Sangihe

Bupati Sampaikan Nota Keuangan RAPBD 2020

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 19 November 2019 21:49   88 kali
TAHUNA (BK): Rapat paripurna Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2020 dan penyampaian nota keuangan, berlangsung Selasa (19/11/2019), sekitar pukul 10.28 Wita, di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe. 
 
Rapat tersebut dipimpin Ketua DPRD setempat Josephus Kakondo, turut hadir Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, Wakil Ketua DPRD setempat Maikel Thungari, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe Edwin Roring SE ME, para anggota DPRD setempat, dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD). 
 
Ketua DPRD Josephus Kakondo mengatakan mengawali agenda ini, saya mengajak kita sekalian menaikan pujian dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dapat menghadiri rapat paripurna dewan Ranperda RAPBD Tahun 2020. 
 
"Rapat ini resmi dibuka dan terbuka untuk umum. Pemerintah daerah dapat menyiapkan dokumen KUPPAS, Renja. Juga penyampaian program prioritas pogram Presiden Jokowi pembangunan SDM dan pembangunan infrastruktur. Berharap pembahasan RAPBD dapat tuntas dan optimal," kata dia. 
 
Selanjutnya penyampaian dari Sekretaris Dewan (Sekwan) Aris Pilat, penyampaian pedoman penyusunan APBD 2020, penyampaian Ranperda RAPBD oleh pimpinan daerah, dan kiranya dapat dibahas sesuai aturan dan ketentuan. 
 
Sementara itu, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME yang menyampaikan Ranperda RAPBD tahun 2020 dan nota keuangan, mengatakan kesempatan berbahagia ini, saya mengajak kita sekalian mempersembahkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, kita boleh hadir dalam penyampaian Ranperda RAPBD tahun 2020. 
 
"RAPBD tahun 2020 merupakan implementasi anggaran daerah, implementasi pelaksanaan Ranperda, kegiatan daerah, dimensi strategis plaksanaan program unggulan daedah, prinsip anggaran.daerah. Memperhatikan kebijakan pemerintah, ekonomi dan tingkat inflasi tahun 2020," ucapnya. 
 
Lanjut disampaikan, menjadi perhatian kita bersama, sifatnya proyeksi, adanya kemandirian ekonomi daerah.
 
"Total APBD tahun 2020 Kabupaten Kepulauan Sangihe sebanyak Rp1,5 trilyun. Merupakan ketiga terbesar setelah Manado dan Minahasa. Dalam pelaksanaannya terdiri dari belanja tidak langsung, dan belanja langsung sebanyak Rp439 milyar. Juga pembiayaan daerah terdiri dari penerimaan pembiayaan daerah, DID senilai Rp40,5 miliar, juga pengeluaran pembiayaan daerah," tandasnya. 
 
Pula dijelaskan, kita bersyukur Asisten II dan Kadis Kesehatan menerima Swasti Saba Wistara, penghargaan sebagai kabupaten sehat, yakni Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kota Bitung. 
Juga tanggal 28 November 2019, akan ada penghargaan terhadap pengelolaan APBD secara efektif dan efisien pada sektor pendidikan, dan tanggal 10 November 2019 akan menerima penghargaan kabupaten peduli HAM, yakni merupakan tahun ke 4 menerima penghargaan HAM tersebut. 
 
"Bersyukur organisasi perangkat daerah (OPD) telah capai kinerja terbalik. Telah mampu keluar dari level 1 level 2, kini suada SK dari BPKP untuk penilaian level 3, kinerja dari nilai C dan sudah mendapat nilai B, dan peran dari semua stakeholder terkait," tambah Bupati, sambil berharap Ranperda RAPBD Tahun 2020 dapat dibahas lebih lanjut sehingga dapat disetujui menjadi Perda. 
 
Selanjutnya rapat paripurna tersebut diskors hingga pukul 14.00 Wita, dengan agenda pemandangan umum fraksi-fraksi. 
 
Untuk pemanangan umum fraksi-fraksi berlangsung sekitar pukul 15.10 Wita. 
Giliran pertama yakni Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar), disampaikan oleh D Gaghana, menyampaikan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dapat menghadiri rapar paripurna dewan Ranperda RAPBD Tahun 2020, berhubungan dengan hak dan kewajiban, transparansi dan akuntabilitas anggaran, efisiensi dan efektivitas anggaran. 
 
