Religi

FKUB Sulut Sosialisasikan Adaptasi Agama di Masa Pandemi Covid-19

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 03 October 2020 17:10   67 kali
Pdt Lucky Rumopa STh. (foto: acha)
MANADO (BK) : Pandemi Coronavirus Disease 19 (Covid-19) telah membatasi umat beragama untuk melakukan peribadatan. Padahal beribadah adalah hal yang wajib dilakukan umat manusia yang taat kepada Tuhannya.
 
 
Karena beribadah adalah hal yang wajib, pemerintah melalui Kementerian Agama mengeluarkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2020. Dalam surat edaran tersebut berisikan panduan penyelenggaraan kegiatan keagamaan di rumah ibadah dalam mewujudkan masyarakat produktif dan aman Covid-19 di masa pandemi.
 
 
Di Sulawesi Utara (Sulut), Gubernur Olly Dondokambey menyikapi surat edaran tersebut dengan mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Sulawesi Utara Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara.
 
 
Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulut, Pdt Lucky Rumopa mengatakan, telah mengambil langkah terkait surat edaran Menteri Agama dan Pergub Sulut itu. Menurutnya, pihaknya bahkan telah empat kali melakukan sosialisasi secara virtual yang diikuti ribuan peserta.
 
 
“Kami juga melakukan dialog FKUB bersama Pemerintah Provinsi yang dihadiri oleh Gubernur Olly Dondokambey dan Menteri Pertahanan juga,” ujar Rumopa kepada beritakawanua.com di Manado, Senin (3/10/2020).
 
 
FKUB juga, katanya, telah turun ke daerah-daerah untuk mengadakan komunikasi dan dialog-dialog secara terbatas dengan para pemuka agama, tokoh-tokoh masyarakat. “Dialog yang kami lakukan juga mengikuti protokol kesehatan yaitu tidak boleh lebih dari 50 orang, dan itu sudah kami lakukan,” lanjutnya.
 
 
Sedangkan pada sosialisasi secara virtual, FKUB juga meminta kepada tokoh-tokoh agama di Kabupaten/Kota untuk dapat melakukan simulasi ke tingkat yang lebih rendah, agar masyarakat dapat mengerti tentang aturan-aturan pencegahan Covid-19 melalui kegiatan keagamaan di rumah-rumah ibadah.
 
 
“Kami juga bekerjasama dengan Gugus Tugas Provinsi dan TNI/Polri untuk melakukan sosialisasi. Kami tidak bekerja sendiri, terakhir sosialisasi kami melalui silahturahmi kebangsaan yang dihadiri Kapolda Sulut,” tandas Rumopa.
 
 
Dapat Beribadah
 
 
Seperti dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2020 dan Pergub Sulut Nomor 44 Tahun 2020, Pdt Lucky Rumopa mengatakan masyarakat bisa melakukan ibadah di gereja, masjid dan rumah ibadah lainnya. Tapi harus mentaati aturan-aturan yang diberlakukan terkait pencegahan Covid-19.
 
 
“Contohnya social distancing harus diperhatikan, harus tetap menjaga jarak,” imbuhnya.
 
 
Selain itu, lanjutnya, orang yang telah lanjut usia juga tidak boleh hadir di dalam gereja atau di masjid. Begitu juga dengan anak-anak. Kemudian ventilasi rumah-rumah ibadah harus terbuka agar pergantian udara terjaga dengan baik.
 
 
“Syarat lainnya, jemaat harus menggunakan hand sanitizer, menggunakan masker dan tempat duduk yang harus berjarak satu sama lainnya,” ungkap Rumopa.
 
 
Ia melanjutkan, sekalipun suatu daerah dengan status zona hijau, apabila di suatu jemaat ada seorang saja yang terkonfirmasi positif, maka tidak diberlakukan untuk mengadakan ibadah. Sedangkan daerah berstatus zona merah juga bisa melakukan peribadatan.
 
 
“Tapi dengan catatan tetap memperhatikan aturan yang diterapkan pemerintah mengenai pencegahan penyebaran Covid-19,” pungkasnya.
 
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Religi
Religi
26 Oct 2019 / dibaca 496 kali
AMURANG (BK): Ibadah Agung Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Pelayanan Pria Pantekosta (Pelprip) Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) se Sulawesi...
Religi
13 Oct 2019 / dibaca 694 kali
MAUMBI (BK): Dalam rangka HUT ke-11 GMIM Genesaret Watutumou Permai (GWP), Desa Watutumou Dua, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara,...
Religi
12 Sep 2019 / dibaca 476 kali
MANADO (BK) : Sekretaris Umum Badan Musyawarah Kekeluargan Indonesia Sangihe Sitaro Talaud (BAMUKISST), Alfeyn Gilingan memastikan Rapat...
Religi
09 Jun 2019 / dibaca 1216 kali
MINUT (BK) Perkemahan Karya Pemuda GMIM (PKPG) tahun 2019 sukses digelar. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 3-7 Juni 2019 di Bumi Perkemahan...
Religi
16 May 2019 / dibaca 810 kali
MANADO (BK) : Komunitas pencinta alam identik dengan gunung, laut dan tempat-tempat eksotis lainnya. Gaya yang slengean, celana robek dengan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.