Politik

Lolos 6 Besar Bawaslu Sulut, Jurike Kaeng 'Dikeroyok' 5 Pria

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 28 August 2017 01:18   884 kali
Jurike Kaeng
MANADO (BK): Tim Seleksi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara telah menetapkan 6 nama yang dinyatakan lulus tes dan akan melaju ke uji kelayakan dan kepatutan, untuk dipilih 3 orang komisioner.
 
Keenam nama tersebut adalah incumbent Herwyn Malonda, Zulkifli Densi, Kenly Poluan, Mustarin Humagi, Jamal Lamato dan yang terakhir Jurike Kaeng.
 
Menarik, karena dari keenam calon terpilih ini, Jurike Kaeng menjadi satu-satunya keterwakilan perempuan. Dirinya, akan bertarung menjadi yang paling layak dari 5 orang laki-laki.
 
Siapa sebenarnya Jurike Kaeng, yang mampu menembus 6 besar Bawaslu Sulut.
 
Mengawali karir kepemiluan sebagai staf di Panwas Kota Manado di tahun 2009, Jurike Kaeng meniti karir kepemiluan yang lumayan bagus dengan berhasil terpilih menjadi komisioner Panwaslu Manado di tahun 2014 pada pemilihan legislatif dan Presiden, kemudian menjadi komisioner PAW untuk Pilkada Kota Manado awal tahun 2016.
 
Kemampuan Jurike Kaeng tak main-main, karena saat menjadi staf di Panwas Manado, Jurike merupakan salah satu tim perumus yang akhirnya menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh KPUD Manado saat itu hingga berujung pada proses Pergantian Antar Waktu.
 
Jurike Kaeng sendiri juga mampu menghadapi tantangan berat ketika dirinya menjadi komisioner PAW Panwaslu Pilkada Kota Manado menggantikan komisioner lama yang dipecat.
 
Diberikan waktu hanya 2 bulan, Jurike yang menjadi Ketua Panwas Manado ini, mampu menjaga Pilkada Kota Manado walaupun penuh dengan lika-liku persoalan.
 
Mampukah Jurike Kaeng mengulang sejarah perempuan menjadi komisioner pengawas pemilu Sulawesi Utara seperti Hilda Tirayoh? Kita tunggu saja hasil fit and proper test yang dilakukan oleh Bawaslu RI dalam waktu dekat ini.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Politik
Politik
11 Jul 2018 / dibaca 414 kali
MANADO (BK) : Dewan Pers mengeluarkan surat edaran mengenai posisi media dan netralitas wartawan. Dalam surat edaran itu, mengimbau awak media...
Politik
11 Jul 2018 / dibaca 440 kali
MANADO (BK) : Lexi Mantiri, resmi mendaftar sebagai bakal calon Anggota DPD RI daerah pemilihan Sulawesi Utara (Sulut). Jurnalis media cetak...
Politik
11 Jul 2018 / dibaca 370 kali
MANADO (BK) : Puluhan simpatisan Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu, Jainuddin Damopolii – Suharjo Makalalag...
Politik
11 Jul 2018 / dibaca 596 kali
MANADO (BK) : Bawaslu Sulut menolak laporan dugaan pelanggaran money politik pada Pilkada Kotamobagu 2018. Dalam amar putusan Majelis...
Politik
10 Jul 2018 / dibaca 259 kali
MANADO (BK) : Stefanus B.A.N Liow resmi mendaftar sebagai bakal calon anggota DPD RI. Senator petahana ini tiba di Kantor KPU Sulut, Selasa...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.