Sangihe

BDP Amurang, Kajari, Danlanal, PN Tahuna, KPU, Perbankan, Sampaikan Materi Me'Daseng

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 18 March 2019 20:58   97 kali
TAHUNA (BK): Guna menyampaikan sejumlah program, bebebrapa instansi atau lembaga yakni Balai Diklat Pelayaran (BDP) Amurang Minahasa Selatan (Minsel), Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Sangihe, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna, Pengadilan Negeri (PN) Tahuna, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sangihe dan perbankan, turut menyampaikan materi Me'Daseng, di Kampung Pananaru Kecamatan Tamako Sabtu (16/3/2019).
 
 
Pelaksanaannya dipandu oleh Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe Helmud Hontong SE yang berlangsung secara bergilir. 
 
 
Diawali oleh BDP Amurang melalui perwakilan, Ferdinan, yakni pelaksanaan tiga pendidikan dan latihan (diklat) secara gratis mencakup mengajarkan keselamatan, keselamatan kabarakan di kapal, keselamatan di atas kapal. 
 
 
"Mendidikan putera puteri terbaik. Kalau ada putera-puteri Sangihe agar bisa belajar di Balai Diklat Pelayaran Minsel. Tak hanya mendidik akademik, tapi juga mental dan disiplin. Bila sudah masuk tiga bulan, maka akan ada perubahan. Untuk pendaftaran, ada persyaratan yang diperlukan," kata dia. 
 
 
Selain itu, ditambahkan perwakilan dari BDP Amurang, yakni Andi Kurniawan, sebanyak 200 lebih putera-puteri Sangihe yang ikut Diklat Pelayaran Amurang, dan kemungkinan akan bertambah banyak di tahun 2019, bisa 250-300 orang, tentunya untuk mendukung belajar di Balai Diklat Pelayaran Amurang. 
 
 
"Ijazah laut berlaku di seluruh dunia. Bisa bekerja internasional, peluang kerja sangat besar. Nantinya Balai Diklat Pelayaran (BDP) Amurang akan menjadi Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara (Sulut)," jelas dia. 
 
 
Kemudian Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kepulauan Sangihe Muhammad Ridwan Datuinding SH MH yang menyampaikan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bisa hadir di sini yakni kegiatan Me'Daseng. 
 
 
"Kami sudah membuka posko untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. Loket tilang, pengambilan tilang tak perlu lagi ke Tahuna. Juga ada loket pengaduan laporan masyarakat, akan ditindaklanjuti. Juga disediakan loket barang bukti terhadap kasus-kasus," kata dia. 
 
 
Kajari juga menyampaikan, Kejari Kepulauan Sangihe secara aktif turun ke wilayah-wilayah, tiap kecamatan akan dipilih satu desa binaan. 
 
 
"Kami akan kawal, desa tersebut bebas dari korupsi. Nantinya 15 desa akan dipilih dari total 145 kampung di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Ini merupakan pilot project. Hati-hati mengelola dana desa, bukan uang saudara, itu uang negara. Kami siap mendampingi Kapitalaung.  Kami akan aktif 15 desa yang akan kami pilih," jelasnya. 
 
 
Kajari juga menghimbau, agar jelang Pemilihan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, serta pemilihan calon legislatif, agar teman-teman aparatur sipil negara (ASN) harus netral. 
"Saya minta ASN agar netral. Cukup kita dan Tuhan yang tahu," tutupnya. 
 
 
Untuk Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tahuna Letkol Laut (P) Donny Aribowo menyampaikan arti penting laut bagi kita, laut sebagai media pemeratu, bukan pemisah, tapi pemersatu. 
 
 
"Kami mohon bagi yang punya kapal-kapal, agar selalu memasang bendera merah putih saat berlayar. Itu identitas kita, bangsa kita. Laut menjadi media penghubung. Kapal-kapal sebagai media mencari ikan, agar kapal-kapal selalu siap melaut," tandasnya. 
 
 
Dia menjelaskan, beberapa kali dilakukan pencarian dan pertolongan, peralatan pada kapal-kapal agar ditingkatkan lagi, guna faktor keselamatan. 
 
 
"Laut sebagai media pertahanan, kapal Indonesia berlayar, itu wilayah Indonesia, agar memasang bendera merah putih. TNI AL tak ada artinya tanpa masyarakat. Berterima kasih kepada camat dan masyarakat di Kampung Pananaru, sudah diberikan sertifikat lahan di Pananaru. Nantinya menjadi dermaga TNI AL, mohon bersabar, sementara dibahas, saat ini masih fokus pada Pemilu," tutup Danlanal. 
 
