Politik

Pleno Tingkat Provinsi, Ini Respon Ketua Partai Garuda Minut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 08 May 2019 09:50   216 kali
Ketua Partai Garuda Kabupaten Minahasa Utara, Daniel Walansendow. (foto : istimewa)
MANADO (BK) : KPU menggelar pleno penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Senin (6/5/2019). Pleno akan berlangsung 3 hari kedepan hingga Rabu(8/5/2019).
 
 
Meski masih sementara berlangsung, apresiasi kepada KPU sebagai penyelenggara terus mengalir. Pasalnya, pleno dilaksanakan secara terbuka sehingga untuk meminimalisir adanya kecurangan-kecurangan.
 
 
“Saya rasa pleno sudah berlangsung jujur dan adil, tidak ada kecurangan-kecurangan seperti yang berhembus di masyarakat,” ujar Daniel Walansendow, Ketua Partai Garuda Kabupaten Minahasa Utara (Minut) disela-sela pleno, Selasa (7/5/2019).
 
 
Daniel yang juga menjadi saksi partainya dalam proses rekapitulasi tingkat Provinsi ini mengatakan, telah mengikuti tahapan-tahapan saksi sejak dari TPS, PPK dan tingkat Kabupaten/Kota. Hingga kini, penghitungan di tingkat Provinsi pun dinilainya berjalan sesuai prosedur.
 
 
“Sistem yang berlaku saat ini, di tahun 2019 ini, sangat-sangat luar biasa. Mengapa? Karena setiap kendala yang ada boleh terselesaikan sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada," ucapnya.
 
 
Iapun mencontohkan untuk tahapan yang dari TPS, boleh terselesaikan di PPK lewat pemberian DAA1 yang merupakan rekapitulasi dari setiap TPS-TPS desa ataupun kelurahan.
 
 
Demikian pula halnya untuk pleno kecamatan, dengan diberikan DAA1 yang merupakan hasil rekapan dari setiap kecamatan-kecamatan, yang kemudian berlanjut ke DB1, yang merupakan hasil rekapitulasi dari setiap kecamatan-kecamatan yang ada untuk kabupaten/kota yang bersangkutan.
 
 
"Dan dari DB1 ini kita masuk ke pleno tingkat provinsi yang sementara kita lakukan saat ini," ujarnya.
 
 
Selain apresiasi kepada penyelenggara dari KPU maupun Bawaslu, penyelenggaraan pemilu serentak 2019 dengan cara-cara elegan ini tak luput karena adanya TNI dan Polri yang mengawal keamanan selama proses pesta demokrasi ini berlangsung.
 
 
"Ya, sangat-sangat setuju, bahwa pleno ini berlaku luber dan jurdil yaitu langsung, umum bebas, rahasia, jujur dan adil juga karena adanya pengamanan dari TNI Polri," tegasnya.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Politik
Politik
27 Jun 2019 / dibaca 276 kali
MANADO (BK) : Partai Gerindra Sulut akan melakukan konsolidasi pasca sidang putusan Sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK)....
Politik
27 Jun 2019 / dibaca 6319 kali
MANADO (BK) : Sidang putusan Sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), hanya dalam hitungan jam saja. Namun Partai Gerindra Sulawesi...
Politik
18 Jun 2019 / dibaca 562 kali
JAKARTA (BK): Bawaslu RI menyatakan KPU Kota Manado terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran tata cara, prosedur, atau...
Politik
13 Jun 2019 / dibaca 3550 kali
JAKARTA (BK): Sidang yang dipimpin Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Abhan didampingi Ratna Dewi Pettiolo, Moh Afifudin, Frits Edward...
Politik
21 May 2019 / dibaca 298 kali
JAKARTA (BK): Komisi Pemilihan Umum (KPU) menuntaskan rekapitulasi nasional hasil Pilpres 2019. Pasangan Joko Widodo (Jokowi) –...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.