Sangihe

Bupati Lobi Maskapai Garuda

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 15 October 2019 22:30   507 kali

TAHUNA (BK):Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME bertemu dan melobi maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Selasa (15/10/2019), di Kantor Pusat PT Garuda Indonesia, Jakarta, Kompleks Bandara Soekarno-Hata.
Maksud dan tujuan pertemuan yang berlangsung di kantor pusat Garuda Indonesia ini hasil tindak lanjut dari pertemuan pertama di Bandara Samratulangi Manado awal lalu.


Hal ini dilakukan karena kekosongan penerbangan yang melayani rute Manado-Naha menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe.


Dalam pertemuan itu, Bupati Jabes Ezar Gaghana SE ME atas nama masyarakat perbatasan menyampaikan kerinduan serta harapan kepada pihak Garuda Indonesia dapat melayani rute Manado-Naha, semenjak ditinggal pihak Wings Air sejak 3 Oktober 2019 lalu.


"Harapan masyarakat perbatasan akan hadirnya maskapai penerbangan untuk melayani rute Manado-Naha. Dan sebaliknya sangat besar, sebagai pemerintah daerah kami wajib memperjuangkannya. Semoga pihak Garuda Indonesia bisa melayaninya,mengingat jalur Manado-Davao sudah dibuka," ucap Bupati di hadapan Direktur dan pejabat Garuda Indonesia di Jakarta.


Lebih lanjut disampaikannya, selain jumlah penumpang yang berkisar sekitar 70 persen setiap harinya dan Pemkab Kepulauan Sangihe siap memberikan data penumpang minimum atau load factor sesuai dengan data base yang ada.


Begitu juga dengan bisnis perikanan dan pariwisata yang cukup menjanjikan ketika jalur penerbangan ini kembali di buka, pengiriman ikan ke General Santos di setiap penerbangan ke Davao sudah bisa dirintis agar masyarakat perbatasan mampu meningkatkan perekonomiannya.


"Jalur Manado-Davao bisa dimanfaatkan oleh pengusaha perikanan dalam menjual hasil tangkapan masyarakat. Sebagai contoh ketika Garuda Indonesia melayani rute Manado-Naha, dan lanjut ke Manado-Davao, selain penumpang, ada kargo yang terisi full dengan hasil perikanan," terang dia. 


Bupati juga menambahkan, potensi yang ada di Sangihe sedang bergerak cepat, dan jangan sampai terhambat dengan tidak adanya maskapai penerbangan yang melayani. Program Tol Langit juga menjadi prioritas pemerintah pusat dan pihak Provinsi Sulawesi Utara mendukung penuh harapan masyarakat tersebut.


"Semoga harapan masyarakat ini dapat ditindaklanjuti, dan kami sebagai pemerintah daerah siap dengan segala solusi yang diberikan pihak Garuda Indonesia," tambahnya.


Sementara itu, Direktur Teknik dan Layanan PT Garuda Indonesia, Iwan Joeniarto mengatakan, PT Garuda Indonesia sudah punya planning membuka rute Manado-Naha,mengingat pesawat ATR yang melayani Manado-Davao hanya terbang dua kali dalam seminggu. Program lainnya rute Manado-Denpasar juga akan dibuka dalam waktu dekat ini.


"Kami sangat respon akan harapan masyarakat ini. Dan ada beberapa rute baru yang akan dilayani pihak Garuda dalam waktu dekat ini di Bandara Samratulangi," tandasnya.


Pula disampaikannya, pihak Garuda Indonesia selalu membangun komunikasi dengan beberapa pemerintah daerah, dan Tim Evaluasi akan segera turun ke Sangihe untuk melakukan pengecekan load factor dalam setiap harinya.


"Jika memang dibutuhkan, kenapa harus tidak dilayani. Kami sudah mengutus tim ke Sangihe untuk melakukan pengecekan agar penempatan pesawat sesuai dengan kondisi bandara. Keberhasilan Sangihe ada ditangan kita semua, dan perjuangan Bupati patut kami apresiasi," tutupnya.


(fad/bk-10)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
25 Mar 2020 / dibaca 138 kali
TAHUNA (BK) : Penyebaran virus corona atau covid 19 di berbagai wilayah di Indonesia harus segera dihentikan. Keseriusan pemerintah dalam...
Sangihe
25 Mar 2020 / dibaca 42 kali
TAHUNA (BK) : Dalam rangka meningkatkan kerjasama dan kekompakan bersama masyarakat, guna mendukung pelaksanaan tugas di wilayah, Babinsa...
Sangihe
25 Mar 2020 / dibaca 66 kali
TAHUNA (BK) : Babinsa Koramil 07/Tabut Kodim 1301/Sangihe, Sertu Saprudin Derek, bersama warga Kampung Beha bergotong - royong pembuatan batu...
Sangihe
25 Mar 2020 / dibaca 67 kali
TAHUNA (BK) : Segala upaya tindakan pencegahan penyebaran virus corona atau covid 19 terus dilakukan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, salah...
Sangihe
25 Mar 2020 / dibaca 37 kali
TAHUNA (BK) : Berbagai upaya yang dilakukan guna mewujudkan kemanunggalan antara TNI dan rakyat, para Bintara Pembina Desa (Babinsa) melakukan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.