Politik

Tim Seleksi KPUD Sulut Libatkan Masyarakat dalam Proses Penjaringan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 08 February 2018 18:28   227 kali
MANADO (BK): Tim seleksi Calon Anggota KPU Sulut Periode 2018-2023 meminta agar masyarakat ikut aktif terlibat dalam proses seleksi yang mulai dilakukan sejak Rabu 7 Februari 2018 ini. Adapun keterlibatan masyarakat berupa memberikan laporan jika ada calon yang tidak memenuhi syarat pencalonan.
 
"Jadi masyarakat diminta melaporkan para calon yang tidak memenuhi syarat. Syarat dalam hal ini sesuai dengan aturan yang ada, seperti masih tercatat sebagai anggota partai politik dan lainnya," kata Anggota tim Seleksi Markus Wantania SH.
 
Menurut Wantania, proses seleksi harus sudah ketat sejak awal, sehingga tidak ada lagi persoalan di kemudian hari yang justru bisa merusak tahapan yang ada.
 
"Untuk itu, ketika kami Tim Seleksi mengumumkan nama yang lolos seleksi, masyarakat sudah harus melaporkan jika si calon yang lolos bermasalah secara aturan. Tapi ingat, harus punya bukti yang benar-benar kuat," kata Wantania.
 
Sementara, dr Taufik Pasiak menyebutkan jika para calon anggota KPU Sulawesi Utara akan melewati tahapan pemeriksaan kesehatan yang telah ditentukan oleh perutaran undang-undang.
 
"Ada beberapa tes medis hingga ke psikologi. Disini, akan dicari tahu kepribadian dari calon anggota tersebut," kata Pasiak.
 
Sementara, Sekretaris Tim Seleksi DR Joice Rares mengatakan jika timnya telah bersepakat untuk mendorong keterwakilan 30 persen perempuan sebagai anggota KPU Sulut, sebagaimana amanah yang terdapat dalam undang-undang.
 
"Tapi perempuan yang punya kemampuan. Kan tidak lucu, ketika kita memaksakan harus ada perempuan, tetapi kemudian ternyata kemampuannya tidak ada. Untuk itu kami mengundang semua perempuan berkemampuan untuk ikut seleksi ini," kata Rares kembali.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Politik
Politik
05 Jul 2018 / dibaca 385 kali
MANADO (BK) : Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Sulawesi Utara (Sulut) menargetkan fraksi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Selain...
Politik
04 Jul 2018 / dibaca 237 kali
MANADO (BK) : Meski dilarang dalam Undang-undang Pemilu, Politik SARA, uang dan isu Hoaks masih menjadi persoalan yang kemungkinan akan...
Politik
04 Jul 2018 / dibaca 279 kali
MANADO (BK) : Partisipasi pemilih pada Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Sulawesi Utara (Sulut),...
Politik
29 Jun 2018 / dibaca 473 kali
MENJELANG pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Utara, volume kerja dari Ketua Badan...
Politik
25 Jun 2018 / dibaca 223 kali
MANADO (BK) : Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menggelar Rapat Kerja (Raker) terkait persiapan Pilkada Serentak Tahun 2018 di Sulawesi Utara,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.