Sangihe

Bangun Fasilitas, Disperindag Sangihe Kelola Rp18,4 Miliar

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 07 January 2019 08:11   137 kali

TAHUNA (BK): Guna menunjang pembangunan daerah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe terus melakukan berbagai terobosan untuk kemajuan bersama.

 

Salah satunya, di tahun 2019, memperoleh sejumlah anggaran melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia (RI) yang diperkirakan senilai Rp18,4 miliar.

 

Demikian disampaikan Kepala Disperindag pemerintah kabupaten setempat, Ir Felix Gaghaube kepada wartawan belum lama ini.

 

Ia menyatakan, anggaran tersebut untuk pembangunan berbagai fasilitas di sejumlah wilayah di Kabupaten Kepulauan Sangihe. “Untuk Dinas Perindag, tahun 2019, memperoleh anggaran DAK dengan total Rp18,4 miliar yang akan digunakan untuk pembangunan tiga pasar. Yaitu di Dagho senilai Rp2 miliar, Pasar Kalasuge Rp1,7 miliar, Pasar Mohong Sawang senilai Rp1,1 miliar," ungkapnya. 

 

Dia juga menjelaskan, selain pembangunan tiga pasar, juga akan dibangun Depo Gerai Maritim (DGM) dengan anggaran Rp7 miliar, dimana penggunaannya untuk barang muatan Tol Laut.

 

“Gedung Depo Gerai Maritim (DGM) itu akan digunakan untuk penampungan berbagai barang muatan tol laut. Jadi sebelum disalurkan kepada para sub distributor yang ada di Sangihe, semua barang muatan Tol Laut harus masuk dulu ke gudang DGM,” jelasnya. 

 

Pula ditambahkannya, untuk anggaran Rp1,5 miliar akan digunakan untuk pengadaan alat ukur takar timbang dan perlengkapannya (UTTP) dalam rangka mendukung metrologi legal yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe, termasuk sarana penunjang operasional berupa satu unit mobil, yang kesemuanya telah disetujui oleh pihak Kementrian Perdagangan RI.

 

"Selain dari Kementerian Perdagangan, Dinas Perindag, juga menerima kucuran dana Rp 7 miliar lebih, untuk pengembangan industri kecil menegah di daerah ini, berupa pembangunan sentra kerajinan bamboo batik di Kampung Bowongkulu Kecamatan Tabukan Utara, dari Kementerian Perindustrian," tutupnya.

 

(fad/bk-1) 

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
06 Jul 2019 / dibaca 90 kali
TAHUNA (BK): Aspirasi masyarakat Pulau Matutuang Kecamatan Kepulauan Marore yang minta agar Kapal Perintis Sabuk Nusantara 69 yang...
Sangihe
04 Jul 2019 / dibaca 88 kali
TAHUNA (BK): Setelah lama dinanti, Kapal Tol Laut (KTL) yang mengangkut barang pokok, barang penting dan lainnya, akhirnya tiba, di...
Sangihe
04 Jul 2019 / dibaca 61 kali
TAHUNA (BK): Kepala Kantor Unit Pelayanan Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna, Mocodompis Muhaling mengatakan pada 2020 mendatang akan...
Sangihe
04 Jul 2019 / dibaca 71 kali
TAHUNA (BK): Terhadap pengelolaan sumber daya laut (SDL) yakni melakukan eksploitasi di perairan laut, penting untuk memperhatikan aspek...
Sangihe
04 Jul 2019 / dibaca 60 kali
TAHUNA (BK): Dalam rangka menjaga tidak terjadi penyelewengan dalam pengelolaan dana desa (Dandes), Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.