Sangihe

440 Dos Surat Suara Tiba di Tahuna

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 25 February 2019 08:05   93 kali

TAHUNA (BK): Sebanyak 440 dos logistik yang berisi surat suara tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Rabu (20/2/2019). Demikian disampaikan Ketua KPU setempat, Ellyse Sinadia kepada wartawan.

 

Ia menyatakan, proses pengangkutannya dengan menggunakan kapal laut ferry dari Pelabuhan Bitung ke Pelabuhan Pananaru Tamako. 
"Sesuai data dari percetakan  sebanyak 440 dos, dan sampai di sini sebanyak 440 dos. Setelah dicek, ternyata jumlah surat suara adalah sama," ungkapnya di kantor KPU setempat, Jumat (22/02/2019). 

 


Dia juga menjelaskan, setiap 1 dos berisikan sebanyak 1.000 hingga 1.500 surat suara. Logistik tersebut untuk kebutuhan saat penyelenggaraan 5 momen pemilihan umum (Pemilu) yang akan diselenggarakan secara serentak tanggal 17 April 2019 yakni Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

 

"Semuanya sudah lengkap, yakni mencakup 5 momen Pemilu tahun 2019 secara serentak. Kini tahapan penanganan logistik tetap dilaksanakan, termasuk setelah perakitan kotak suara, dan nantinya akan dilanjutkan dengan pelipatan surat suara," jelasnya. 

 

Pula dijelaskannya, untuk tahapan pelipatan masih belum ada kesepakatan, namun dalam waktu dekat akan dilaksanakan. Akan melibatkan orang-orang kantor KPU, masyarakat yang dipercaya serta pengamanan dari aparat berwajib. 

 

"Untuk pelipatan surat suara diperkirakan akan memerlukan sebanyak 100 orang. Rencananya akan membutuhkan waktu selama seminggu, bisa dilakukan pelipatan surat suara 1x24 jam, dan tetap dikawal oleh petugas," tuturnya. 

 

Dia juga menghimbau bagi masyarakat yang punya hak pilih juga bisa menggunakan hak pilihnya serta turut menjada daerah agar aman dan terkendali. Pula bersama penyelenggara Pemilu dan komponen terkait ikut menyukseskan Pemilu Tahun 2019 agar sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. 

 

"Siapapun yang dipilih, itulah yang terbaik. Berharap agar tetap ada partisipasi dan mengambil bagian dalam pemungutan suara nantinya. KPU menolak politik uang, hoax dan SARA," tutupnya.

 

(fad/bk-1)

 

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
13 Jul 2019 / dibaca 46 kali
TAHUNA (BK): Bersamaan dengan perayaan syukuran hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara ke 73 Tahun tanggal 1 Juli 2019, Pemerintah Kabupaten...
Sangihe
12 Jul 2019 / dibaca 100 kali
TAHUNA (BK): Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe Jeffry S Tilaar SE ME...
Sangihe
11 Jul 2019 / dibaca 50 kali
TAHUNA (BK): Melalui kebersamaan yang menunjang kelangsungan pembangunan penting dilakukan melalui pelaksanaan program pembangunan sesuai...
Sangihe
11 Jul 2019 / dibaca 55 kali
TAHUNA (BK): Usai melaksanakan upacara, Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Sangihe menggelar syukuran bersama hari ulang tahun (HUT)...
Sangihe
10 Jul 2019 / dibaca 95 kali
TAHUNA (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME bertugas sebagai Inspektur upacara (Irup) hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara ke...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.