Sangihe

19 Tenkes Pusat Tiba di Sangihe

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 08 May 2019 06:32   103 kali

TAHUNA (BK): Sebanyak 19 Tenaga Kesehatan (Tenkes) yang ditugaskan untuk program nasional yakni 'Nusantara Sehat' tiba di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Senin (6/5/2019).

 

Mereka yang berasal dari Aceh, Pekanbaru Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Jawa, Ambon, akan bertugas di Kabupaten Sangihe selama dua tahun ke depan.

 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sangihe, dr Jopy Tunghari, saat mendampingi para Tenkes berkunjung ke lingkungan Sekertariat Daerah (Setda) mengatakan, kedatangan mereka merupakan satu kebanggaan karena pemerintah pusat memberi perhatian penuh kepada Kabupaten Kepulauan Sangihe.

 

"Ini adalah Program Nasional yang sudah kita terima sejak tiga tahun lalu. Dan sumber pembiayaannya dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Jadi tidak ada pengeluaran dari daerah. Sedangkan untuk penempatan sesuai usulan daerah," kata dia. 
 

Lebih lanjut dijelaskannya, para Tenkes Program Nusantara Sehat, besok ditempatkan di tiap-tiap puskesmas kampung yang masih kekurangan tenaga kesehatan. Di antaranya, Kampung Salurang, Manalu, Lapango dan puskesmas lainnya. 

 

"Ini sangat membantu. Karena mereka sangat menjawab kebutuhan kita di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang kekurangan tenaga ahli Gizi, Bidan, Apoteker, farmasi, Kesehatan Masyarakat, Analisis Laboratorium, dan kita telah menerima tenaga yang siap kerja," ungkapnya. 
 

Sementara, salah satu Tenkes, Elvy asal Pekanbaru Riau, menyampaikan terima kasih atas sambutan yang hangat sejak tiba di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

 

"Sangat luar biasa saat tiba di Sangihe karena disuguhi dengan pemandangan yang indah, dan keramahan dari masyarakat Sangihe. Tentu disamping itu, kami akan bekerja dengan sebaik mungkin, karena ini merupakan kepercayan negara yang sudah diberkian kepada kami," ucap gadis tenaga ahli gizi.
 

Lanjut Elvy, ke depannya selama dua tahun berada di Kabupaten Kepulauan Sangihe, harapan kami bisa berkolaborasi di berbagai lintas sektor, lintas program, sehingga segalah masalah kesehatan dapat ditangani.

 

"Menurut informasi yang kami dapat bahwa terjadi beberapa kasus gizi buruk di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Tentu secara pribadi, saya akan berusaha menjadi agen of change (agen perubahan) khususnya di bidang gizi," ujarnya.

 

(fad/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
09 Jul 2019 / dibaca 66 kali
TAHUNA (BK): Perwujudan perhatian pemerintah pusat bagi tiap desa atau kampung melalui dana desa, tentunya penting untuk selalu diperhatikan...
Sangihe
09 Jul 2019 / dibaca 77 kali
TAHUNA (BK): Guna mengakomodir keluhan masyarakat terhadap anjloknya harga komoditi kelapa, maka Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar...
Sangihe
09 Jul 2019 / dibaca 91 kali
TAHUNA (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME membuka secara resmi Kejuaraan Daerah Tinju Amatir Tahun 2019 Piala Kapolda...
Sangihe
09 Jul 2019 / dibaca 67 kali
TAHUNA (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME menghadiri pencanangan Kelurahan Manente Kecamatan Tahuna sebagai Kelurahan Sadar...
Sangihe
08 Jul 2019 / dibaca 53 kali
TAHUNA (BK): Meski saat ini harga kopra mengalami penurunan, namun Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe terus berupaya membuat terobosan guna...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.