Sangihe

Bupati Irup Upacara Harkitnas

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 22 May 2018 07:26   144 kali

TAHUNA (BK): Bupati Kabupaten Sangihe, Jabes Ezar Gaghana menjadi inspektur upacara (Irup) pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110 tahun, di Lapangan Mini Tahuna.Senin (21/5/2018) pagi. Upacara dihadiri jajaran Pemkab, TNI/Polri serta pelajar, dan organisasi kemasyarakatan.

 

Bupati saat membaca sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informasi RI mengatakan, selama 110 tahun bangsa Indonesia telah tumbuh dan menjadi bangsa yang besar dan maju sejagad dengan bangsa lain meski belum sepenuhnya sempurna.

 

“Butir kelima dari nawacita Presiden Republik Indonesia (RI) Jokowi-JK visi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan konteks pendidikan dan pelatihan. Pada awal tahun ini, visi tersebut mendapat penekanan lebih melalui amanat presiden yang menyatakan pemerintah akan meningkatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) pada tahun 2019,” ujar bupati. 
 

 

Ia menerangkan, mulai dari percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pada tahun-tahun sebelumnya. Melalui pembangunan manusia yang terampil dn terdidik kita akan meningkatkan daya tarik ekonomi dan akan meningkatkan kapasitas SDM.  

 

Lanjut dikatakannya, proklamator Bung Karno menggambarkan persatuan bangsa ibarat sapu lidi. Jika tidak diikat maka sapu lidi tersebut akan tercerai berai, tidak berguna dan mudah dipatahkan.

 

Gambaran tersebut aktual sekali pada masa sekarang ini, dimana ada kekuatan-kekuatan yang berusaha meredamkan ikatan sapu lidi kita, membuat kita bertikai. 

 

"Padahal inilah masa yang sangat menentukan bagi kita. Inilah era yang menuntun kita agar tidak membuang waktu demi mengejar ketertinggalan dengan bangsa lain," ungkapnya.

 

Ditambahkan Bupati, momentum sekarang ini menuntut untuk tidak membuang energi melakukan pertikaian dan lebih fokus pada pendidikan dan pengembangan manusia.

 

"Dan hari kebangkitan nasional kali ini harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang meningkatkan kapasitas diri," tutupnya.

 

(fad/bk-1)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
13 Jun 2018 / dibaca 487 kali
TAHUNA (BK): Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Liun Kendage Tahuna membutuhkan dua dokter spesialis Patalogi.   Hal ini disampaikan...
Sangihe
13 Jun 2018 / dibaca 484 kali
TAHUNA (BK): Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong SE menghadiri penutupan Hari Pekabaran Injil (HPI) ke 161 tahun dan Hari...
Sangihe
13 Jun 2018 / dibaca 0 kali
TAHUNA (BK): Mengakomodir komponen-komponen terkait untuk memacu percepatan pembangunan tentunya memerlukan dukungan bersama untuk memberikan...
Sangihe
13 Jun 2018 / dibaca 516 kali
TAHUNA (BK): Tak hanya ditangani pemerintah daerah, namun penting untuk selalu mengakomodir komponen terkait untuk menunjang kemajuan daerah...
Sangihe
12 Jun 2018 / dibaca 378 kali
TAHUNA (BK): Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe melakukan monitoring atau pemantauan terhadap nilai jual barang-barang dan kebutuhan pokok...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.