Sangihe

Berikan Penyuluhan Kesehatan PHBS

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 06 May 2020 15:55   126 kali
TAHUNA (BK) : Disamping pelaksanaan progam fisik, Satgas Opster Kodim  1301/Sangihe  yang melaksanakan program  Opster TNI di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) juga terus menggiatkan  kegiatan non fisik. Salah satu kegiatan non fisik yakni penyuluhan kesehatan di Kantor Lurah Akesimbeka kepada masyarakat setempat, Kecamatan Siau Timur Kabupaten Kepulauan Sitaro, Rabu (06/05/2020).   
 
Kesdim 1301/Sangihe menggandeng Kesehatan Pukesmas Ulu Siau, digelar di kantor Lurah Akesimbeka,. diikuti oleh 11 orang yang terdiri dari kesehatan Pukesmas Ulu Siau dokter Fitzki Maramis, dokter Merltn Sawelo, Bakeslap Kodim 1301/Sangihe, Babinsa Tarorane, Lurah Akesimbeka, Kepala Lingkungan l, ll, lll, IV, kader posyandu lansia dan kader posyandu balita serta warga.  
 
Dokter Fitzki Maramis yang memberikan materi penyuluhan mengatakan, kali ini warga   diberikan materi tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) rumah tangga.    
 
"Dalam program (PHBS), rumah tangga itu ada 5 program prioritas yaitu kesehatan ibu dan anak (KIA), gizi, kesehatan lingkungan, gaya hidup, dana sehat, asuransi kesehatan dan asuransi kesehatan," terangnya.   
 
Lanjut dijelaskan, ada 10 indikator dalam PHBS rumah tangga, diantaranya adalah menggunakan air bersih mencuci tangan dengan menggunakan sabun, menggunakan jamban sehat dan memberantas jentik di rumah.    
 
"Harapan kami setelah mendapatkan sosialisasi ini, mereka para kader bisa memberi sosialisasi kesehatan ke Posyandu. Dalam sosialisasi ini ditekankan perilaku hidup sehat dimulai dari diri sendiri," tandasnya. 
 
Dia juga menambahkan, dengan PHBS, diharapkan kita semua  mampu mengupayakan mencegah dan menangani permasalahan kesehatan yang ada di sekitar kita, serta sebagai alternatif kita untuk memerangi pandemi covid 19 di lapisan bawah.   
 
Sementara itu, Retman Madundang AMD selaku Lurah Akesimbeka  mengatakan, penyuluhan kesehatan ini sangat bermanfaat sekali kepada masyarakat khususnya Kelurahan Akesimbeka, terutama mereka yang kesadaran hidupnya masih sangat kurang.    
 
"Kesadaran warga  akan hidup sehat sebenarnya sudah cukup maksimal.  Memang masih ada kekurangan, seperti kesadaran menjaga kebersihan lingkungan seperti membuang sampah," ucap dia.   
 
Senada disampaikan Remon Lahinda, Kepala Lingkungan ll setempat, yakni diharapkan kegiatan Opster Kodim 1301/Sangihe di Kecamatan Siau ini, khususnya penyuluhan kesehatan ini bisa maksimal dan mampu meningkatkan kesadaran hidup sehat warga.    
 
(fad/bk-10)     
 
 
 
 
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
10 Aug 2020 / dibaca 72 kali
TAHUNA (BK) : Dalam rangka kunjungan kerja, Komandam Kodim (Dandim) 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto SIP didampingi Ibu Ketua Persit...
Sangihe
10 Aug 2020 / dibaca 71 kali
TAHUNA (BK) : Sebagai bentuk kepedulian Komandan terhadap anggota jajaranya, Komandan Kodim (Dandim) 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto...
Sangihe
08 Aug 2020 / dibaca 62 kali
TAHUNA (BK) : Di tengah pandemi Covid 19 melanda, semua aktivitas dibatasi, baik dalam bekerja ataupun belajar. Tapi semua itu tidak menyurutkan...
Sangihe
08 Aug 2020 / dibaca 61 kali
TAHUNA (BK) : Sebagai wujud kepedulian Babinsa dalam meringankan beban masyarakat di desa binaan, Koptu Jodi Kendati anggota Babinsa Koramil...
Sangihe
08 Aug 2020 / dibaca 79 kali
TAHUNA (BK) : Dalam rangka penanggulangan wabah corona  pada masa adaptasi kebiasaan baru di Kepulauan Siau Kabupaten Kepulauan Siau...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.