Profil

Ayo Daftar; UNIMA Gelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2019

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 11 February 2019 23:06   1653 kali
TONDANO (BK) : Universitas negeri manado secara serentak mulai dari tingkat Program studi dan jurusan, Fakultas hingga universitas menyelenggarakan Kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Tahun 2019. 
 
Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi dan memberi penghargaan kepada mahasiswa UNIMA yang berprestasi unggul dan membanggakan secara berkesinambungan. 
 
Menurut Pembantu Rektor III Unima, Prof. Dr. Sisca Kairupan, M.Si, Melalui kegiatan ini, mahasiswa terbaik yang terpilih melalui seleksi nantinya akan diikut sertakan pada Pilmapres di Tingkat Nasional 2019.
 
Tujuan kegiatan PILMAPRES adalah untuk mengembangkan potensi mahasiswa secara maksimal agar dapat memenuhi tuntutan sebagaimana diuraikan di dalam tujuan Pendidikan tinggi. 
 
Mahasiswa diharapkan memiliki kecerdasan komprehensif yang menyeimbangkan antara hard skills dan soft skills.
 
Dalam Pilmapres ini akan terseleksi mahasiswa yang memiliki prestasi unggul dan membanggakan pada ketiga kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler  secara selaras dan seimbang.
 
Mahasiswa harus mampu menyelaraskan diri dengan fenomena Revolusi Industri 4.0  dalam pembelajaran. 
 
Hasil pembelajaran harus mampu menanamkan dan mendemonstrasikan penerapan nilai-nilai kreativitas dan inovasi, pemikiran kritis dan pemecahan masalah yang tepat, komunikasi aktif, dan kolaborasi agar mahasiswa mampu menyintas disrupsi yang tengah terjadi di berbagai bidang. 
 
Begitu juga Nilai-nilai luhur kebangsaan Indonesia yang harus dimiliki oleh mahasiswa. 
Di fakultas Teknik sendiri, menurut Pembantu Dekan Bid Kemahasiswaan-nya, Dr. Meisy Manopo, MAP jadwal dan Tahapan seleksi di tiap Prodi Jurusan hingga tanggal 9 Februari, kemudian pada tanggal 12 februari pimpinan masing-masing prodi jurusan mengirim daftar nama hasil seleksi ke Pantia tingkat fakultas, dan pada tanggal 15 Februari 2019 akan dilaksanakan Seleksi Tingkat Fakultas.
 
Ketua Panitia PILMAPRES Fatek, Janne Deivy Ticoh, MT, M.Pd menyatakan bahwa Persyaratan umum harus dipenuhi oleh peserta melalui dokumen yang membuktikan bahwa peserta Pilmapres: 
1) Merupakan Warga Negara Indonesia; 
2) Terdaftar di PD-Dikti dan aktif sebagai mahasiswa program Sarjana maksimal semester VI; 
3) Berusia tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Januari 2019 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP); 
4) Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IP seluruh matakuliah yang lulus) ratarata minimal 3,00; 
5) Merupakan wakil resmi dari perguruan tingginya yang dibuktikan dengan Surat Pengantar dari pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan (Wakil Rektor/Ketua/Direktur) dan belum pernah menjadi finalis Pilmapres Tingkat Nasional. Apabila pemenang pertama berhalangan, pemenang berikutnya dapat diajukan sebagai pengganti. 
 
Persyaratan khusus dipenuhi oleh peserta melalui kelengkapan yang harus diunggah oleh peserta untuk dinilai oleh tim juri, yaitu: 
1) Rekapitulasi Indeks Prestasi per semester; 
2) Karya tulis ilmiah yang ditulis dalam bahasa Indonesia baku; 
3) Ringkasan (bukan abstrak) yang ditulis dalam bahasa Inggris/bahasa asing PBB lainnya; 
4) Maksimum 10 (sepuluh) prestasi/capaian yang unggul dan membanggakan, dilengkapi dengan dokumen pendukung sebagai bukti;  Video profil diri dan deskripsi kegiatan yang paling diunggulkan dan dibanggakan berdurasi 3 (tiga) - 5 (lima) menit bagi finalis tingkat nasional
 
 
Format penilaian dalak kegiatan PILMAPRES ini adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ditunjukan dengan transkrip 
1) Prestasi/Capaian yang Diunggulkan dan Dibanggakan
3) Bahasa Asing (PBB: Inggris, China, Perancis, Arab, Rusia, dan Spanyol)
4) Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ditunjukan dengan transkrip
5) Prestasi/Capaian yang Diunggulkan dan Dibanggakan
6) Bahasa Asing (PBB: Inggris, China, Perancis, Arab, Rusia, dan Spanyol)
7) Karya Tulis Ilmiah
8) Kepribadian
9) Tes Essai
10) Tes Pengetahuan Umum
 
(mfw/bk-11)
 
Komentar ()
Berita Profil
Profil
11 Feb 2019 / dibaca 1654 kali
TONDANO (BK) : Universitas negeri manado secara serentak mulai dari tingkat Program studi dan jurusan, Fakultas hingga universitas...
Profil
06 Feb 2019 / dibaca 944 kali
MANADO (BK):  4 Pilar kebangsaan perlu untuk terus disosialisasikan. Anggota DPR RI Djenri Keintjem melakukan sosialisasi 4 pilar. Ini...
Profil
21 Jan 2019 / dibaca 843 kali
JAKARTA (BK): Pendiri Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ginanjar, meninggal hari ini, Ahad, 20 Januari 2019. Almarhum yang juga wartawan...
Profil
19 Jan 2019 / dibaca 1001 kali
JAKARTA (BK): Selain soal pernikahan, Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) juga diisukan bakal pindah agama mengikuti keyakinan calon...
Profil
02 Jan 2019 / dibaca 1611 kali
MANADO (BK): Anggota DPR RI, Jerry Sambuaga menggelar open house tahun baru, di Jalan Pomorow Kota Manado, Selasa (1/1/2019).  ...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.