Sangihe

Bupati-Wabup Kunjungan Kerja di Marore

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 11 May 2018 19:46   541 kali

MARORE (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dan Wakil Bupati (Wabup) Helmud Hontong SE melaksanakan kunjungan kerja (Me'Daseng) di wilayah perbatasan yakni Kampung Pulau Marore Kecamatan Kepulauan Marore, Jumat (11/5/2018). 

 

Rombongan Bupati tiba di Pelabuhan Pulau Marore dengan menggunakan kapal TNI Angkatan Laut (AL) Kal Psh1-13, sekitar pukul 10.00 Wita. Mereka disambut pemerintah kecamatan setempat, Camat Kepulauan Marore, S Onthoni. Selanjutnya bersalaman dengan publik atau masyarakat dan siswa sekolah dasar (SD), juga disambut secara adat.

 

Pelaksanaan Me'Daseng dibuka Bupati, dan penyampaian program oleh lembaga-lembaga terkait serta diskusi bersama. Diawali doa bersama, dan laporan dari Camat Kepulauan Marore, Onthoni, yakni keadaan wilayah Kecamatan Kepulauan Marore terdiri dari tiga pulau yang memiliki luas 288,37 meter persegi. Terdiri dari 5 pulau yakni 4 diantaranya berpenghuni, jumlah penduduk 1.598 jiwa dan 482 Kepala Keluarga (KK).

 

"Juga ada Puskesmas Pulau Marore yang sudah dibangun sejak tahun 2017, namun belum diresmikan dan 17 tenaga petugas medis. Sedangkan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Pulau Kawio, dan Pulau Matutuang namun belum ada petugas medis. Bidang pendidikan juga ada tiga SMP dan 1 SMA," kata dia. 

 

Pula ditambahkannya, untuk bidang pemerintahan yakni di Kampung Pulau Kawio dan Pulau Matutuang akan djlaksanakan Pemilihan Kapitalaung (Pilkap) serentak Mei 2018, dan sudah ada nomor urut.  Bidang pembangunan tahun 2018, yakni talud sepanjang 2 kilometer (km) senilai Rp169.424.988.000, dilaksanakan PT Nindya Karya,  selama 2 tahun. Bidang keamanan juga ada Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). 

 

Kegiatan Me'Daseng, sebelumnya sudah ada kegiatan sejak minggu lalu, yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe di Pulau Kawio dan Pulau Matutuang. Juga ada kegiatan dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), pasar murah oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Kesehatan (Dinkes) laksanakan pengobatan gratis di Puskesmas Pulau Marore, serta Dinas Pelayanan Satu Atap melalui inin usaha dan Situ.  

 

Sementara itu, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME mengatakan, untuk Me'Daseng di Pulau Marore kali ini, luar biasa, yakni hadir seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), juga hadir Ketua PN Tahuna yang baru.  "Hari ini Me'Daseng dilaksanakan di wilayah perbatasan, Pulau Marore. 

 

Beberapa hari lalu, teman-teman melaksanakan pelayanan Kependudukan dari Dinas Dukcapil, juga OPD lain. Tentunya program ini mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, serta pendekatan pelayananan dan aturan yang berlaku di negara ini," kata Bupati. 

 

Lebih lanjut disampaikan dia, pelaksanaan Me'Daseng juga dilaksanakan sosialisasi oleh organisasi perangkat daerah (OPD), dan diskusi bersama, bahkan kalaupun ada masalah agar bisa diselesaikan, agar masyarakat di Pulau Marore ikut terfasilitasi termasuk program yang dilaksanakan.  "Dapat kita laksanakan untuk kepentingan pelayanan masyarakat. 

 

Ada manfaat dilaksanakan Me'Daseng. Termasuk dialog bersama guna mencari solusi. Demikian pelaksanaan Pemilihan Kapitalaung di Kampung Pulau Kawio dan Kampung Pulau Matutuang agar bisa berjalan dengan baik. Tentunya kegiatan Me'Daseng ini dapat menyentuh pelayanan kepada masyarakat," tambahnya.

 

(fad/bk-1)  

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
12 Oct 2018 / dibaca 160 kali
TAHUNA (BK): Sidang Sinode BPL Kerukunan Gereja Masehi Protestan Indonesia (KGMPI) ke IV seluruh Indonesia, digelar di gedung Gereja Ahusu...
Sangihe
12 Oct 2018 / dibaca 113 kali
TAHUNA (BK): Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe Helmud Hontong SE menyerahkan secara simbolis penyaluran honorarim Kepala Lingkungan...
Sangihe
11 Oct 2018 / dibaca 100 kali
TAHUNA (BK): Setelah melalui proses penyelidikan oleh pihak penyidik Kepolisian Resor (Resor)  Kepulauan Sangihe, akhirnya OG alias Olga...
Sangihe
11 Oct 2018 / dibaca 105 kali
TAHUNA (BK): Bencana yang melanda Sulawesi Tengah (Sulteng) khususnya Palu, Sigi dan Donggala, membuat semua komponen bangsa merasa...
Sangihe
11 Oct 2018 / dibaca 101 kali
TAHUNA (BK): Pencairan Dana Desa (Dandes) tahun 2018 di Kabupaten Kepulauan Sangihe hingga saat ini belum full (sepenuhnya) terealisasi....
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.