Sangihe

Bupati - Wabup Sangihe Me'Daseng di Tatoareng

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 01 July 2018 09:47   419 kali

TAHUNA (BK): Bupati Kepulauan Kabupaten Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dan Wakil Bupati (Wabup) Helmud Hontong SE melaksanakan Me'Daseng di Kampung Behongang Kecamatan Kepulauan Tatoareng, Pulau Kahakitang, Jumat (29/6/2018). 

 

Tiba di Pelabuhan Kahakitang, sekitar pukul 11.00 Wita, Bupati-Wabup bersama rombongan, langsung diterima oleh Camat Kepulauan Tatoareng Alfon Lumondo SPi, dan Bupati-Wabup sempat bersalaman dengan publik atau masyarakat.

 

Bupati dan rombongan disambut secara adat oleh tokoh masyarakat. Pula dengan masyarakat. Lalu rombongan menuju tempat untuk sarapan. 

 

Selanjutnya, sekitar pukul 12.30 Wita, Bupati dan Wabup serta rombongan langsung menuju lokasi tatap muka bersama di pendopo Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST) Jemaat Imanuel Behongang, Kampung Behongang Kecamatan Kepulauan Tatoareng, Pulau Kahakitang. 

 


Diawali dengan doa bersama, serta penyampaian dari camat setempat. Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Sangihe Ny Ririswati Gaghana Katamsi, Ny Hontong Sasamu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) atau perwakilan, perbankan Bank Sulutgo Cabang Tahuna, BRI Cabang Tahuna dan BNI Cabang Tahuna, Badan Urusan Logistik (Bulog), Stasiun Pengawasan Kelautan dan Perikanan (SPKP) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Asisten I Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Drs Dirgahayu Mandiangan, Asisten II Ben Pilat ST MSi, Asisten III Dra Olga Makasidamo, sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD), dan publik atau masyarakat setempat. 
 

 

Menurut Camat Kepulauan Tatoareng Alvon Lumondo SPi, bersyukur kepada Tuhan, karena pelaksanaan Me'Daseng di wilayah Kecamatan Kepulauan Tatoareng, dan berterima atas kehadiran Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dan Wabup Helmud Hontong SE bersama rombongan.
 

 

"Selama kegiatan Me'Daseng, juga ada pelayanan yang diselenggarakan sejumlah satuan SKPD. Diantaranya ada pengobatan gratis di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tatoareng. Juga ada program peningkatan kapasitas masyatakat, 
Program non tunai bagi senilai Rp75 juta bagi 150 KPN. Juga ada bantuan bagi penyandang disabilitas sebanyak 2 orang. Juga dilaporkan kepada Bupati dan Wakil Bupati bahwa situasi di wilayah Kecamatan Kepulauan Tatoareng aman dan terkendali," kata dia. 
 

 

Sementara itu, Bupati Jabes Ezar Gaghana SE ME juga menyampaikan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, boleh melaksanakan Me'Dsaseng, akhir bulan di Kecamatan Kepulauan Tatoareng, ke Kahakitang laut teduh, aman-aman, tentu indah  doa kita semua, cuaca yang indah, sehingga boleh menyatu di siang ini. 

 


"Program Me'Daseng mendekatkan pelayanan masyarakat dan memecahkan masalah. Masyarakat agar dilibatkan lebih banyak lagi, terkait aturan dan agenda yang ada.  Termasuk program perbankan terkait usaha yag kita lakukan bersama. Me'Daseng banyak hal yang kita lakukan bersama," ucap Bupati. 
 

 

Lebih lanjut disampaikannya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) yakni ada pelayanan, juga ada layanan satu atap, Perindag, inspektorat, BKKBN, dan SKPD lain. Tentunya juga Dinas Kesehatan (Dinkes) bisa memberikan tatanan pelayanan publik juga pengobatan gtatis. 
"Bagaimana kita mensinergitkan program yang ada di masyarakat. Kalau ada masalah teman-teman nelayan dan juga usaha yang kita lakukan. Terkait aspirasi masyarakat tentang dana desa, bisa ditanyakan, mungkin juga tingkat kabupaten. Jadi pembelajaran ke depan untuk melakukan perbaikan di masa depan. Kalau ada hal-hal perbaikan atau diluruskan secara bersama," jelasnya. 

 


Bupati juga menambahkan, Me'Daseng juga memberikan pelayanan di berbagai sektor, yakni bidang pendidikan dan kesehatan. Ada koreksi dan butuh dukungan masyarakat, mungkin jarak jauh untuk menyampaikan aspirasi. Kegiatan Me'Daseng ini bukan untuk saling menyalahkan, tapi meluruskan, dimana agenda hari ini merupakan agenda bersama. Kebersamaan pemerintah dengan masyarakat, mau menyatu dalam kebersamaan dalam Me'Daseng, Kalo ada kurang akan kurang bisa diskusi, minta tanggapan cari solusi terbaik secara bersama. 
 

 

"Juga bidang pendidikan. Jadi kekuatan penddidikan. Agar tak ada siswa putus sekolah karena tak mampu bayar sekokah, guru bisa memperhatikannya. Seluruh siswa SD yang baru lulus agar bisa masuk SMP, anak didik kita merupakan tugas kita semua. Saat masih di bangku pendidikan merupakan tanggungjawab orangtua dan pemerintah," jelasnya. 
 

 

Bupati juga menyampaikan, untuk bidang kesehatan di tahun 2018, seluruh masyaramat dibiayai okeh BPJS. Tolong diurus BPJS, di dalamnya ada beberapa persyaratan. Jangan nanti sudah sakit, baru kemudian urus BPJS, ini jadi pegagangan dan agar jaga-jaga. BPJS yakni berlaku gratis juga di Puskesmas, tentunya memberikan pelayanan maksimal kepada publik atau masyarakat. Pemerintah sudah berikan layanan maksimal agar masyarakat bisa memperhatikan kelengkapan BPJS. 
 

 

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang menyalurkan pilihan saat Pemilihan Kapitalaung (Pilkap) serentak tahun 2018, di lima kampung. Selamat bagi terpilih, bagi yang belum terpilih, agar membangun daerah secara bersama,yakni kita wujudkan melalui kebersamaan," tandasnya.

 

(fad/bk-1) 

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
15 Sep 2018 / dibaca 235 kali
TAHUNA (BK): Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Edwin Roring SE ME mengatakan, kuota CPNS tahun 2019 di...
Sangihe
15 Sep 2018 / dibaca 193 kali
TAHUNA (BK): Kepala Bagian Ekonomi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Johanis Pilat melalui Kasubag Lingkungan Hidup Donny Tamboto...
Sangihe
14 Sep 2018 / dibaca 172 kali
TAHUNA (BK): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe melalui Dinas Sosial (Dinsos) bekerja sama dengan Kementerian (Kemensos) akan...
Sangihe
14 Sep 2018 / dibaca 178 kali
TAHUNA (BK): Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Edwin Roring SE ME mengatakan, bersama Pemerintah Provinsi...
Sangihe
14 Sep 2018 / dibaca 269 kali
TAHUNA (BK):  Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dr Joppy Thungari, mengatakan sebanyak 60 warga...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.