Sangihe

Bupati Canangkan Kampung KB di Taloarane

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 16 May 2018 19:31   295 kali

TAHUNA (BK): Bupati Kabupaten Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME mencanangkan Pencanangan Kampung KB, Daerah Sangat Tertinggal di Kampung Taloarane Kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe, di Kantor Kampung Taloarane, sekitar pukul 11.25 Wita, Rabu (26/5/2018).

 

 
Turut hadir pada acara tersebut, antara lain, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Benhur Takasiaheng, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Sangihe Ny Ririswati Gaghana Katamsi, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut Dra Theodora Panjaitan MSi, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, dr oktvianus Papodi MM.

 


Setibanya di lokasi, sekitar pukul 11.00 Wita, Bupati diterima Camat Manganitu Devie H Rompis SPi. Kemudian meresmikan tugu Kampung KB yakni menggunting pita, di simpang tiga, menuju Kampung Taloarane. Selanjutnya Bupati bersama rombongan menuju Rumah Dataku di kampung setempat, dan diresmikan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut Dra Theodora Panjaitan MSi, ditandai gunting pita. 
 

 

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dr oktvianus Papodi MM menyampaikan pujian syukur kepada Tuhan boleh melaksanakan pencanangan kampung KB di Kampung Taloarane Kecamatan Manganitu. 
"Juga telah diresmikan sebanyak 16 kampung KB di Sangihe. Diharapkan turut meningkatkan kualitas masyarakat dan tingkatkan  kesehatan masyarakat. Juga peresmian rumah dataku dan 12 prasasti ditandatangani oleh Bupati," kata Papodi. 
 

 

Pada kesempatan itu, dilaksanakan pengukuhan kelompok kerja kampung KB Kampung Taloarane Kecamatan Manganitu oleh Camat Manganitu Devie H Rompis SPi, dan pengukukan pusat informasi dan konseling remaja SMA Negeri 1 Manganitu. 
Pula penyerahan alat medis berupa obgyn bed, lemari penyimpanan alat kontrasepsi, dan tas bersama peralatan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Sangihe Ny Ririswati Gaghana Katamsi. 

 


Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut Dra Theodora Panjaitan MSi juga mengapresiasi bupati telah memberikan perhatian bagi keluarga berencana. "Kiranya melalui program KB,  masyarakat melaksanakan reproduksi sehat, mengawal dari seribu hari pertama. Apresiasi kepada bupati, telah meresmikan 14 kampung KB. Tentunya ini bagian dari pembangunan jangka panjang, dan bentuk kerja sama kita semua. Mendukung program Presisen Republik Indonesia, Jokowi  yakni pembangunan berwawasan kependudukan, dan sudah wujud nyata dilakukan," kata dia. 

 

Pula disampaikannya, ke depan lebih mengedepankan kualitas sumber daya manusia, termasuk bonus demografi yakni usia harapan hidup meningkat. Dan tentunya sangat senang dengan terobosan oleh bupati. 

 

Sementara itu, Bupati juga bersyukur kepada Tuhan untuk penyertaanNya tetap diberlakukan. "Hari ini peresmian kampung KB. Saya mendengar Kampung Taloarane, saya tak percaya Kampung Taloarane masuk daerah sangat tertinggal. Ada nilai yang dikategori di Kampung Taloarane yakni tak ada sekolah, tak ada Pustu.Padahal anak-anak di sini semua bersekolah. Ini aturan yang menyangkut beberapa aspek, berimbas pada guru dan TKD, tentunya diperhatikan oleh pemerintah pusat. Kita dorong, untuk pembangunan sarana prasarana yang ada, mudah-mudahan ke depan Kampung Taloarane boleh keluar dari Daerah Sangat Tertinggal," ucap Bupati. 

 

Bupati menambahkan, upaya merefleksikan untuk pembangunan ke depan, semua stakeholder turut mendorong dari berbagai aspek pembangunan. Juga berterima kasih, karena pemerintah pusat telah memberikan bantuan senilai Rp600 juta bagi 4 kampung di wilayah Tabut, Mangsel dan Manganitu, yakni untuk pembangunan infrastruktur.  Pembangunan yang dilaksanakan berdasarkan capaian kerja program dari tiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan wilayah. 

 

"Melalui pencanangan Kampung KB juga diharapkan dapat memerangi chanting atau kekurangan gizi. Orang sangihe berpewarakan besar dan makan sayuran hijau yang sehat. Mari menanam sayur hijau, dan mengawal seribu hari agar anak-anak begitu sehat.
Program KB mendorong masyarakat yang sehat dan kuat. Memasuki hari tua boleh menikmati usia, terkait kesuksesan pembangunan kita bersama dan usia harapan hidup," tambah Bupati. 

 

Tak ketinggalan,  Kapitalaung Kampung Taloarane Kecamatan Manganitu, Son Larenggam menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan seluruh rombongan, termasuk rombongan BKKBN Sulut, dan seluruh tamu undangan yang sudah hadir. "Kiranya acara ini membawa manfaat bagi masyarakat Taloarane," tandasnya singkat.

 

(fad/bk-1)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
07 Dec 2018 / dibaca 38 kali
TAHUNA (BK): Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Ir Felix Gaghaube melalui Kabid...
Sangihe
07 Dec 2018 / dibaca 44 kali
TAHUNA (BK): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID)...
Sangihe
06 Dec 2018 / dibaca 43 kali
TAHUNA (BK): Kemandirian untuk terus menggenjot produksi hasil pertanian lokal berupa bawang rica tomat (barito) terus dilakukan Pemerintah...
Sangihe
06 Dec 2018 / dibaca 82 kali
TAHUNA (BK): Upah Minimum Kabupaten (UMK) Tahun 2019, di Kabupaten Kepulauan Sangihe menjadi Rp2,200 juta. Demikian disampaikan Kepala Dinas...
Sangihe
06 Dec 2018 / dibaca 54 kali
TAHUNA (BK): Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Sangihe menggelar coffee morning dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi se Dunia Tahun...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.