Sangihe

22 Kelurahan akan Dapat Dana Kelurahan Rp8,1 Miliar

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 26 June 2019 06:38   137 kali

TAHUNA (BK): Guna menunjang kebutuhan masyarakat yang berada di daerah terluar, pemerintah pusat akan menyalurkan dana kelurahan mulai 2019. Sebanyak 22 kelurahan di Kabupaten Kepulauan Sangihe akan mendapat dana kelurahan. 

 

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe Edwin Roring SE ME, dana kelurahan merupakan aspirasi pimpinan daerah yang disampaikan ke pemerintah pusat.

 

“Alokasi dana kelurahan menyikapi kebutuhan masyarakat melalui ketersediaan sarana prasarana dan infrastruktur. Serta kebutuhan lain yang mendorong peningkatan masyarakat,” kata dia. 
 

Sementara itu, Kaban Keuangan Pemkab Kepulauan Sangihe melalui Kabid Anggaran Jupiter Budikase mengungkapkan, untuk total keseluruhan di 22 kelurahan yang terbagi di tiga kecamatan, sebesar Rp 8,1 miliar dan masing-masing kelurahan mendapat Rp370.138.000.

 

"Berdasarkan petunjuk teknis (juknis) dana kelurahan untuk infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Dan ada dua tahap pencairan dari kas negara ke daerah. Dan tahap ke II akan turun jika tahap I pengerjaannya sudah 70 persen," jelasnya. 

 

Lebih lanjut dijelaskan dia, perbedaan dengan dana desa yakni dana desa perencanaannya berdiri sendiri di luar dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) artinya rencana kerja anggaran (RKA) nya di luar anggaran pendapatan belanja daerah (APBD). Sementara untuk dana kelurahan sama dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya yang punya RKA. 

 

"Jadi dia melekat di kecamatan namun setiap kelurahan RKA nya tetap terpisah. Hanya saja Kuasa Pengguna Anggaran (PA) adalah camat sementara, Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) ada di kelurahan," terang dia.
 

Dia pula menyampaikan, terkait pencairan dana kelurahan, seharusnya sudah proses pencairan karena dana tahap pertama sudah di RKUD. Jadi tinggal menunggu dari kelurahan untuk pengajuan surat permohonan pencairan. "Proses pencairan dana kelurahan sedikit mengalami keterlambatan karena kekurangan personil untuk menjadi bendahara pada kegiatan ini. Sebab bendahara harus mengantongi SK Bupati, dan saat ini SK bendahara sementara proses di bagian hukum," tutupnya.

 

(fad/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
04 Dec 2019 / dibaca 56 kali
TAHUNA (BK): Dalam rangka meningkatkan kepedulian kepada para penyandang disabilitas, Kodim 1301/Sangihe melaksanakan bakti sosial (baksos) di...
Sangihe
03 Dec 2019 / dibaca 94 kali
TAHUNA (BK): Kodim 1301/Sangihe terus menggalakan program karya bhakti untuk membantu masyarakat, salah satunya kegiatan karya bhakti yang...
Sangihe
03 Dec 2019 / dibaca 87 kali
TAHUNA (BK): Komando Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Politehnik Negeri Nusa Utara menggelar upacara pembukaan Pendidikan Dasar Menwa...
Sangihe
02 Dec 2019 / dibaca 101 kali
TAHUNA (BK): Guna mencegah perselisihan warga, Babinsa Koramil 1301-02/Siau Serka Nelson Gogerino, membantu aparat desa menyelesaikan...
Sangihe
02 Dec 2019 / dibaca 115 kali
TAHUNA (BK): Kepeduliaan Tentara Nasional Indonesia (TNI) terhadap pelestarian alam tetap dilaksanakan melalui kebersihan lingkungan....
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.