Sangihe

Berhandus Lantik Jabes Ketua Mapicab

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 03 April 2019 09:27   128 kali

TAHUNA (BK): Sekretaris Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulawesi Utara, Maurits Berhandus melantik Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mapicab) dan Ketua Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Sangihe Masa Bakti 2018-2023, di pendopo rumah Jabatan Bupati, Selasa (2/4/2019).

 

Kehadiran Berhandus di Kota Tahuna, mewakili Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sulut Vanda Sarunajang. Sekaligus membacakan sambutan ketua.

 

Ia mengatakan, gerakan Pramuka merupakan pembinaan generasi muda, sebagaimana yang tercantum dalam keputusan Presiden RI nomor 238 tahun 1961, disebutkan bahwa pemerintah menugaskan kepada gerakan pramuka untuk melaksanakan pembinaan pada pemuda Indonesia.

 

"Karena itu sampai saat ini gerakan Pramuka tetap relevan dengan perkembangan zaman, walaupun diera globalisasi penuh dengan kemajuan, pengetahuan dan teknologi, akan tetapi manusia menjadi faktor penentu," ujarnya.

 

Dijelaskannya, gerakan Pramuka pada tahun 2010 telah disahkan dengan UU gerakan pramuka nomor 12 tahun 2010. Dengan adanya UU pramuka tentu sangat erat sekali hubunganya dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, untuk melaksanakan pembinaan sekaligus melakukan refitalisasi gerakan Pramuka.

 

"Pembinaan yang dimaksud antara lain, untuk mementuk kader bangsa dan sekaligus kader pembangunan yang beriman serta berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi," tambahnya.

 

Sementara itu, Bupati mengatakan, peran dan eksistensi gerakan Pramuka sebagai wadah dari pembinaan tunas-tunas muda harapan masa depan bangsa dan negara harus terus ditingkatkan.

 

Oleh karena itu, pelantikan majelis cabang dan pengurus kwartir cabang Pramuka Kabupaten Kepulauan Sangihe, semakin memantapkan eksistensi gerakan Pramuka di daerah ini.

 

“Kita harus menanamkan nilai-nilai kewajiban terhada Tuhan, negara, sesama dan diri sendiri, seperti yang tercantum pada Trisatya dan Tata Dharma Pramuka," ucap Bupati. 
 

Bupati juga mengajak kepada pengurus, baik sebagai majelis cabang dan pengurus kwartir cabang, bahkan seluruh element Pramuka di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

 

"Kita gairahkan, dorong, semangati dan tingkatkan kegiatan-kegiatan kepramukaan, bagi peningkatan kapasitas maupun pembinaan mental spiritual, bagi generasi atau tunas muda harapan bangsa. Tentu kita menghadapi berbagai kondisi dan tantangan pada konsdisi kekinian bagi generasi muda yang kita jalani," tandasnya. 

 

(fad/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
10 Aug 2019 / dibaca 81 kali
TAHUNA (BK): Dinas Kesehatan Kabupaten Sangihe tetap memperhatikan distribusi obat-obatan ke Puskesmas. Karena hal tersebut sangat menunjang...
Sangihe
09 Aug 2019 / dibaca 60 kali
TAHUNA (BK): Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Sangihe melalui Kasi Intelijen Erwan Budi Herianto SH membekali pemahaman Anti Korupsi sejak...
Sangihe
09 Aug 2019 / dibaca 133 kali
TAHUNA (BK): Pihak pengelola hotel dan penginapan wajib melaporkan kedatangan tamu Warga Negara Asing (WNA) ke Kantor Imigrasi Tahuna....
Sangihe
08 Aug 2019 / dibaca 120 kali
TAHUNA (BK): Selama berapa bulan terakhir ini, puluhan orang mendatangi Dinas Pendidikan (Dispend) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan...
Sangihe
08 Aug 2019 / dibaca 80 kali
TAHUNA (BK): Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, dr Joppy Thungari MKes mengatakan, Sangihe masih...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.