Profil

Mengenal Lebih Dekat dengan Jerry Sambuaga

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 05 March 2013 11:43   2265 kali
Jerry Sambuaga.

MANADO (BK): Di usia yang relatif masih muda, Jerry bisa dibilang mempunyai kesibukan dan aktivitas yang cukup padat. Dalam kesehariannya, selain menjadi Staf Ahli Ketua DPD RI, Jerry juga mengajar sebagai dosen di Universitas Pelita Harapan, FISIP jurusan hubungan internasional.

 

Selain itu, Jerry juga memiliki sebuah perusahaan konsultasi, The Zoom Strategist, yang secara khusus mengkaji kebijakan dan strategi di dalam bidang politik.

 

Jerry menyelesaikan pendidikannya di Amerika Serikat. Ia meraih gelar Master of International Affairs (MIA) in International Security Policy dari School of International and Public Affairs (SIPA), Columbia University, New York AS.

 

Di kampus ini jugalah, Presiden AS Barack Obama menyelesaikan studi strata satunya. Sebelum menimba ilmu di Columbia University, Jerry berhasil meraih gelar Bachelor of Arts in Politics dari University of San Francisco.

 

Ketertarikannya terhadap politik Indonesia membuat Jerry ingin mendalami studi secara langsung tentang politik di Indonesia. Oleh karena itu, saat ini Jerry mengambil studi S3nya di bidang ilmu politik di Universitas Indonesia dengan konsentrasi parlemen di Indonesia.

 

Di dalam pengalaman kerjanya, Jerry mempunyai pengalaman yang cukup memadai terkait isu politik dan hubungan internasional. Pada tahun 2005 Jerry menjadi staf umum Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata (KIPS) pada Direktorat KIPS di Departemen Luar Negeri (Deplu) RI, yang bertugas mengeksplorasi dan melakukan riset masalah terorisme, keamanan internasional, dan isu mengenai pertahanan.

 

Pada tahun 2006, Jerry terlibat aktif sebagai staf politik dalam misi penjaga perdamaian dan resolusi konflik, tepatnya sebagai divisi politik pada Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk PBB.

 

Jerry saat itu berkolaborasi sebagai penasehat khusus delegasi Indonesia di PBB. Setahun berikutnya yakni tahun 2007, Jerry terlibat dalam riset untuk ASEAN Regional Forum (ARF) di Sekretariat ASEAN, Jakarta yang secara spesifik menginvestigasi dan menganalisis masalah-masalah konflik teritorial, pertahanan, keamanan, terorisme, dan militer di wilayah Asia Tenggara.

 

Pada tahun 2008 – 2009, Jerry bekerja sebagai Staf Ahli Ketua DPR RI yang secara spesifik menangani isu-isu luar negeri, khususnya terkait hubungan DPR RI dengan parlemen-parlemen asing.

 

Dalam dunia politik praktis, Jerry sudah mulai merintis aktivitas politiknya di Partai Golkar sejak masih remaja. Keterlibatannya di Partai Golkar bukanlah berlangsung secara tiba-tiba. Pada tahun 2002, saat ia masih berusia 17 tahun, Jerry sudah mulai terlibat secara aktif dalam event-event yang diselenggarakan oleh partai berlambang pohon beringin tersebut.

 

Dalam struktur DPP Partai Golkar, Jerry aktif sebagai anggota Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) sebagai anggota bidang penggalangan khusus sub bidang pemilih pemula.

 

Selain itu, Jerry juga tercatat sebagai Fungsionaris tingkat Pusat DPP Partai Golkar, dan Anggota Badan Informasi dan Komunikasi (BIK) Divisi Hubungan Antar Lembaga, serta Wakil Sekretaris Jenderal DPP HPK (Himpunan Pengusaha Kosgoro) 1957.

 

Di organisasi kepemudaan, Jerry menjabat sebagai Ketua DPP Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI), dan Wakil Bendahara DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

 

(*/bk-1)

Komentar ()
Berita Profil
Profil
18 Sep 2016 / dibaca 893 kali
JAKARTA (BK):   Irman Gusman ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan semalam. Irman sudah cukup lama berkarier di bidang politik hingga...
Profil
02 Sep 2016 / dibaca 761 kali
BITUNG (BK) : Bangsa Indonesia semakin hari semakin jauh dari jati dirinya. Sebelumnya, bangsa Indonesia dikenal sebagai Bangsa yang penuh...
Profil
26 Aug 2016 / dibaca 683 kali
MANADO (BK) : Menyampaikan aspirasi adalah tugas anggota DPR. Ini juga dilakukan oleh Anggota DPR RI utusan Sulawesi Utara dari PDI Perjuangan...
Profil
13 Aug 2016 / dibaca 812 kali
MANADO (BK) : Anggota DPR RI utusan Sulawesi Utara dari PDI Perjuangan Djenri Keintjem, beberapa waktu yang lalu tepatnya Rabu (10/8/2016)...
Profil
31 Jul 2016 / dibaca 866 kali
JAKARTA (BK): Michael Prabawa Mohede atau yang akrab dikenal sebagai Mike Mohede, meninggal dunia, Minggu (31/7). Mike dikabarkan meninggal...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.