Sangihe

4 Mesin PLTD Alami Kerusakan, PT PLN UP3 Tahuna Terus Upayakan Penormalan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 20 January 2020 06:30   124 kali

TAHUNA (BK): Adanya pemadaman listrik berencana yang masih terus terjadi di Kabupaten Kepulauan Sangihe Sangihe hingga pertengahan bulan Januari 2020, dijawab langsung pihak PT PLN UP3 Tahuna.

Sabtu, (18/01/2020), pihak PT PLN UP3 mengajak awak media di Sangihe melihat langsung keberadaan 4 unit mesin PLTD yang mengalami kerusakan.

Manager Administrasi Dan SDM PT PLN UP3 Tahuna, Akbar Akili, kepada awak media menyatakan bahwa kerusakan secara bersamaan 4 unit PLTD imbas dari faktor alam.

"Dimana saat pohon rubuh dan menimpa jaringan berteganggan tinggi, langsung memicu kerusakan pada mesin. Sebab dalam kondisi mesin hidup dengan putaran tinggi dan tiba-tiba mati mendadak akibat gangguan, otomatis dapat merusak mesin," jelas dia.

Lebih lanjut disampaikan, kerusakan 4 mesin PLTD secara bersamaan membuat PT PLN UP3 Tahuna mengalami devisit listrik yang cukup besar. Apalagi ditambah dengan PLTA Ulung Peliang yang juga mengalami kerusakan akibat bencana banjir bandang pada 3 Januari 2020, semakin membuat pihak PLN harus bekerja maksimal memenuhi kebutuhan listrik.

"Pasokan listrik PLTA Ulung Peliang sangat diharapkan. Sebab dengan pasokan listrik mencapai 1 MW mampu memenuhi kebutuhan listrik di Sangihe," terang dia. 

Untuk saat in, lanjut Akili lagi, PT PLN UP3 Tahuna telah mendatangkan 10 orang tim teknis dari pusat untuk memperbaiki 4 mesin PLTD yang mengalami kerusakan.
"Untuk hari ini satu unit mesin pembangkit PLTD sudah selesai dikerjakan dan akan dilakukan uji coba. Sehingga diharapkan satu ujit PLTD ini akan memangkas devisit listrik yang ada," tandasnya.

Dia juga menambahkan, bahwa 3 mesin PLTD laiinya juga dalam tahap perbaikan dan diupayakan secepatnya berfungsi untuk penormalan kebutuhan listrik sehingga pemadaman terencana atau terjadwal sudah tidak ada lagi.

(fad/bk-10)  

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
01 Apr 2020 / dibaca 38 kali
TAHUNA (BK) : Guna menghindari penyebaran virus corona atau covid 19, Babinsa Koramil 1301-07/Tabut, Serda Hayat, melaksanakan pendampingan...
Sangihe
01 Apr 2020 / dibaca 52 kali
TAHUNA (BK) : Dalam rangka menyambut Hari Raya Paskah, Babinsa Koramil 1301-07/Tabut, Serka Ridatson, bersama warga jemaat GMIST Rehobot Mala...
Sangihe
01 Apr 2020 / dibaca 57 kali
TAHUNA (BK) : Guna mencegah penyebaran virus corona atau covid 19, anggota Kodim 1301/Sangihe melaksanakan olahraga ringan dan dilanjutkan...
Sangihe
01 Apr 2020 / dibaca 58 kali
TAHUNA (BK) : Komandan Kodim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto SIP resmi membuka pelaksanaan Operasi Teroterial (Opster) Tentara...
Sangihe
01 Apr 2020 / dibaca 70 kali
TAHUNA (BK) : Berbagai upaya masih terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe untuk mencegah penyebaran virus corona atau...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.