Sangihe

22 Kelurahan akan Dapat Dana Kelurahan Rp8,1 Miliar

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 26 June 2019 06:38   99 kali

TAHUNA (BK): Guna menunjang kebutuhan masyarakat yang berada di daerah terluar, pemerintah pusat akan menyalurkan dana kelurahan mulai 2019. Sebanyak 22 kelurahan di Kabupaten Kepulauan Sangihe akan mendapat dana kelurahan. 

 

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe Edwin Roring SE ME, dana kelurahan merupakan aspirasi pimpinan daerah yang disampaikan ke pemerintah pusat.

 

“Alokasi dana kelurahan menyikapi kebutuhan masyarakat melalui ketersediaan sarana prasarana dan infrastruktur. Serta kebutuhan lain yang mendorong peningkatan masyarakat,” kata dia. 
 

Sementara itu, Kaban Keuangan Pemkab Kepulauan Sangihe melalui Kabid Anggaran Jupiter Budikase mengungkapkan, untuk total keseluruhan di 22 kelurahan yang terbagi di tiga kecamatan, sebesar Rp 8,1 miliar dan masing-masing kelurahan mendapat Rp370.138.000.

 

"Berdasarkan petunjuk teknis (juknis) dana kelurahan untuk infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Dan ada dua tahap pencairan dari kas negara ke daerah. Dan tahap ke II akan turun jika tahap I pengerjaannya sudah 70 persen," jelasnya. 

 

Lebih lanjut dijelaskan dia, perbedaan dengan dana desa yakni dana desa perencanaannya berdiri sendiri di luar dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) artinya rencana kerja anggaran (RKA) nya di luar anggaran pendapatan belanja daerah (APBD). Sementara untuk dana kelurahan sama dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya yang punya RKA. 

 

"Jadi dia melekat di kecamatan namun setiap kelurahan RKA nya tetap terpisah. Hanya saja Kuasa Pengguna Anggaran (PA) adalah camat sementara, Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) ada di kelurahan," terang dia.
 

Dia pula menyampaikan, terkait pencairan dana kelurahan, seharusnya sudah proses pencairan karena dana tahap pertama sudah di RKUD. Jadi tinggal menunggu dari kelurahan untuk pengajuan surat permohonan pencairan. "Proses pencairan dana kelurahan sedikit mengalami keterlambatan karena kekurangan personil untuk menjadi bendahara pada kegiatan ini. Sebab bendahara harus mengantongi SK Bupati, dan saat ini SK bendahara sementara proses di bagian hukum," tutupnya.

 

(fad/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
13 Jul 2019 / dibaca 46 kali
TAHUNA (BK): Bersamaan dengan perayaan syukuran hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara ke 73 Tahun tanggal 1 Juli 2019, Pemerintah Kabupaten...
Sangihe
12 Jul 2019 / dibaca 100 kali
TAHUNA (BK): Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe Jeffry S Tilaar SE ME...
Sangihe
11 Jul 2019 / dibaca 50 kali
TAHUNA (BK): Melalui kebersamaan yang menunjang kelangsungan pembangunan penting dilakukan melalui pelaksanaan program pembangunan sesuai...
Sangihe
11 Jul 2019 / dibaca 55 kali
TAHUNA (BK): Usai melaksanakan upacara, Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Sangihe menggelar syukuran bersama hari ulang tahun (HUT)...
Sangihe
10 Jul 2019 / dibaca 95 kali
TAHUNA (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME bertugas sebagai Inspektur upacara (Irup) hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara ke...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.