Sangihe

Bupati-Wabup Me'Daseng di Pulau Matutuang

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 20 May 2019 06:48   106 kali

TAHUNA (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dan Wakil Bupati (Wabup) Helmud Hontong SE melaksanakan kegiatan Me'Daseng di wilayah perbatasan yakni Pulau Matutuang Kecamatan Kepulauan Marore, kawasan Pelabuhan Pulau Matutuang, Sabtu-Minggu (18-19 Mei) 2019.

 

Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Dra Nya Ririswati Gaghana Katamsi, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Ny Rahel Hontong Sasamu.

 

Berikut, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tahuna Kolonel Laut (P) Donny Aribowo, Kapolres Kepulauan Sangihe dan mencakup wilayah Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) AKBP Sudung Ferdinan Napitu SIK, perwakilan Komandan Distrik Militer (Kodim) 1301 Sangihe. Pula hadir Arief Setiawan utusan atau perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI).

 

Dalam sambutannya, Camat  Kepulauan Marore Imelda Lawendatu SSTP menyampaikan patut bersyukur kepada Tuhan, dari agenda sebelumnya tak mendukung karena cuaca buruk. Namun akhirnya hari ini bisa terlaksana, dan para tamu datang.

 

"Untuk laporan kepada pak Bupati, yakni kondisi geografis Kecamatan Kepulauan Marore terdiri dari 10 pulau, dimana 4 diantaranya berpenduduk, 5 tak berpenghuni dan 1 batu pebaekang. Di Pulau Matutuang juga ada penduduk Filipina yang masih bersaudara dengan warga Sangihe," kata dia. 

 

Dilanjutkannya, di wilayah Kepulauan Marore ada kawasan rawan bencana seperti abrasi pantai. Untuk jumlan penduduk di Kecamatan Kepulauan Marore sebanyak 808 laki dan 748 perempuan, totalnya 1556 jiwa, dan 477 KK. 

 

"Dasar tertentu Me'Daseng dilaksanakan di Pulau Matutuang yakni, secara histori dulunya tempat pedasengang atau tempat me'daseng, tempat mencari ikan, sejak tahun 1989. Masyarakat memakai atap daun kelapa, dan di sini penduduk yang tinggal lama, masih hidup. Dulunya Pulau Matutuang merupakan Lindongan III dari Kampung Pulau Marore Kecamatan Kepulauan Marore," kata dia.

 

Pula disampaikannya, di Pulau Matutuang tak ada rabies, dan tak ada masyarakat yang memelihara ayam. "Me'Daseng dilaksanakan selama 2 hari. Hari pertama, dibuka oleh pak Bupati, dialog dengan pemkab dan masyarakat. Juga ada lomba balap perahu, buka puasa bersama, dan lomba bakar ikan tiap OPD. Hari kedua, ibadah oikumene di kawasan Pelabuhan Pulau Matutuang, dan penutupah," kata dia. 

 

Dia menambahkan, dalam pelaksanaan kegiatan Me'Daseng, sejumlah OPD melaksanakan pendataan rumah tak miliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB),  pendataan dan mengecek perahu 61 unit oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) yakni bukti dan penerbitan kapal. Pula dilaksanakan imunisasi dan pengobatan gratis oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) dan rumah sakit, serta pengadaan tong air dan air bersih oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). 
 

Sementara itu, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME menyampaikan, selamat datang bagi seluruh tamu, termasuk juga hadir Arief Sugianto dari KKP RI yang menangani rencana zona strategi pulau terluar, juga hadir Novel dan Fransisca SH, Forkopimda, TNI-Polri, para kapitalaung dan masyarakat. 

 

"Di bulan suci Ramadhan, kita bersyukur, Me'Daseng dilaksanakan di wilayah perbatasan, walaupun ada saudara-saudara kita berpuasa, tentunya tak menghalangi. Kegiatan Me'Daseng di wilayah Kecamatan Kepulauan Marore merupakan putaran kedua. Kita berharap kegiatan ini, ada sebuah implementasi terhadap pelayanan publik. Sejauh mana masyarakat kita menahami, merasakan, pelayanan yang diberikan oleh pemerintah daerah yang betul-betul dapat malayani pada masyaramat, cepat, murah, dan sekaligus memberikan masukan, serta masyarakat agar tidak ragu-ragu bertanya," kata dia. 

 

Lanjut Bupati, ada materi dari Sulut, sebenarnya diundang semua bank, supaya masyarakat bisa ketahui. Melalui kegiatan Me'Daseng juga sejauh mana sinergitas bersama pemerintah, masyarakat, dan pemerintah kampung, dan ini merupakan kontrol bersama. 

 

"Ada kesamaan persepsi dan pemahaman tentang tugas dan tanggungjawab kita untuk kesejahteraan masyarakat Kecamatan Kepulauan Marore. Khusus masyarakat Kepulauan Matutuang yang menjadi komunikasi kita bersama, yakni sebanyak 160 KK, dimana 50 persen warga miskin. Nantinya teman-teman yang identifikasi 50 persen warga miskin, apa masalah rumah, apa masalah pemukiman," jelasnya. 
 

Dijelaskannya lagi, penerapannya termasuk sektor perikanan, ada peningkatan pendapatan, apa yang bisa dilakukan di tempat ini. Adanya sinergitas yang termasuk target pemerintah provinsi, agar bisa dicapai untuk menangani kemiskinan, dan melalui kegiatan ini bisa ada rekomendasi menindaklanjutinya. 

 

"Agar fungsi Me'Daseng dapat terimplementasi dengan baik. Dimana Pulau Matutuang, sebagai tempat asli me'daseng. Kehadiran kami di sini, sebagai pemerintah memberikan yang terbaik. Bagi masyarakat agar tak perlu diberikan pelayanan terbaik bagi kami, sebab kita datang untuk bekerja, bagaimana solusi dan menjawab aspirasi masyarakat," jelas Bupati.

 

(fad/bk-1)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
05 Jun 2019 / dibaca 63 kali
TAHUNA (BK): Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Sangihe menggelar kunjungan silaturahmi Idul Fitri 1440 H, kepada tokoh masyarakat dan agama...
Sangihe
05 Jun 2019 / dibaca 45 kali
TAHUNA (BK): Pelaksanaan Sholat Ied di Kabupaten Kepulauan Sangihe, saat hari raya Idul Fitri 1440 H, berlangsung aman, tertib dan lancer,...
Sangihe
05 Jun 2019 / dibaca 85 kali
TAHUNA (BK): Guna menunjang dan memaksimalkan pemerintahan dan pelayanan masyarakat, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab)...
Sangihe
05 Jun 2019 / dibaca 82 kali
TAHUNA (BK): Seluruh umat Islam di penjuru dunia merayakan kemenangan hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah, termasuk di Kabupaten Kepulauan...
Sangihe
05 Jun 2019 / dibaca 58 kali
TAHUNA (BK): Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Sangihe menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Pawai Takbiran, di Lapangan Apel Polres Kepulauan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.