Politik

Lepas Merpati Tandai Deklarasi Kampanye Damai di Sulut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 23 September 2018 21:10   327 kali
Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh. (foto : acha)
MANADO (BK) : Karnaval 16 partai politik (Parpol) peserta Pemilu menandai Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 di Kawasan Pohon Kasih Megamas Manado, Minggu (23/9/2018). Ketua KPU Sulawesi Utara (Sulut), Ardiles Mewoh menandai pembukaan kampanye dengan pelepasan balon dan burung merpati sebagai lambang perdamaian.
 
 
“Ini adalah momentum yang baik untuk mengawali masa kampanye karena deklarasi bertepatan dengan HUT Provinsi Sulut ke-54,” ujar Ardiles.
 
 
Ardiles mengatakan kampanye adalah penyampaian visi misi kepada rakyat. Dia meminta penyampaian kampanye harus dilakukan secara damai, santun dan beretika untuk meyakinkan masyarakat.
 
 
“Masyarakat tentu tidak akan bersimpati jika dalam kampanye dilakukan secara tidak santun dan damai. Pemilih pasti akan meninggalkan calon atau parpol seperti itu,” terangnya.
 
 
“Di bawah pohon kasih ini menjadi saksi Deklarasi Kampanye Damai di Sulut yang dikenal dengan daerah religius, aman dan hidup dalam persaudaraan,” pungkasnya.
 
 
Karnaval Kampanye Damai. (foto : ist)
 
 
Sebelumnya, pengurus Parpol diberikan kesempatan untuk menyampaikan orasi politiknya terkait Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Serentak Tahun 2019.
 
 
Orasi pertama disampaikan Ketua DPW Partai Kesatuan Bangsa (PKB), Greity Tielman. Kemudian oleh Ketua Partai Gerindra, Wenny Lumentut dan diikuti orasi selanjutnya oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan, Frangky Wongkar.
 
 
Orasi Partai Golkar dibawakan oleh Dolfie Angkow. Sementara Max Lomban mewakili DPD Partai Nasdem, sedangkan Partai Garuda oleh MH Rende.
 
 
Orasi politik Partai Berkarya disampaikan oleh Jony Rondonuwu, dilanjutkan orasi dari Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulut, Syarifuddin Syaafa. Untuk orasi politik Partai Perindo disampaikan pengurus partai, Imelda. Sedangkan Partai Solidaritas disampaikan oleh Michael Pangemanan.
 
 
Kapolda Sulut, Irjen Pol Bambang Waskito. (foto : ist)
 
 
Ketua DPC Partai Amanat Nasional Manado, Boby Daud juga ikut berorasi, setelah itu dilanjutkan oleh Wensy Siwi, Sekretaris Partai Hanura Sulut. Hi Burhanudin Saleh juga berorasi untuk Partai Bulan Bintang (PBB). Orasi politik ditutup oleh Ketua Partai PKPI, Ronald Pauner.
 
 
Setiap orasi politik yang disampaikan berintikan untuk mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Serta melaksanakan kampanye Pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, politisasi SARA dan politik uang, serta kampanye yang berdasarkan perundang-undangan yang berlaku.
 
 
Namun disayangkan, 2 Parpol besar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrat tidak mengikuti Deklarasi yang dihadiri Kapolda Sulut, Irjen Pol Bambang Waskito, perwakilan Kodam XIII/Merdeka, Lantamal VIII Manado serta peserta yang diperkirakan mencapai 800 orang itu.
 
 
Ketua DPC PAN Manado, Boby Daud. (foto : ist)
 
 
Adapun pembacaan Ikrar Kampanye Damai Pemilu 2019 dilakukan oleh Nyong dan Noni Sulut 2018, Benito Sabatino Van Der Kley Sepang dan Brenda Angelia Tumbelaka, dan diikuti seluruh pengurus Parpol, calon anggota DPD dan DPRD Sulut, dan disaksikan oleh Komisioner KPU dan Bawaslu Sulut.
 
 
Selanjutnya dilakukan penandatanganan Prasasti Kampanye Damai yang diawali oleh Calon Anggota DPD. Kemudian oleh para Ketua DPD/DPW Parpol, perwakilan Tim Kampanye Presiden dan Wakil Presiden, Forkopimda, Komisioner KPU dan Bawaslu serta para Tokoh Agama.
 
 
Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Drs Mecky Onibala, mendukung penuh pemerintah dalam pelaksanaan Pemilu 2019.
 
 
“Ayo kita sukseskan Pemilu 2019, menolak hoax, menolak politisasi uang serta menolak isu SARA dalam berkampanye,” kata Onibala.
 
 
Deklarasi yang dirangkai dengan berbagai kegiatan oleh setiap KPU Kabupaten dan Kota se-Sulut, ditutup dengan doa oleh Pdt Oktafrits Rondonuwu, STh.
 
 
Pelepasan balon dan burung merpati sebagai lambang perdamaian. (foto : ist)
 
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Politik
Politik
20 Oct 2018 / dibaca 1428 kali
JAKARTA  (BK):  “Suka tidak suka, senang tidak senang kita harus akui kondisi kebangsaan kita saat ini berjalan mundur....
Politik
11 Oct 2018 / dibaca 344 kali
MANADO (BK): Tingginya harga tarif retribusi parkir di Pasar Bersehati Manado, didengungkan pada Rapat Paripurna DPRD Kota Manado dalam...
Politik
11 Oct 2018 / dibaca 273 kali
MANADO (BK): Penetapan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib yang dibahas Panitia Khusus (Pansus) yang diketuai Benny Parasan, akhirnya disetujui...
Politik
08 Oct 2018 / dibaca 243 kali
MANADO (BK) : Partai Demokrat Sulut diyakini akan tetap solid, pasca hengkangnya Ketua DPD, Vecky Lumentut ke Partai Nasional Demokrat...
Politik
08 Oct 2018 / dibaca 331 kali
MANADO (BK) : Ketua DPD Partai Demokrat Sulut, Vecky Lumentut memilih menyeberang ke Partai Nasdem. Perpindahan itu ternyata tidak diikuti...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.