Politik

MK Tolak Gugatan Pilkada Bolmut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 17 September 2018 20:29   378 kali
Personil KPU dan Bawaslu Sulut berfoto bersama usai Sidang Pleno MK Sengketa Pilkada Bolmut. (foto : istimewa)
MANADO (BK) : Sengketa Pilkada Bolmut berakhir. Mahkamah Konstitusional (MK) akhirnya menolak gugatan yang dilayangkan pasangan Hamdan Datunsolang - Murianto Babay (HD-Muri), pada Sidang Pleno Mahkamah Konstitusi yang terbuka untuk umum, Senin (17/9/2018).
 
 
Komisioner KPU Sulut, Meidy Tinangon saat dikonfirmasi mengatakan pada Sidang Pleno Mahkamah Konstitusi, Majelis Hakim menolak keseluruhan gugatan pasangan HD-Muri dalam eksepsi dan dalam pokok perkara.
 
 
"Menolak eksepsi termohon dan pihak terkait serta menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," ujar Meidy yang juga Ketua Divisi Hukum.
 
 
Meidy mengatakan, putusan itu berdasarkan hasil Rapat Permusyawaratan Hakim diketuai Anwar Usman bersama 8 Hakim Konstitusi lainnya yaitu : Aswanto, I Dewa Gede Palguna, Wahiduddin Adams, Arief Hidayat, Enny Nurbaningsih, Manahan MP Sitompul, Saldi Isra dan Suhartoyo.
 
 
Sebelumnya, hasil Pilkada Bolmut berproses di MK dengan Perkara bernomor : 6/PHP.BUP-XVI/2018 (Kab. Bolaang Mongondow Utara). Perselisihan Hasil Pemilu (PHP) itu dilayangkan pasangan HD - Muri karena hasil perhitungan suara yang hanya berselisih 443 suara atau 0,89 persen.
 
 
HD - Muri sebagai pemohon mempersoalkan penyelenggara Pemilu, PPK dan PPS dengan status ASN, persoalan DPT dan DPTb, money politics dan dugaan kecurangan pencoblosan surat suara.
 
 
Namun, dalil-dalil tersebut kemudian dimentahkan. Majelis Hakim MK menganggap dalil-dalil itu tidak mempunyai dasar hukum yang kuat dan tidak mempengaruhi perolehan suara.
 
 
"Dengan demikian keputusan KPU Bolmut tentang hasil rekapitulasi Pilkada Bolmut dinyatakan sah," lanjut Meidy.
 
 
"KPU Bolmut akan menindaklanjuti hasil putusan MK dengan tahapan penetapan calon terpilih yang rencananya akan dilaksanakan Rabu, 19 September 2018," pungkas Meidy.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Politik
Politik
16 Apr 2019 / dibaca 101 kali
MANADO (BK) : H-1, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menyatakan telah siap menyelenggarakan  Pemilihan Umum...
Politik
15 Apr 2019 / dibaca 1429 kali
MANADO (BK): Anggota Pengarah TKD Pemenangan Jokowi-Amin Sulawesi Utara yg juga Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Golkar Theo L. Sambuaga...
Politik
15 Apr 2019 / dibaca 103 kali
MANADO (BK) : Sebanyak 891 personil gabungan, siap mengamankan jalannya Pemilu 2019 di Kota Manado. 529 diantaranya personil khusus yang...
Politik
14 Apr 2019 / dibaca 126 kali
MANADO (BK) : Bawaslu Sulut mengeluarkan edaran berupa Larangan di Masa Tenang. Edaran itu berlaku selama 3 hari kedepan pada masa tenang,...
Politik
11 Apr 2019 / dibaca 144 kali
MANADO (BK) : Ketua DPRD Manado, Noortje Henny Van Bone mengajak seluruh legislator dan calon legislator (caleg) untuk taat aturan. Termasuk...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.