Sangihe

Bupati Survei Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Towoe Tahuna

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 24 March 2020 21:25   90 kali
TAHUNA (BK) : Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe Ir Feliks Gaghaube dan Kepala Badan (Kabag) Ekonomi Evangelin Sasiang, melaksanakan survei atau memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Towoe Tahuna, Selasa (24/03/2020).    
 
Hal ini diduga dikarenakan virus corona atau covid 19, menyebabkan beredarnya isu melonjaknya harga kebutuhan pokok.    
 
Di sela-sela kegiatan dimaksud, Bupati saat dikonfirmasi awak media, menjelaskan, saat inikan sedang beredar adanya isu kenaikan harga barang pokok. Jadi pihaknya selaku pemerintah melakukan survei harga.   
 
"Hari ini kita melakukan survei di Pasar Towoe, guna memantau perkembangan harga terkait dengan isu penyebaran covid 19," ungkapnya.
 
Saat melaksanakan survei, Bupati tidak menemukan adanya kenaikan harga.   
 
"Saya bersyukur masyarakat kita para pengusaha dagang, tidak memanfaatkan momentum ini untuk mencari keuntungan," jelas Bupati.  
 
Lanjut disampaikannya, hanya saja produk yang mengalami kenaikan harga yaitu gula. Karena, masalah gula ini menjadi masalah nasional, bukan hanya di Kabupaten Kepulauan Sangihe saja.   
 
"Dari seluruh produk yang kita tanyakan, ternyata yang ada pergerakan harga sangat signifikan hanya gula putih. Masalah gula inipun telah menjadi masalah nasional," terang dia.   
 
Pula dikatakannya, untuk mengantisipasi stok gula ke depan, pihaknya akan melakukan permintaan penambahan stok gula ke pihak Bulog.    
 
"Beberapa waktu ke depan kita akan meminta pihak bulog agar dapat mempersiapkan stok gula ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat," tandasnya.  
 
Bupati juga menyampaikan, terkait virus corona atau covid 19 ini, menjadi pemahaman bagi semua masyarakat, dan jangan panik. Karena, beberapa bulan ke depan untuk stok pangan beras masih memadai.    
 
"Stok pangan beras hingga 4 sampai 5 bulan ke depan masih ready, begitu juga suplai dari Tol Laut 3 bulan ke depan masih ready. Hal ini tidak menjadi masalah. Jadi kepada masyarakat tidak perlu memborong sebanyak-banyaknya, karena stok masih banyak," tambah Bupati.   
 
Secara terpisah, Kepala Disperindag Pemkab Kepulauan Sangihe Ir Feliks Gaghaube menjelaskan, jadi berdasarkan hasil pemantauan harga di pasar masih normal, hanya bergerak naik yaitu gula, karena merupakan masalah nasional.    
 
"Kami berharap pergerakan harga gula tidak signifikan. Dan berharap stok gula bisa masuk pada akhir bulan April di Sangihe," ungkapnya.  
 
Ditambahkannya, kalau untuk kebutuhan pangan lain, belum ada kenaikan yang sangat signifikan. Harga jual di pasar masih terbilang normal.     
 
"Sedangkan kebutuhan lainnya menurun seperti minyak goreng, untuk rempah-rempah harganya masih terbilang normal. Seperti cabe harganya Rp45-Rp50 ribu per kilo, begitu juga dengan bawang putih, bawang merah, tomat harga ini masih terbilang normal," jelas dia.   
 
(fad/bk-10)    
 
 
 
 
 
 
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
08 Apr 2020 / dibaca 37 kali
TAHUNA (BK) : Pelaksanaan Program Operasi Teritorial (Opster) Kodim 1301/Sangihe TA 2020 yang dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Siau...
Sangihe
07 Apr 2020 / dibaca 48 kali
TAHUNA (BK) : Memasuki sepekan dalam program rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Opster Kodim 1301/Sangihe, yakni rumah Keluarga Sudirman...
Sangihe
07 Apr 2020 / dibaca 57 kali
TAHUNA (BK) : Komandan Kodim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto SIP memerintahkan Koramil jajaranya, dalam pemanfaatan lahan tidur yang...
Sangihe
07 Apr 2020 / dibaca 74 kali
TAHUNA (BK) : Berbagai upaya pencegahan dan penanganan virus corona atau covid 19 terus dilakukan di berbagai daerah, mulai dari penyemprotan...
Sangihe
07 Apr 2020 / dibaca 43 kali
TAHUNA (BK) : Satuan Penugasan Operasi Teroterial (Opster) Kodim 1301/Sangihe terus mengejar sasaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang tersebar...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.