Politik

Pilwako Manado, Jacko Pas Dampingi Vecky Lumentut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 23 March 2015 22:01   1136 kali

MANADO (BK): Berbagai kalangan memprediksikan suara rakyat yang diberikan kepada Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Harley Mangindaan bakal pecah. Sebab, keduanya akan mencalonkan diri sebagai Wali Kota Manado periode 2015 – 2020.

Menurut  salah seorang warga Manado bernama Andre, rakyat yang memilih Vecky dan Harley pada pemilihan wali kota lima tahun lalu bisa saja tidak akan memilih kepada mereka.

“Mungkin, rakyat itu kecewa karena keduanya telah pisah. Sehingga alternatif lain bisa kepada calon wali kota lain,” ujar dia.

Dari perkembangan yang ada sekarang, sambung dia, nama Jackson Andre Kumaat (Jacko) yang terus menguat. Dengan memposisikan diri pada urutan ketiga sesudah Vecky dan Harley.

Ia mencontohkan, pada Pilwako 2005 lalu, Wempie Frederik dan Teddy Kumaat kala itu sebagai wali kota dan wakil wali kota. Keduanya bertarung kembali pada tahun 2005 masing-masing sebagai calon wali kota.

Pendek kata, baik Wempie maupun Teddy kalah. Pemenangnya, calon wali kota Rimba Rogi yang berpasangan dengan Abdi Buchari.

Nah, kondisi seperti itulah, membuat Jacko sangat berpeluang. Sebab, suara rakyat yang dulunya kepada Vecky dan Harley, pada Pilwako 2015 tidak lagi bulat.

Secara terpisah, Sekretaris PKS Sulawesi Utara H. Amir Liputo mengatakan, hal itu bisa saja terulang kembali jika Vecky dan Harley berpisah.

"Akan muncul kuda hitam. Namun harus juga diingat orang seperti itu haruslah dikenal oleh masyarakat, punya basis masa jelas dan telah lama bekerja untuk Manado. Orang seperti itulah yang bisa menjadi penentu," jelasnya.

Salah satu nama yang digadang-gadang bisa menjadi penentu adalah Jackson Kumaat. Sebagai sosok yang tidak pernah berhenti bergerak dengan berbagai kegiatan sejak 2010 lalu.

Bukti terakhir adalah dengan selalu masuknya nama Jacko dalam tiga besar hasil survei baik oleh lembaga survei maupun media.

Meski begitu, Jacko masuk dalam salah satu calon pendamping Wali Kota GS Vicky Lumentut pada Pilwako 2015.  

(endo/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Politik
Politik
07 Dec 2019 / dibaca 293 kali
MANADO (BK) : Legislator Jeane Laluyan melaksanakan reses pertamanya sebagai anggota DPRD Kota Manado di lantai 5 itCenter, Kelurahan Wenang...
Politik
07 Dec 2019 / dibaca 235 kali
MANADO (BK) : Meski berada di pusat atau tengah-tengah Kota Manado, daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Wenang dan Wanea bukanlah tanpa...
Politik
06 Dec 2019 / dibaca 261 kali
MANADO (BK) : Anggota DPRD Kota Manado, Jurani Rurubua mempublikasikan dana reses yang digunakannya saat pelaksanaan reses yang dilaksanakan...
Politik
06 Dec 2019 / dibaca 281 kali
MANADO (BK) : Reses anggota DPRD Manado, Jurani Rurubua, mengungkap fakta. Sebanyak 12 anak kurang mampu ternyata disekolahkan oleh...
Politik
06 Dec 2019 / dibaca 201 kali
MANADO (BK) : Srikandi PDIP, Rosalita Manday mengungkap, semenjak menjadi anggota DPRD Kota Manado, dirinya sempat mengalami vertigo....
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.