Sangihe

Bupati Hadiri Pembukaan STS GMIST ke V

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 21 November 2018 07:21   154 kali

TAHUNA (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Sangihe Ny Dra Hermin Ririswati Gaghana Katamsi menghadiri pembukaan Sidang Tahunan Sinode (STS) Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST) ke V, di Jemaat GMIST Bait'el Tamako, Senin (19/11/2018).

 

Hadir pula pada pembukaan sidang antara lain, Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Evangelian Sasingen SE bersama Tony Supit SE ME, unsur Forkopimda yakni Kapolres Kepulauan Sangihe dan mencakup wilayah Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tahuna Letkol Laut (P) Donny Aribowo, Direktur Politeknik Nusa Utara Prof DR Frans Gruber Ijong MSc.

 

Acara dimulai pukul 16.00 Wita dengan penjemputan secara adat kepada Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dan Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Evangelian Sasingen SE bersama rombongan.

 

Ibadah dipimpin Pdt Ny RB Papona MTh dan Pdt Arifin Woi STh. Ketua Panitia Pelaksana Pnt Jakub T Sedu menyatakan, Sidang Tahunan Sinode adalah mengevaluasi pelaksanaan program Sinode GMIST Tahun 2018, mempertanggungjawabkan program Sinode GMIST tahun 2018, merumuskan dan menetapkan program kerja Sinode GMIST tahun 2019. Tema pelaksanaan Sidang adalah Tuhan Mengangkat Kita Dari Samudera Raya dan dengan Sub Tema : Dalam pengenalan akan Kristus, kita pelihara keutuhan Gereja, wujudkan kasih persaudaraan dan pelihara lingkungan hidup.

 

Sidang Tahunan Sinode (STS) GMIST ke V dilaksanakan tanggal 19 hingga 23 Nopember 2018, para peserta yang hadir sebanyak 504 orang terdiri dari Badan Pekerja Sinode GMIST, utusan jrmaat dari 13 Resort dan peserta yang terundang.

 

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Sinode GMIST Pdt P Madonsa MTh membuka Sidang Tahunan Sinode ke V ditandai pemukulan tatengkohang, diikuti oleh bapak/ibu yang memegang tatengkohang sebanyak 13 buah pertanda GMIST memiliki 13 Resort. 

 

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME menyampaikan pesan Presiden Republik Indonesia (RI) Ir Joko Widodo ketika minggu lalu bersama 30 Bupati/Walikota, Presiden menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam mensukseskan program pembangunan dan tetap hati-hati terhadap berita hoaks yang merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara, serta beliau tetap berkomitmen menjaga keutuhan NKRI.

 

"Selanjutnya mengawali agenda Sidang Tahunan Sinode GMIST ke V pemerintah daerah memberikan apresiasi atas terselenggaranya sidang ini. Agenda ini sangat strategis karena melalui forum ini pimpinan GMIST dan jemaat akan menggumuli perjalanan pelayanan baik evaluasi program 2018 dan penyusunan program tahun depan. Gereja akan maju ketika saling memahami dan introspeksi bersama. Mengumuli tata gereja baru dalam sebuah pemahaman manajemen terkait kebutuhan organisasi yang miskin struktur kaya fungsi sehingga melahirkan sebuah organisasi yang efektif dan efesien serta memiliki SDM yang handal. Gereja tidak akan selalu berada di zona nyaman tapi akan melewati tantangan dan pergumulan sehingga harus kuat dalam bingkai kebersamaan berlandaskan kasih," kata Bupati. 

 

Lebih lanjut disampaikan, tuntutan global saat ini, pemerintah dan gereja berada di pusaran arus perkembangan teknologi yang tentunya memiliki dampak, baik positif dan negatif tergantung kita yang mengelolanya. Realitas ini adalah tantangan pemerintah dan gereja yang membutuhkan manajemen organisasi kuat dengan tidak mengurangi esensi pelayanan.

 

"Dalam sorotan tema dan sub tema dari sidang ini, kita diajak tidak hanya sampai pada pengenalan akan Kristus, tapi diwujudkan bersama sampai pada implementasi dalam penjabaran keutuhan gereja, kasih persaudaraan dan memelihara lingkungan sampai pada tataran masyarakat dan keluarga. Kekerasan rumah tangga terlebih pada anak kiranya mendapatkan prioritas utama dalam diskusi di sidang ini. Program pembinaan gereja melalui konseling keluarga dapat dirumuskan dalam agenda sidang ini," tandasnya. 

 

Bupati menyampaikan terima kasih atas peran serta Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST) selama ini dan tetap mengharapkan dukungan terus dari gereja dalam mendukung berbagai program unggulan pemerintah baik Me'Daseng, duang elo tawe mengelehe nasi, satu kampung satu produk dan program lainnya di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

 

"Yang paling utama tentunya doa dari hamba-hamba Tuhan dan Warga jemaat agar pemerintah dimampukan menjalanani amanah yang diemban. Pula mengingatkan bahwa tahun depan adalah tahun politik. Jemaat kiranya tidak tercerai berai karena calonnya tidak jadi. Gereja tetap berperan dalam politik, mendorong tingkat partisipasi dalam pesta demokrasi nanti. Terlebih menjaga keutuhan dalam bingkai kebersamaan dan persatuan," tutup Bupati. 

 

Selanjutnya penyematan tanda peserta secara simbolis oleh Ketua Sinode GMIST, Bupati Kepulauan Sangihe dan Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro kepada utusan jemaat Elsyadday Solang, jemaat Nasareth Nipa dan jemaat Kendage'U Ruata Toli-Toli. Acara diakhiri dengan ucapan terima kasih yang disampaikan oleh Ketua 1 BPM Sinode GMIST Pdt N  Baemamenteng MPdk dan ramah tamah.

 

(fad/bk-1)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
07 Dec 2018 / dibaca 38 kali
TAHUNA (BK): Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Ir Felix Gaghaube melalui Kabid...
Sangihe
07 Dec 2018 / dibaca 44 kali
TAHUNA (BK): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID)...
Sangihe
06 Dec 2018 / dibaca 43 kali
TAHUNA (BK): Kemandirian untuk terus menggenjot produksi hasil pertanian lokal berupa bawang rica tomat (barito) terus dilakukan Pemerintah...
Sangihe
06 Dec 2018 / dibaca 77 kali
TAHUNA (BK): Upah Minimum Kabupaten (UMK) Tahun 2019, di Kabupaten Kepulauan Sangihe menjadi Rp2,200 juta. Demikian disampaikan Kepala Dinas...
Sangihe
06 Dec 2018 / dibaca 54 kali
TAHUNA (BK): Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Sangihe menggelar coffee morning dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi se Dunia Tahun...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.