Sangihe

Babinsa Bantu Posyandu di Manganitu

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 24 August 2019 08:13   86 kali

TAHUNA (BK): Tak hanya bertugas mengamankan wilayah, Tentara Nasional Indonesia (TNI) peduli dengan kehidupan sosial kemasyarakatan di wilayah-wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Salah satunya membantu pelaksanaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Pustu di Kampung Karatung Kecamatan Manganitu, Kamis (22/8/2019). 

 

Kegiatannya didampingi Babinsa Koramil 04/Manganitu Kodim 1301/Sangihe, Serda Johanis Tarontong yang membantu Pelaksanaan Posyandu di Pustu Kampung Karatung Dua Kecamatan Manganitu. 

 

"Kegiatan Posyandu yaitu, penimbangan, pemeriksaan kesehatan, pemberian menu dengan gizi seimbang. Dengan kegiatan ini diharapkan agar ibu-ibu dapat diarahkan untuk memberikan menu makanan yang bernilai gizi yang baik sehingga guna menciptakan calon anak-anak bangsa yang berkualitas dengan kondisi tubuh yang sehat dan kuat," ucap tegas Babinsa Tarontong.  

 

Lanjut disampaikannya, pelaksanaan kegiatan yang dilakukan secara berkala ini adalah bagian dari upaya Dinas Kesehatan yang diselenggarakan oleh Pustu Puskesmas Manganitu.

 

Dengan tujuan, mewujudkan terpeliharanya kondisi kesehatan masyarakat  yang lebih  sehat dan kuat, terlebih khusus ibu dan anak balita. “Karena seorang anak balita sangat rentan dengan penyakit bila kekebalan tubuh (anti body) lemah. Untuk itu ibu-ibu yang memiliki anak balita wajib membawa anak-anak mereka ke Posyandu," tandasnya. 

 

Pula dijelaskannya, kegiatan pelayanan penimbangan dan pemeriksaan kesehatan yang secara rutin dan berkesinambungan pada balita dan ibu yang hamil dan sedang menyusui, akan dapat meminimalisir gejala penyakit akan timbul. Sehingga ibu hamil, menyusui dan anak balita akan selalu sehat dan terus bertumbuh dan kuat jasmaninya.

 

“Karena tujuan diselenggarakan Posyandu adalah untuk mempercepat penurunan angka kematian bayi dan anak balita dan ibu hamil, serta mempercepat penerimaan NKKBS. Juga meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan yang lainnya yang sesuai dengan kebutuhan,” papar dia.

 

"Dengan kehadiran Babinsa di tengah-tengah kegiatan seperti ini, kami merasa termotivasi sebagai paramedis, serta mendapat dorongan moril dan teladan yang baik. Karena  apa yang dilakukan Babinsa begitu bermanfaat untuk  membantu kami mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera," ujar bidan Grace yang ditemani oleh perawat 3 orang sambil menambahkan kehadiranibu dan bayi sebanyak 65 orang. 
 


"Tentunya kami sebagai ibu-ibu merasa senang dengan kehadiran Babinsa pada kegiatan Posyandu saat ini. Babinsa begitu aktif untuk terlibat lansung membantu para perawat dan bidan serta dokter. Mengontrol timbangan berat badan bayi dan menggendong bayi kami, pada saat diberikan asupan imunisasi juga sesekali memeluk bayi kami dan memberikan candaannya pada bayi, terimakasih Pak Babinsa," turut Diana, salah seorang warga setempat. 

 

Secara terpisah, Plh Danramil 1301-04/Manganitu, Peltu Hendrik Makahanap mengatakan, sudah menjadi kewajiban seorang Babinsa untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dalam setiap bentuk kegiatan dengan  tujuan memberikan pembinaan dan motivasi serta dorongan juga solusi pada semua bidang permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya dengan kegiatan Posyandu. 

 

"Saat ini Babinsa di wilayah tanggungjawabnya sangat diharapkan untuk mempublikasikan kepada semua ibu-ibu yang memiliki anak balita. Supaya harus ke tempat pelayanan Posyandu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak balita, agar ibu dan anak balita tetap terjaga kesehatannya," kata dia. 

 

(fad/bk-1)  

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
11 Sep 2019 / dibaca 46 kali
TAHUNA (BK): Dalam pertemuan tatap muka dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan masyarakat di Papanuhung Santiago Tampungang...
Sangihe
10 Sep 2019 / dibaca 59 kali
TAHUNA (BK): Untuk mensyukuri berkat Tuhan atas hari ulang tahun (HUT) ke 58, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME menggelar ibadah...
Sangihe
10 Sep 2019 / dibaca 145 kali
TAHUNA (BK): Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Prof Dra Yohana Susana Yembise MSc PhD mengatakan bahwa masyarakat...
Sangihe
10 Sep 2019 / dibaca 62 kali
TAHUNA (BK): Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Prof Dra Yohana Susana Yembise MSc PhD, melaksanakan kunjungan kerja...
Sangihe
09 Sep 2019 / dibaca 75 kali
TAHUNA (BK): Kabupaten Kepulauan Sangihe mengutus sebanyak 22 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dari tiap instansi untuk mengikuti lomba...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.