Sangihe

Dandim 1301/Sangihe Terus Tekankan Jajaran Perketat Pengawasan Pelabuhan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 25 March 2020 18:13   93 kali
TAHUNA (BK) : Segala upaya tindakan pencegahan penyebaran virus corona atau covid 19 terus dilakukan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, salah satunya antisipasi penyebaran di wilayah Pelabuhan Feri Pananaru Kecamatan Tamako Kabupaten Kepulauan Sangihe,  merupakan perlintasan keluar masuknya barang dan masyarakat,  Rabu (25/03/2020).   
 
Komandan Kodim (Dandim) 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto SIP terus menekankan jajaranya untuk mendukung penuh kegiatan penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona atau covid 19 di setiap wilayah, serta senantiasa aktif dan responsif dalam melakukan berbagai tindakan guna mengantisipasi penyebaran virus corona terutama yang di wilayahnya terdapat pelabuhan maupun bandara.   
 
Seperti yang dilakukan personil Koramil 1301-03/Tamako yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 di wilayah Kecamatan Tamako, terdiri dari Kecamatan, Koramil 1301-03/Tamako, Polsek Tamako, Petugas Pelabuhan Feri Pananaru dan tim medis dari Puskesmas Tamako.   
 
Pemeriksaan dan penyemprotan penumpang serta ABK KMP Tarusi di pelabuhan Feri Pananaru merupakan bagian dari langkah antisipasi pengawasan dan  pemeriksaan penumpang kapal  yang tiba di Kabupaten Kepulauan Sangihe melalui Pelabuhan Feri Pananaru. 
 
Langkah ini dilakukan guna lebih memperketat pengawasan penumpang yang berasal dari luar daerah, sehingga Tim Terpadu Penanganan Virus Covid-19 dapat mengidentivikasi dan mengambil langkah cepat dalam mengkarantina penumpang yang terjangkit.
 
Di tempat terpisah, Komandan Kodim  (Dandim) 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto SIP mengungkapkan, pembentukan Tim Terpadu Penanganan Virus Covid 19  diharapkan dapat saling bersinergi, sehingga dapat mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayah, selain itu.    
 
"Saya selalu menekankan seluruh Danramil di wilayah wajib untuk melaporkan adanya potensi dan gejala masuknya penyebaran virus corona di wilayah masing-masing.  Dan meningkatkan koordinasi dengan seluruh instansi untuk langkah pencegahan maupun upaya penanganannya," jelas dia.  
 
Lanjut dijelaskan, upaya penanganan virus corona ini dibutuhkan peran serta seluruh masyarakat, dan diharapkan penumpang kapal yang tiba di Pelabuhan Feri Pananaru melewati alat pemindai suhu tubuh, guna memastikan tidak ada yang terinfeksi virus corona.     
 
"Selain itu, petugas gabungan segera mengambil langkah koordinasi dengan petugas kesehatan apabila menemukan penumpang kapal yang diduga terindikasi mengalami gejala terinfeksi virus corona. Dan yang tak kalah pentingnya harus diberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak merasa cemas, panik, ketakutan yang berlebihan dengan kedatangan kapal di Pelabuhan Feri Pananaru," tutup Dandim.     
 
(fad/bk-10)    
 
 
 
 
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
08 Apr 2020 / dibaca 43 kali
TAHUNA (BK) : Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dalam Program Operasi Teritorial Kodim 1301/Sangihe, di rumah Keluarga Lutia-Kasehung, di Desa...
Sangihe
08 Apr 2020 / dibaca 37 kali
TAHUNA (BK) : Pelaksanaan Program Operasi Teritorial (Opster) Kodim 1301/Sangihe TA 2020 yang dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Siau...
Sangihe
07 Apr 2020 / dibaca 48 kali
TAHUNA (BK) : Memasuki sepekan dalam program rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Opster Kodim 1301/Sangihe, yakni rumah Keluarga Sudirman...
Sangihe
07 Apr 2020 / dibaca 58 kali
TAHUNA (BK) : Komandan Kodim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto SIP memerintahkan Koramil jajaranya, dalam pemanfaatan lahan tidur yang...
Sangihe
07 Apr 2020 / dibaca 74 kali
TAHUNA (BK) : Berbagai upaya pencegahan dan penanganan virus corona atau covid 19 terus dilakukan di berbagai daerah, mulai dari penyemprotan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.