Sangihe

Bupati Irup Hari Pahlawan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 12 November 2019 06:05   201 kali

TAHUNA (BK): Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE ME menjadi inspektur upacara (irup) pada memperingati Hari Pahlawan, di Gelora Santiago Tahuna, Kelurahan Tona Dua Kecamatan Tahuna Timur, Senin (11/11/2019) pagi.

 

Turut hadiri pada kegiatan tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Helmud Hontong SE, Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Donny Aribowo, Wakapolres Sangihe Kompol Haris O Bingku, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), peserta upacara TNI-Polri, siswa-siswi SD, SMP dan SMA.

 

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, sangat bersyukur dapat melaksanakan upacara bendera dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik, untuk memperingati hari pahlawan 10 November 2019 dengan hikmat.

 

"Pahlawan kita diingatkan kembali pada peristiwa pertempuran 10 november 1945 di Surabaya. Sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Pada pertempuran tersebut, surat dinas bersatu padu berjuang pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia," ucapnya.
 

Lanjutnya, peristiwa perang mengingatkan lagi bahwa kemerdekaan yang dirasakan saat ini, tidaklah hilang begitu saja. Namun, memerlukan perjuangan yang luar biasa dari pendahulu negeri.

 

"Semangat yang ditunjukan para pahlawan dan pejuang tersebut, perlu terus diperjuangkan dalam sanubari setiap warga Indonesia. Dengan peringatan hari pahlawan, kiranya dapat menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. Sebagaimana ungkapan Bung Karno adalah kita bangsa yang menghargai jasa para pahlawan dapat menjadi bangsa yang besar," jelasnya.

 

Pula disampaikan, selain itu peringatan hari pahlawan, kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bagsa, untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagai mana tema hari pahlawan tahun 2019 'Aku Pahlawan Masa Kini'.

 

"Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga Indonesia, dalam bentuk aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI. Seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan yang anarkis," tambahnya. 

 

(fad/bk-1)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
19 Sep 2020 / dibaca 64 kali
TAHUNA (BK) : Membina hubungan baik bersama masyarakat di wilayah binaan, Babinsa Koramil 1301-07/Tabut Serda Hayat, melaksanakan komunikasi...
Sangihe
19 Sep 2020 / dibaca 56 kali
TAHUNA (BK) : Peran aktif seorang Babinsa dalam menjaga tradisi dan budaya gotong royong di lingkungan masyarakat, dilakukan oleh Babinsa...
Sangihe
19 Sep 2020 / dibaca 68 kali
TAHUNA (BK) : Di tengah mewabahnya Covid 19, melalui komunikasi sosial (Komsos) Babinsa Koramil 1301-08/Tabteng Sertu Righman Antore, aktif...
Sangihe
19 Sep 2020 / dibaca 57 kali
TAHUNA (BK) : Rutinitas di wilayah anggota Babinsa Koramil 1301-01/Tagulandang Serda Masdir, selalu berkomunikasi bersama masyarakat. Seperti...
Sangihe
18 Sep 2020 / dibaca 60 kali
TAHUNA (BK) : Kesiapan untuk menghadapi pandemi virus corona atau covid 19 yang mengglobal berkepanjangan ini, salah satu yang disiapkan adalah...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.