Politik

MK Tolak Gugatan Pilkada Bolmut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 17 September 2018 20:29   330 kali
Personil KPU dan Bawaslu Sulut berfoto bersama usai Sidang Pleno MK Sengketa Pilkada Bolmut. (foto : istimewa)
MANADO (BK) : Sengketa Pilkada Bolmut berakhir. Mahkamah Konstitusional (MK) akhirnya menolak gugatan yang dilayangkan pasangan Hamdan Datunsolang - Murianto Babay (HD-Muri), pada Sidang Pleno Mahkamah Konstitusi yang terbuka untuk umum, Senin (17/9/2018).
 
 
Komisioner KPU Sulut, Meidy Tinangon saat dikonfirmasi mengatakan pada Sidang Pleno Mahkamah Konstitusi, Majelis Hakim menolak keseluruhan gugatan pasangan HD-Muri dalam eksepsi dan dalam pokok perkara.
 
 
"Menolak eksepsi termohon dan pihak terkait serta menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," ujar Meidy yang juga Ketua Divisi Hukum.
 
 
Meidy mengatakan, putusan itu berdasarkan hasil Rapat Permusyawaratan Hakim diketuai Anwar Usman bersama 8 Hakim Konstitusi lainnya yaitu : Aswanto, I Dewa Gede Palguna, Wahiduddin Adams, Arief Hidayat, Enny Nurbaningsih, Manahan MP Sitompul, Saldi Isra dan Suhartoyo.
 
 
Sebelumnya, hasil Pilkada Bolmut berproses di MK dengan Perkara bernomor : 6/PHP.BUP-XVI/2018 (Kab. Bolaang Mongondow Utara). Perselisihan Hasil Pemilu (PHP) itu dilayangkan pasangan HD - Muri karena hasil perhitungan suara yang hanya berselisih 443 suara atau 0,89 persen.
 
 
HD - Muri sebagai pemohon mempersoalkan penyelenggara Pemilu, PPK dan PPS dengan status ASN, persoalan DPT dan DPTb, money politics dan dugaan kecurangan pencoblosan surat suara.
 
 
Namun, dalil-dalil tersebut kemudian dimentahkan. Majelis Hakim MK menganggap dalil-dalil itu tidak mempunyai dasar hukum yang kuat dan tidak mempengaruhi perolehan suara.
 
 
"Dengan demikian keputusan KPU Bolmut tentang hasil rekapitulasi Pilkada Bolmut dinyatakan sah," lanjut Meidy.
 
 
"KPU Bolmut akan menindaklanjuti hasil putusan MK dengan tahapan penetapan calon terpilih yang rencananya akan dilaksanakan Rabu, 19 September 2018," pungkas Meidy.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Politik
Politik
20 Oct 2018 / dibaca 1428 kali
JAKARTA  (BK):  “Suka tidak suka, senang tidak senang kita harus akui kondisi kebangsaan kita saat ini berjalan mundur....
Politik
11 Oct 2018 / dibaca 344 kali
MANADO (BK): Tingginya harga tarif retribusi parkir di Pasar Bersehati Manado, didengungkan pada Rapat Paripurna DPRD Kota Manado dalam...
Politik
11 Oct 2018 / dibaca 273 kali
MANADO (BK): Penetapan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib yang dibahas Panitia Khusus (Pansus) yang diketuai Benny Parasan, akhirnya disetujui...
Politik
08 Oct 2018 / dibaca 243 kali
MANADO (BK) : Partai Demokrat Sulut diyakini akan tetap solid, pasca hengkangnya Ketua DPD, Vecky Lumentut ke Partai Nasional Demokrat...
Politik
08 Oct 2018 / dibaca 331 kali
MANADO (BK) : Ketua DPD Partai Demokrat Sulut, Vecky Lumentut memilih menyeberang ke Partai Nasdem. Perpindahan itu ternyata tidak diikuti...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.