Sangihe

Bupati Kunjungi Jembatan Gantung Bambu Ahapatung

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 25 February 2018 19:45   158 kali

TAHUNA (BK): Di sela-sela kegiatan Me'Daseng, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME mengunjungi lokasi jembatan gantung bambu di kawasan sungai Kampung Ahapatung.

 

Berangkat dari muara sungai Kampung Salurang Kecamatan Tabukan Selatan Tengah (Tabselteng), Jumat (23/2/2018),sekitar pukul 12.12 Wita dengan menggunakan perahu jenis pamo, yakni Bupati bersama rombongan, pula ada sebuah perahu yang sama ditumpangi beberapa penumpang.

 

Melewati sungai yang berkelok-kelok, pengemudi perahu pamo, tentunya juga tetap hati-hati menyetir, karena kerap bertemu dengan batang-batang kayu, dahan dan pelepah pohon di sekitar sungai yang diperkirakan berkedalaman sekitar 10 meter lebih dan lebarnya bervariasi antara 15 hingga 20 meter.

 

Perlahan perahu pamo berjalan dengan menggunaka mesin tempel, dan tiba di tujuan, yakni lokasi Taturiang Patung atau jembatan gantung bambu yang menghubungkan Kampung Ahapatung dan Kampung Tenda, di wilayah kecamatan Tabukan Selatan Tengah (Tabselteng) setempat, sekitar pukul 12.33 Wita. 
 

 

Rombongan perahu pamo yang satu lebih dahulu tiba, lalu disusul kemudian perahu serupa yang ditimpa Bupati bersama rombongan, sekitar pukul 12.37 Wita. 
Rombongan pertama yang lebih dahulu tiba, ada yang sempat naik dan berjalan di jembatan gantung bambu, diperkirakan panjangnya 15 meter, dan ketinggian dari permukaan air sungai sekitar 5 meter. 

 


Setibanya, Bupati Jabes Ezar Gaghana SE ME, juga menyempatkan naik ke jembatan gantung bambu tersebut, bahkan sempat berjalan beberapa meter ke arah tengah. 
"Ternyata di tengah kemajuan pembangunan, masih juga ada jembatan gantung yang terbuat dari bambu di wilayah Kampung Ahapatung. Pemerintah daerah pastinya akan memberikan perhatian, yakni akan mengganti jembatang gantung bambu tersebut dengan membangun jembatan pennyeberangan dari beton, agar masyarakat setempat turut dibantu melalui akses jembatan penyeberangan yang menghubungkan kampung setempat, salah satunya Kampung Tenda Kecamatan Tabukan Selatan Tengah (Tabselteng)," ungkap Bupati. 

 


Lagipula, menurut pengakuan dari beberapa warga setempat, selama puluhan tahun sudah menjadi pilihan untuk menyeberang ke kampung sekitarnya. "Anak-anak sekolah juga terpaksa harus menyeberang dengan menggunakan jembatan gantung bambu tersebut. Sebab, jarak terdekat ke kampung terdekat yakni melalui jembatan tersebut," kata beberapa warga Salurang setempat. 
 

 

Sementara itu, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME  menyampaikan akan mengakomodir pembuatan jembatan penyeberang yang lebih layak, bahkan dari beton.  "Tahun depan, kita upayakan agar bisa dibangun. Mengganti jembatan gantung bambu tersebut dengan jembatan penyeberangan dari beton," jelas Bupati.

 

(fad/bk-1)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
14 Jun 2018 / dibaca 445 kali
TAHUNA (BK): Meski masih beberapa hari lagi hari raya Idul Fitri 1439 H akan dirayakan, ternyata ada juga bahan makanan yang mengalami...
Sangihe
13 Jun 2018 / dibaca 491 kali
TAHUNA (BK): Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Liun Kendage Tahuna membutuhkan dua dokter spesialis Patalogi.   Hal ini disampaikan...
Sangihe
13 Jun 2018 / dibaca 486 kali
TAHUNA (BK): Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong SE menghadiri penutupan Hari Pekabaran Injil (HPI) ke 161 tahun dan Hari...
Sangihe
13 Jun 2018 / dibaca 0 kali
TAHUNA (BK): Mengakomodir komponen-komponen terkait untuk memacu percepatan pembangunan tentunya memerlukan dukungan bersama untuk memberikan...
Sangihe
13 Jun 2018 / dibaca 517 kali
TAHUNA (BK): Tak hanya ditangani pemerintah daerah, namun penting untuk selalu mengakomodir komponen terkait untuk menunjang kemajuan daerah...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.