivan Marthen yang dihubungi via ponsel juga enggan membeberkan anggota KPPS yang positif corona. “Itu rahasia, tidak bisa dikasi tau, tapi kalau hanya jumlah coba hubungi dr Joy,” tukasnya.
 
 
KPU Sulut Imbau Masyarakat Jangan Ragu ke TPS
 
Munculnya kekhawatiran akan adanya klaster baru ditepis Komisioner KPU Sulut Divisi Hukum Meidy Tinangon. Ia mengatakan masyarakat tak boleh ragu untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) seperti dilansir detikawanua.com.
 
“Untuk penerapan protokol kesehatan sangat diutamakan mulai dari petugas sampai para pemilih,” terangnya saat menggelar sosialisasi pemilihan Cagub-Cawagub bersama Pers Minahasa di Kafe Kebeng Sasaran Tondano, Selasa (8/12/2020).
 
Ia mengatakan semua petugas TPS maupun para pemilih yang akan menyalurkan hak suara akan dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) mulai dari face shield, masker dan sampai penggunaan sarung tangan.
 
“Yang pasti penerapan 3M menjadi prioritas,” tegasnya.
 
Penerapan 3M ini, lanjutnya, akan menjawab rasa khawatir masyarakat terkait pencegahan merebaknya wabah pandemi ini. Apalagi di TPS juga akan disiapkan thermogan.
 
“Jadi pemilih reaktif akan disediakan bilik khusus,” jelas Tinangon.
 
Tak hanya itu, seluruh petugas sudah dilakukan reapid test terlebih dahulu saat tahapan dan semua petugas non reaktif, olehnya Tinangon berharap agar para pemilih untuk jangan ragu, karena saat pencoblosan APD kesehatan akan di kontrol.
 
“Mari kita sukseskan pilkada ini, bersama kita salurkan hak suara dan jangan ragu serta khawatir untuk datang ke TPS,” pungkasnya.
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Politik
Politik
11 Nov 2020 / dibaca 528 kali
MANADO (BK) : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut menggelar debat Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut tahap kedua di...
Politik
11 Nov 2020 / dibaca 262 kali
MANADO (BK) : Calon Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambay memaparkan bahwa angka harapan hidup di Sulawesi Utara kini sudah mencapai 72...
Politik
06 Nov 2020 / dibaca 174 kali
MANADO (BK) : KPU Manado mulai melakukan rapid tes bagi calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Perlindungan...
Politik
05 Nov 2020 / dibaca 707 kali
MANADO (BK) : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut menggelar debat pasangan calon kepala daerah yang akan bertarung pada Pilkada 9 Desember 2020...
Politik
01 Nov 2020 / dibaca 609 kali
MINAHASA (BK) :  Adrie Kamasi SH MH terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Minahasa Periode 2020-2025, di...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.