Sangihe

765 Siswa SMA/MA Ikut UNBK

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 10 April 2018 13:55   188 kali

Tahuna (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME membuka secara resmi sampul pelaksanaan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri I Tahuna sekaligus melaksanakan telekonference dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, terkait UNBK.

 

Sementara itu, kegiatan serupa oleh Wakil Bupati (Wabup) Helmud Hontong SE, berlangsung di SMA N 1 Tabut juga berhasil melaksanakan teleconference dengan Gubernur Sulut.

 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati di hadapan siswa yang mengikuti UNBK memberikan motivasi kepada siswa. "Hasil UNBK ini menjadi salah satu penentu kelulusan sehingga, saya mengharapkan anak-anak peserta UNBK dapat mengikuti pelaksanaan UNBK dengan sebaik mungkin", jelasnya. 

 

Lebih lanjut Bupati menambahkan, bukan hanya soal lulus saja, tetapi kualitas lulusan juga menentukan langkah anak-anak ke jenjang pendidikan lanjutnya. "Jangan hanya sekedar mengikuti UNBK untuk lulus. Tetapi baiknya kualitas lulusan melalui pencapaian nilai yang baik menjadi keinginan dari siswa-siswa yang ada", ungkapnya.

 

Sementara itu dalam pelaksanaan telekonference dengan Gubernur, Gaghana melaporkan situasi pelaksanaan UNBK yang aman dan terpantau berjalan dengan baik di sejumlah lokasi pelaksanaan UNBK di Kabupaten Sangihe. 

 

“Akibat tidak tersedianya server dalam pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), sebanyak 12 sekolah menengah atas (SMA)/ madrasah aliyah (MA) di Kabupaten Sangihe mengikuti UNBK tahun 2018 di sekolah menengah kejuruan (SMK) yang memiliki sarana dan prasarana memadai,” jelas Kepala Cabang Diknas Kabupaten Sangihe, Max Tielung kepada wartawan, Senin (9/4/2018).

 

Dikatakannya, karena keterbatasan server 12 sekolah harus bergabung di SMK untuk melaksanakan ujian. Sedangkan 6 sekolah lainnya merupakan pelaksana mandiri atau melaksanakam UNBK di sekolah sendiri karena fasilitasnya mumpuni. "Untuk tahun 2018 ini sebanyak 18 SMA/MA yang ikut UNBK dengan jumlah siswa sebanyak 765 orang yang terdiri dari 355 laki-laki dan 410 perempuan.

 

Sedangkan yang ikut ujian nasional berbasis kertas pensil (unkp) 1 SMA dan ada juga 1 SLB dengan jumlah 2 orang siswa. Sedangkan yang tidak ikut ujian ada 4 sekolah dikarenakan belum memiliki kelas XII," jelasnya.

 

Lanjut, dari hasil USBN yang sudah dilaksanakan dirinya optimis kelulusan SMA/MA di perbatasan Sangihe pads UNBK tahun 2018 ini mencapai 100 persen.

 

"Kalau dilihat selama 1 tahun pelajaran 2017/2018 saya optimis kelulusan mereka akan mencapai 100 persen dari hasil USBN yang baru-baru ini dilaksanakan. Ini juga merupakan kerja keras dari guru-guru, kepala sekolah, pengawas, cabang dinas, pemkab dan pengurus komite," tuturnya.

 

Terkait pengamanan saat pelaksanaan UNBK SMA/MA di Kabupaten Sangihe pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan Polres Sangihe sesuai ketentuan yang berlaku.

 

Peserta UNBK SMA/MA 2018 : 
SMA : 13 Sekolah 
MA : 5 Sekolah 
Total : 18 sekolah
Pelaksana Mandiri : 
SMA : 5 Sekolah
MA : 1 Sekolah
Total : 6 Sekolah

Bergabung : 
SMA : 8 Sekolah
MA : 4 Sekolah
Total : 12 Sekolah
-UNKP : 1 Sekolah 
Tidak UN : 4 Sekolah
SLB UNKP : 1 Sekolah

(Sumber : Cabang Diknas Sangihe, April 2018 )

 

(fad/bk-1)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
15 Sep 2018 / dibaca 235 kali
TAHUNA (BK): Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Edwin Roring SE ME mengatakan, kuota CPNS tahun 2019 di...
Sangihe
15 Sep 2018 / dibaca 194 kali
TAHUNA (BK): Kepala Bagian Ekonomi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Johanis Pilat melalui Kasubag Lingkungan Hidup Donny Tamboto...
Sangihe
14 Sep 2018 / dibaca 172 kali
TAHUNA (BK): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe melalui Dinas Sosial (Dinsos) bekerja sama dengan Kementerian (Kemensos) akan...
Sangihe
14 Sep 2018 / dibaca 178 kali
TAHUNA (BK): Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Edwin Roring SE ME mengatakan, bersama Pemerintah Provinsi...
Sangihe
14 Sep 2018 / dibaca 271 kali
TAHUNA (BK):  Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dr Joppy Thungari, mengatakan sebanyak 60 warga...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.