Sangihe

2 Ribu Warga belum Cetak KTP Elektronik

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 06 April 2018 16:19   299 kali

TAHUNA (BK): Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Dra Olga Makasidamo mengatakan, sebanyak hampir 2 ribu warga di Kabupaten Kepulauan Sangihe belum dicetak blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP E).

 

"Memang hampir 2 ribu warga atau penduduk wajib KTP Elektronik yang sudah mendaftar dan melakukan perekaman data di Dinas Dukcapil Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Datanya sudah dikirim ke data center atau pusat data di Ditjen Administrasi Kependudukan (Admindu) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI), namun belum juga dicetak," ungkap dia.

 

Lebih lanjut dijelaskan Makasidamo, dari hampir 2 ribu warga dimaksud, sebanyak 1.200 lebih diantaranya masih akan dilakukan verifikasi data ulang bagi warga atau penduduk yang sudah melakukan perekaman di Dinas Dukcapil Kabupaten Kepulauan Sangihe namun belum dicetak blangko KTP E.

 

"Perlu diverifikasi ulang datanya, karena sebanyak 1.200 lebih warga atau penduduk tersebut terdata sejak tahun 2015 lalu. Lagipula melalui verifikasi ulang dimaksudkan guna memastikan kembali, kalau ada perubahan status bagi warga atau penduduk, sebab dimungkinkan akan ada juga warga yang sudah menikah, atau juga sudah pindah," terang dia.

 

Pula dijelaskan dia, semisal kalau ada warga atau penduduk yang sudah melakukan perekaman data namun belum dicetak KTP E, sebelumnya status belum menikah, tapi kemudian kini sudah menikah, maka statusnya bisa berubah. Termasuk bila ada warga atau penduduk yang sudah meninggal dunia dan sudah melakukan perekaman data di Dinas Dukcapil Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, pastinya juga perlu diverfikasi. 

 


"Nantinya blangko yang disiapkan ataupun bila dicetak, bisa saja akan sia-sia, karena bisa menggunakan blangko lebih dari satu, yakni bisa mengalami perubahan status pada KTP E dan Kartu Keluarga," jelasnya. 
 

 

Makasidamo juga menambahkan, untuk warga atau penduduk yang sudah melakukan perekaman data namun belum dicetak blangko KTP E, sebanyak hampir 2 ribu lebih sudah dikirim ke data center di Ditjen Admindu Kemendagri RI.

 

"Terkadang mengalami gangguan jaringan internet, dan hal ini bisa mengganggu layanan server pada data perekaman yang sulit diakses. Kendala ini sudah seringkali terjadi. Meskipun data perekamannya sudah ada di data center di Ditjen Admindu Kemendagri RI, namun bila belum ada perintah print atau dicetak, maka Dinas Dukcapil Kabupaten Kepulauan Sangihe tentunya tidak akan mencetak blangko KTP E," pungkasnya.

 

(fad/bk-1)  

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
10 Apr 2019 / dibaca 65 kali
TAHUNA (BK): Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar Rapar Koordinasi (Rakor) Sentra Penegakan Hukum Terpadu...
Sangihe
09 Apr 2019 / dibaca 144 kali
TAHUNA (BK): Harga tarif tiket kapal cepat KM Majestik Kawanua diduga terlalu mahal. Pasalnya, tarif dengan pelayaran menempuh Pulau...
Sangihe
09 Apr 2019 / dibaca 84 kali
TAHUNA (BK): Menjelang menjelang Pemilu 17 April 2019 mendatang, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Sangihe mengucap ikrar...
Sangihe
08 Apr 2019 / dibaca 458 kali
TAHUNA (BK): Dilaporkan, sekitar empat bulan tunjangan kinerja guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Sangihe belum...
Sangihe
08 Apr 2019 / dibaca 90 kali
TAHUNA (BK): Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Dr R Sigit Hardjanto SH MSi melaksanakan kunjungan kerja (kunker) sehari di wilayah...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.