"Lebih menekankan pada kebijanan dalam RAPBD, tidak melakaanakan kegiatan yang belum ada dalam APBD, efisiensi dan efektivitas anggaran, prioritas anggaran. Menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati yang telah menyampaikan Ranperda RAPBD tahun 2020 dan nota keuangan. Menerima Ranperda RAPBD Tahun 2020 dan nota keuangan," kata dia. 
 
Kemudian Fraksi Persatuan Demokrat, disampaikan oleh Polakitang, yakni pujian dan syukur patut kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, rapat paripuran Ranperda RAPBD Tahun 2020 bersama pemerintah daerah. 
 
"Menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah, dibahas secara bersama sesuai dengan tingkat pembicaraan. Ranperda RAPBD tahun 2020 sudah memenuhi amanat peraturan. Menerima Ranperda RAPBD tahun 2020, dengan melengkapi berbagai dokumen pendukung," ucapnya. 
 
Lalu Fraksi Partai Nasdem, disampaikan oleh Merry Pukoliwutang, mengucapkan memanjatkan puji dan syukur atas apa yang Tuhan sudah berikan sampai saar ini, sehat dan bersemangat. 
 
"RAPBD tahun 2020, untuk sarana dan pransaran, visi dan misi Bupati dalam RPJMD tahun 2017-2022, memperhatikan dokumen pendukung. Ranperda RAPBD tahun 2020 dapat diterima untuk dibahas, dan beberapa yang disampaikan. Patut memberi apresiasi bagi pemerintah daerah, program yang bermafaat yang patut dianggarkan, pemerintah daerah akan konsisten apa yang disampaikan tersebut," tandasnya. 
 
Lalu dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang disampaikan oleh Maxi Lombo, mengatakan, mengajak kita sekalian menaikan pujian syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk berkumpul dan melaksanakan tugas dan tanggungjawanb, Ranperda RAPBD tahun 2020. 
 
"Berterima kasih kepada pemerintah daerah yang telah menyampaikan Ranperda RAPBD Tahun 2020. Pembahasan menjadi momentum dan sarana visi dan misi, komitmen berjuang bersama membangun Sangihe, bekerja bersama dan bersama bekerja. Menerima Ranperda RAPBD Tahun 2020 untuk dibahas pada tahap berikutnya," kata dia. 
 
Kemudian dari Fraksi Berkarya, yakni menyampaikan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, boleh hadir dalam rapat paripurna dewan Ranperda RAPBD Tahun 2020, tentunya untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur. 
 
"Pelaksanaan rapat paripurna dewam Ranperda RAPBD Tahun 2020, agar berlangsung sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. Menerima utuk dibahas selanjutnya, dan melengkapi dokumen," ucap dia. 
 
(fad/bk-10)
 
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
30 Nov 2019 / dibaca 64 kali
TAHUNA (BK): Sebagai salah satu bentuk kepedulian bagi masyarakat, Babinsa Koramil 1301-04/Manganitu, terus bergotong royong bersama warga untuk...
Sangihe
30 Nov 2019 / dibaca 96 kali
TAHUNA (BK): Bupati Kepulauan SangihebJabes Ezar Gaghana SE, bersama Asisten II Harry Wolf, mengunjungi kantor Kementrian Koodinator Bidang...
Sangihe
30 Nov 2019 / dibaca 62 kali
TAHUNA (BK): Kabupaten Kepulauan Sangihe menjadi satu-satunya kabupaten/kota yang menjadi perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menerima...
Sangihe
29 Nov 2019 / dibaca 84 kali
TAHUNA (BK): Guna menunjang pelaksanaan tugas dan tanggungjawab Tentara Nasional Indonesia (TNI), maka diperlukan juga pembinaan komunikasi...
Sangihe
29 Nov 2019 / dibaca 54 kali
TAHUNA (BK): Dalam rangka mendukung program pemerintah tentang jambanisasi bagi masyarakat kurang mampu serta menunjang kesehatan di lingkungan,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.