Sangihe

98 Warga Binaan Lapas Klas II Tahuna Terima Remisi

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 17 August 2019 19:26   102 kali

TAHUNA (BK): Kado atau hadiah saat memperingatan hari ulang tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 74, tanggal 17 Agustus 2019, diberikan kepada 98 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II Tahuna. Mereka mendapat remisi atau pengurangan masa tahanan. 

 

Pemberikan remisi dilaksanakan usai upacara  yang dipimpin Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, di di lapangan upacara Lapas  Klas II Tahuna, Sabtu (17/8/2019), sekitar pukul 07.33 Wita. Penyerahan simbolis SK Kemenkumham tentang Remisi Umum dilakukan Bupati kepada 6 warga binaan.

 

Pada kesempatan tersebut, Bupati membacakan amanat Kemenkumham. “Marilah memanjatkan pujian dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah menganugerahkan kuat dan sehat. Hari ini 74 tahun kemerdekaan Indonesia diproklamasikan, bersyukur masih berdiri kokoh. Kemerdekaan yang kita nikmati merupakan hasil kerja dari para pendahulu kita. Sebagai generasi penerus tak hanya mempertahankan kemerdekaan, akan tetapi mengisi kemerdekaan, membangun dengan kerja dan nyata," kata dia. 

 

Lanjut disampaikannya, pengorbanan nyawa dan darah. Kewajiban kita khususnya pengaoyam guna mewujudkan Indonesia sejahtera dan maju. Tema negara kita "Sumber daya manusia (SDM) unggul Indonesian maju". 

 

Fakta SDM menjadi utama sebagai prestasi SDM, maka pengelolaan SDM telah menjadi prioritas ASN. Pengelolaan ASN wajib kebijakan manajemen ASN, kualifikasi dan kualitas. Kemenkuham menerapkan penerimaan pegawai berdasarkan kompetensi. 

 

"Kemenkuham telah dapatkan penghargaan dari BKN, dan menerapkan model tea kompetensi dasar. Telah peroleh remunerasi 80 persen prestasi kinerja. Sesuai amanat reformasi birokrasi yang berorientasi pada masyarakat," jelasnya. 

 

Dia menuturkan, Kemenkuham memberikan kesempatan kepada ASN untuk mengembangkan kompetensi, dan membangun kerja sama dengan pendidikan yakni universitas negeri dan swasta. Kemenkuham juga mengembangkan kompetensi SDM, percepatan lamannya waktu untuk dapatkan pendidikan. 

 

"Beberapa aplikasi telah dibangun. Sudah saatnya melaksanakan. Kembangkan kapasitas SDM yang diperlancar dan pengembangan kompetensi pegawai yang didukung sarana dan prasarana penunjang. Tingkatkan kinerja sesuai dengan visi dan misi sesuai sarana prasarana pendidikan," tandasnya. 

 

Dijelaskannya, SDM ungul yakni yang verintegitas, sangat didasari untuk membentuk SDM unggul tidaklah mudah namu juga tidaklah berat, namun dalam bekerja sesuai profesionalisme masing-masing. 

 

"Presiden telah memberikan pengharaan bagi pegawai teladan, selamat bagi yg terima penghargaan, agar bekerja lebih baik. Remisi umum diberikan bagi warga binaan yang berkelakuan baik, dan mengikuti program pembinaan Lapas. Sebagai kado hari ulang tahun Kemerdekaan RI ke 74," tambah Bupati.
 

Usai upacara dilanjutkan dengan penampilan dari grup masamper dari warga binaan Lapas Klas II Tahuna.

 

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II Tahuna Wisnu Ardianto mengatakan, tahun ini, kami mengusulkan kepada pemerintah pusat sebanyak 98 orang warga binaan untuk mendapatkan remisi. 

 

"Puji Tuhan, sudah diterima semuanya oleh pemerintah pusat. Sebanyak 98 warga binaan dapatkan remisi tahanan, dimana 2 diantaranga langsung bebas. Untuk keseluruhan warga binaan di Lapas Klas II Tahuna berjumlah 133 orang, terdiri dari 20 tahahan, dan sisanya warga binaan," kata dia.  

 

Untuk rincian remisi didapat oleh warga binaan yaitu : 

- Remisi Umum (RU-I) 17 Agustus 2019 : 
6 bulan = 1 org
5 bulan = 11 org
4 bulan = 26 org
3 bulan = 25 org
2 bulan = 10 org
1 bulan = 2 org

- Remisi Umum (RU-II) 17 Agustus 2019 : 
5 bulan = 1 org
4 bulan = 1 org
3 bulan = 1 org

- Juga ada perubahan, pada dua daftar, yakni bertambah :
2 bulan = 2 orang 
1 bulan = 18 orang,

Total seluruhnya = 98 orang. 
keterangan : 2 orang di atas langsung bebas setelah dapat remisi. 
 

 

(fad/bk-1)  
 

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
10 Sep 2019 / dibaca 136 kali
TAHUNA (BK): Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Prof Dra Yohana Susana Yembise MSc PhD mengatakan bahwa masyarakat...
Sangihe
10 Sep 2019 / dibaca 62 kali
TAHUNA (BK): Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Prof Dra Yohana Susana Yembise MSc PhD, melaksanakan kunjungan kerja...
Sangihe
09 Sep 2019 / dibaca 75 kali
TAHUNA (BK): Kabupaten Kepulauan Sangihe mengutus sebanyak 22 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dari tiap instansi untuk mengikuti lomba...
Sangihe
08 Sep 2019 / dibaca 63 kali
TAHUNA (BK): Sebagai Institusi perguruan tinggi di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) Tahuna, belum lama ini...
Sangihe
08 Sep 2019 / dibaca 94 kali
TAHUNA (BK): Iven tahunan Festival Pesona Sangihe (FPS) tahun 2019 akan digelar tanggal 10 September mendatang. Berbagai persiapan terus...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.