Sangihe

765 Siswa SMA/MA Ikut UNBK

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 10 April 2018 13:55   325 kali

Tahuna (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME membuka secara resmi sampul pelaksanaan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri I Tahuna sekaligus melaksanakan telekonference dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, terkait UNBK.

 

Sementara itu, kegiatan serupa oleh Wakil Bupati (Wabup) Helmud Hontong SE, berlangsung di SMA N 1 Tabut juga berhasil melaksanakan teleconference dengan Gubernur Sulut.

 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati di hadapan siswa yang mengikuti UNBK memberikan motivasi kepada siswa. "Hasil UNBK ini menjadi salah satu penentu kelulusan sehingga, saya mengharapkan anak-anak peserta UNBK dapat mengikuti pelaksanaan UNBK dengan sebaik mungkin", jelasnya. 

 

Lebih lanjut Bupati menambahkan, bukan hanya soal lulus saja, tetapi kualitas lulusan juga menentukan langkah anak-anak ke jenjang pendidikan lanjutnya. "Jangan hanya sekedar mengikuti UNBK untuk lulus. Tetapi baiknya kualitas lulusan melalui pencapaian nilai yang baik menjadi keinginan dari siswa-siswa yang ada", ungkapnya.

 

Sementara itu dalam pelaksanaan telekonference dengan Gubernur, Gaghana melaporkan situasi pelaksanaan UNBK yang aman dan terpantau berjalan dengan baik di sejumlah lokasi pelaksanaan UNBK di Kabupaten Sangihe. 

 

“Akibat tidak tersedianya server dalam pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), sebanyak 12 sekolah menengah atas (SMA)/ madrasah aliyah (MA) di Kabupaten Sangihe mengikuti UNBK tahun 2018 di sekolah menengah kejuruan (SMK) yang memiliki sarana dan prasarana memadai,” jelas Kepala Cabang Diknas Kabupaten Sangihe, Max Tielung kepada wartawan, Senin (9/4/2018).

 

Dikatakannya, karena keterbatasan server 12 sekolah harus bergabung di SMK untuk melaksanakan ujian. Sedangkan 6 sekolah lainnya merupakan pelaksana mandiri atau melaksanakam UNBK di sekolah sendiri karena fasilitasnya mumpuni. "Untuk tahun 2018 ini sebanyak 18 SMA/MA yang ikut UNBK dengan jumlah siswa sebanyak 765 orang yang terdiri dari 355 laki-laki dan 410 perempuan.

 

Sedangkan yang ikut ujian nasional berbasis kertas pensil (unkp) 1 SMA dan ada juga 1 SLB dengan jumlah 2 orang siswa. Sedangkan yang tidak ikut ujian ada 4 sekolah dikarenakan belum memiliki kelas XII," jelasnya.

 

Lanjut, dari hasil USBN yang sudah dilaksanakan dirinya optimis kelulusan SMA/MA di perbatasan Sangihe pads UNBK tahun 2018 ini mencapai 100 persen.

 

"Kalau dilihat selama 1 tahun pelajaran 2017/2018 saya optimis kelulusan mereka akan mencapai 100 persen dari hasil USBN yang baru-baru ini dilaksanakan. Ini juga merupakan kerja keras dari guru-guru, kepala sekolah, pengawas, cabang dinas, pemkab dan pengurus komite," tuturnya.

 

Terkait pengamanan saat pelaksanaan UNBK SMA/MA di Kabupaten Sangihe pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan Polres Sangihe sesuai ketentuan yang berlaku.

 

Peserta UNBK SMA/MA 2018 : 
SMA : 13 Sekolah 
MA : 5 Sekolah 
Total : 18 sekolah
Pelaksana Mandiri : 
SMA : 5 Sekolah
MA : 1 Sekolah
Total : 6 Sekolah

Bergabung : 
SMA : 8 Sekolah
MA : 4 Sekolah
Total : 12 Sekolah
-UNKP : 1 Sekolah 
Tidak UN : 4 Sekolah
SLB UNKP : 1 Sekolah

(Sumber : Cabang Diknas Sangihe, April 2018 )

 

(fad/bk-1)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
10 Apr 2019 / dibaca 68 kali
TAHUNA (BK): Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar Rapar Koordinasi (Rakor) Sentra Penegakan Hukum Terpadu...
Sangihe
09 Apr 2019 / dibaca 148 kali
TAHUNA (BK): Harga tarif tiket kapal cepat KM Majestik Kawanua diduga terlalu mahal. Pasalnya, tarif dengan pelayaran menempuh Pulau...
Sangihe
09 Apr 2019 / dibaca 84 kali
TAHUNA (BK): Menjelang menjelang Pemilu 17 April 2019 mendatang, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Sangihe mengucap ikrar...
Sangihe
08 Apr 2019 / dibaca 460 kali
TAHUNA (BK): Dilaporkan, sekitar empat bulan tunjangan kinerja guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Sangihe belum...
Sangihe
08 Apr 2019 / dibaca 92 kali
TAHUNA (BK): Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Dr R Sigit Hardjanto SH MSi melaksanakan kunjungan kerja (kunker) sehari di wilayah...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.