 
Dari Pengadilan Negeri (PN) Tahuna melalui perwakilannya menyampaikan permohonan maaf, karena Ketua PN Tahuna tak sempat hadir, dinas luar daerah yakni di Manado. 
 
 
"Kewenangan PN Tahuna yakni mengadili dan memeriksa perkara pidana dan perdata di wilayah Sangihe. Perdata, gugatan berupa sengketa tanah, bila belum temukan penyelesaian, bisa masukan gugatan ke PN Tahuna. Juga kalau ada kesalahan nama akte, sebelum penetapan dari PN Tahuna. Pula perkara perceraian, kecuali Muslim di Pengadilan Agama," ucapnya. 
 
 
Untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sangihe disampaikan oleh Jack Seba SH selaku Komisioner KPU setempat Divisi Hukum menjelaskan, tinggal 32 hari pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan. Sebanyak 454 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 167 kampung dan kelurahan. 
 
 
"Pemilu mengeluarkan biaya yang besar. Masyarakat yang punya hak pilih agar berkontribusi di TPS untuk memilih pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Calon DPD, DPR RI, DPRP Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Nantinya masyarakat akan menerima surat suara sebanyak lima surat suara," jelasnya. 
 
 
Lebih lanjut disampaikan, melalui peragaan terhadap surat suara, Pilpres, ada logo di belakang warna abu-abu, coblos satu kali agar tidak salah. 
 
 
"Untuk surat suara juga DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Untuk DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, ada nomor urut dan nama, tak ada foto. Berharap agar masyarakat yang punya hak pilih agar bisa menyiapkan dokumen identitas diri berupa KTP, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), formulir C6. Kami akan undang, tanggal 21 Maret 2019, ada simulasi pemungutan suara di Kelurahan Santiago," tambahnya. 
 
 
Sementara itu, untuk perbankan yakni dari Bank SulutGo (BSG) Cabang Tahuna, disampaikan oleh Ance Silinaung, yakni terhadap produk BSG berupa kredit usaha, usaha produktif dan koperasi, agar dapat menghubungi BSG di Tahuna, Tabut dan Tamako. 
 
 
"Bagi yang punya bisnis dan kebutuhan keluarga kami siap melayani. Untuk penghimpunan dana yakni PNS, Bohusami, Tabungan. Masyarakat turut mendukung BSG, milik pemerintah daerah (pemda),hasil RUPS deviden Rp2 milyar, masuk ke kas daerah. Mari kita dukung BSG," kata dia. 
 
 
Giliran Bank Mandiri Cabang Tahuna, disampaikan oleh Oktavin Masalamate selaku Wakil Bank Mandiri setempat, produk-produk Bank Mandiri yakni tabungan rencana mandiri, punya manfaat, benefit sangat banyak, bebas bunga, suku bunga tinggi, asuransi jiwa gratis. 
 
 
"Ada produk kredit, Perkreditan Rumah bekerja sama dengan Kementerian PU PR, angsuran 800 ribu per bulan, sayangnya tersedia di Manado. Juga ada kredit usaha, suku bunga 0,5 persen per bulan, minimal 2 tahun," tambahnya. 
 
 
Pula dijelaskan, kredit serbaguna mikro bagi ASN TNI Polri, suku bunga 0,6 prrsen per bulan, tak sampai 1 persen, beri kesempatan seluas-luasnya bgi ASN TNI Polri datang ke Bank Mandiri. Pula sebanyak Rp73 milyar di tahun 2018, sudah disalurkan kredit ASN TNI Polri. Bila dalam pengurusannya masih membutuhkan waktu, mohon pengertiannya dalam proses pencairan," tutupnya.
 
 
(fad/bk-10) 
 
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
10 Apr 2019 / dibaca 65 kali
TAHUNA (BK): Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar Rapar Koordinasi (Rakor) Sentra Penegakan Hukum Terpadu...
Sangihe
09 Apr 2019 / dibaca 144 kali
TAHUNA (BK): Harga tarif tiket kapal cepat KM Majestik Kawanua diduga terlalu mahal. Pasalnya, tarif dengan pelayaran menempuh Pulau...
Sangihe
09 Apr 2019 / dibaca 84 kali
TAHUNA (BK): Menjelang menjelang Pemilu 17 April 2019 mendatang, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Sangihe mengucap ikrar...
Sangihe
08 Apr 2019 / dibaca 458 kali
TAHUNA (BK): Dilaporkan, sekitar empat bulan tunjangan kinerja guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Sangihe belum...
Sangihe
08 Apr 2019 / dibaca 90 kali
TAHUNA (BK): Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Dr R Sigit Hardjanto SH MSi melaksanakan kunjungan kerja (kunker) sehari di wilayah...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.