Profil

Pendiri AJI Meninggal

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 21 January 2019 06:54   547 kali

JAKARTA (BK): Pendiri Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ginanjar, meninggal hari ini, Ahad, 20 Januari 2019. Almarhum yang juga wartawan BBC Indonesia sempat dilarikan ke Rumah Sakit Ibu Dan Anak Dhia, Tangerang Selatan, sebelum dinyatakan meninggal di sana.  

 

Almarhum Ging Ginanjar dikenal luas dalam arena perjuangan merebut kebebasan pers di Indonesia, sejak dekade 1990an. Dia termasuk pendiri Aliansi Jurnalis Independen (AJI) yang sempat diburu rezim Orde Baru akibat aktivitasnya mengelola media terbitan AJI bernama 'Suara Independen'.

 

Aktivitasnya memperjuangkan kebebasan pers sempat membuatnya diadili di Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 20 Mei 1998, tepat sehari sebelum Presiden Soeharto mengundurkan diri. Dia berperan penting dalam berbagai gerakan anti Orde Baru pada masa itu. 

 

Di kalangan sahabat dan kawan dekatnya, Ging dikenal sebagai sosok yang humoris dan berpengetahuan luas. Dia juga getol mendorong perjuangan kesetaraan dan keadilan gender di media dan di kalangan jurnalis. Ging merupakan salahsatu motor lokakarya jurnalisme sadar gender yang digagas AJI Indonesia. 

 

Dalam situs AJI, Ging menulis soal pentingnya kesadaran gender bagi media: "Seringkali pandangan stereotip, seksis, bias gender, dan ketidak-setaraan terjadi di media (dalam pemberitaan, struktur personalia di kantor, dan kebijakan redaksi,) karena tidak tahu. Tapi juga sering karena jurnalis menganggapnya sepele, remeh temeh, atau merupakan hal yang wajar saja," katanya. 

 

"Ada pula yang menggunakan seksisme sensasional, misalnya, justru sebagai resep agar media menarik perhatian dan dibaca kalangan lebih luas –khususnya di era digital. Lokakarya ini, seperti terbukti dari yang sudah terjadi tahun lalu, membuka mata, dan kesadaran, para jurnalis, perempuan dan lelaki tentang sesuatu yang selama ini diterima begitu saja," tulisnya lagi. 

 

(tempo/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Profil
Profil
23 Dec 2018 / dibaca 593 kali
MANADO (BK):  Anggota DPR RI, Djenri Keitjem melakukan reses menemui konstituen di Kota Manado, Minggu (23/12/2018).  ...
Profil
16 Oct 2018 / dibaca 1248 kali
MANADO (BK) : Nuansa bahasa Jepang hadir di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Manado (Unima) di Tondano, Kabupaten Minahasa sejak...
Profil
09 Oct 2018 / dibaca 1488 kali
TOMOHON (BK) Bencana yang terjadi di Palu dan sekitarnya menimbulkan keprihatinan kita  bersama. Sebagai sesama manusia sudah tentu kita...
Profil
02 Oct 2018 / dibaca 618 kali
JAKARTA (BK): Dinilai memiliki peran besar menghasilkan tenaga pengajar yang profesional di bidang program inovasi sistem teknologi informasi...
Profil
30 Sep 2018 / dibaca 635 kali
    “Mohon Maaf, Belum Bisa Melayani Media dengan Prima”        ...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.