Sangihe

Danlantamal VIII Manado Tinjau Pembangunan Pangkalan TNI AL di Pananaru

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 09 May 2018 19:42   466 kali

TAHUNA (BK): Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Manado Laksamana Pertama TNI Ahmadi Heri Purwono SE MM, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, Wabup Helmud Hontong SE, meninjau pelabuhan Pananaru Kecamatan Tamako, Selasa (8/5/2018).

 

Danlantamal mengatakan, pada tahun 2019 akan dibangun Pangkalan TNI AL di Pananaru. Diketahui lahan Pananaru sebesar 9,785 hektare (ha) dari total keseluruhan 24 ha yang digunakan sebagai Pangkalan TNI AL Pananaru setelah keluar surat rekomendasi Bupati Kepulauan Sangihe Nomor. 050/28/1807, tanggal 15 September 2017. 

 

Sekitar pukul 16.10 Wita, Rabu petang tadi, mereka tiba di Kampung Pananaru dengan menggunakan Kal Psh 1-13. Danlantamal beserta ibu disambut penyematan bunga oleh warga Kampung Pananaru, lalu menuju lokasi bakti sosial (baksos). 

 

Dalam sambutanya Danlantamal mengatakan, dirinya bangga dan bersyukur dapat bertatap muka dengan masyarakat yang ada di Kampung Pananaru. Hal ini merupakan suatu petunjuk yang baik dengan apa yang akan dikerjakan mendatang. "Tentunya saya pribadi berterima kasih kepada Bupati dan jajaran serta masyarakat Pananaru yang sudah menyambut kedatangan kami dngan baik," kata Purwono.

 

Lanjut dia, kedatanganya di Pananaru dengan membawakan tiga tugas. Yaitu, mengawal kedaulatan bangsa lewat laut, menjaga keamanan dilaut dan membutuhkan bantuan dari masyarakat untuk pembangunan pangkalan TNI AL.

 

"Yang pertama untuk mengawal kedaulatan bangsa lewat laut. Artinya wilayah Sangihe sebagian besar adalah laut merupakan tugas dan tanggungjawab kami untuk mangamankan bila kemunkinan ada musuh yang akan merebut wilayah kita melaui laut. Kedua, menjaga keamanan di laut apabila ada kegiatan ilegal di laut, agar masyarakat dapat menikmati dengan seaman-amanya, sebanyak-banyaknya tidak diganggu oleh pencuri ikan sehingga soseorang untuk terus menerus memberi kehidupan di laut. Ketiga, membutuhkan bantuan serta dukungan kebersamaan masyarakat dengan aparat untuk mengembangkan negara ini," jelasnya.

 

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan masyarakat sudah memberikan lahan untuk pembangunan  Pangkalan TNI AL. "Apabila sudah dibangun Pelabuhan Pangkalan TNI AL  agar masyarakat bisa saling menguntungkan, juga mendukung putra putri warga Kampung Pananru masuk menjadi TNI atau Polri," tandasnya.

 

Semantara itu, Bupati Jabes Ezar Gaghana SE ME menuturkan, pihaknya boleh bertatap muka dengan Danlantamal VII Manado yang sudah berkunjung ke kampung Pananaru terkait dengan agenda besar dalam rangka pembangunan Pangkalan TNI AL. "Ini adalah sukacita bersama ketika keseriusan TNI untuk membangun wilayah kita untuk memberikan sebuah harapan baru dalam  kehidupan demi pembangunaan, kepentingan bangsa dan negara secara kusus di kecamaran Tamako. Tentu ini adalah kebanggaan semua dari sekian banyak lokasi yang di survei oleh TNI AL yang dipilih adalah kampung Pananaru," tutur Bupati.

 

"Mudah-mudahan ke depan ada anak-anak kita dari Kampung Pananaru dan sekitarnya yang ingin masuk TNI AL," tutup Bupati. 

 

Danlantamal VIII/MDO Laksamana Pertama TNI Ahmadi Heri Purwono menyerahkan bantuan  kontak sembako, bola volly dan net kepada perwakilan masyarakat, disaksikan Bupati dan Wabup bersama Forkopimda Kabupaten Kepulauan Sangihe. Untuk pelayanan umum kesehatan bagi masyarakat Kampung Pananaru, serta pemeriksaan Dokter pemeriksaan tekanan darah (tensi) sebanyak 150 orang, dan untuk total pasien yakni 300 orang.

 

Selanjutnya sekitar pukul 16.30 wita dilaksanakan pembagian beras 5 kilo minyak bimoli 1 liter dan gula 1 kg per tiap rumah, rinciannya : 

- lindongan 1. 32 rumah x5 kg
- lindongan 2. 26 rumah x5 kg
- lindongan 3. 26 rumah x5 kg
- lindongan 4. 65 rumah x5 kg
- lindongan 5. 28 rumah x5 kg.

 

Dengan jumlah total 177 rumah x5 kilogram, gula 1 kilo dan minyak bimoli 1 liter yang dibagikan total keseluruhan 300 kupon. 

 

Sekitar pukul 20.45 Wita bertempat di pendopo Bupati Kepulauan Sangihe Komandan Lantamal VIII dan rombongan melaksanakan acara ramah tamah/jamuan makan malam bersama Bupati dan Forkopimda Kabupaten Kepulauan Sangihe. 

 

(fad/bk-1)  

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
11 Oct 2018 / dibaca 99 kali
TAHUNA (BK): Setelah melalui proses penyelidikan oleh pihak penyidik Kepolisian Resor (Resor)  Kepulauan Sangihe, akhirnya OG alias Olga...
Sangihe
11 Oct 2018 / dibaca 102 kali
TAHUNA (BK): Bencana yang melanda Sulawesi Tengah (Sulteng) khususnya Palu, Sigi dan Donggala, membuat semua komponen bangsa merasa...
Sangihe
11 Oct 2018 / dibaca 101 kali
TAHUNA (BK): Pencairan Dana Desa (Dandes) tahun 2018 di Kabupaten Kepulauan Sangihe hingga saat ini belum full (sepenuhnya) terealisasi....
Sangihe
10 Oct 2018 / dibaca 124 kali
TAHUNA (BK): Topangan yang sama turut diberlakukan bagi seluruh wilayah untuk menunjang percepatan pembangunan yang dilaksanakan secara...
Sangihe
10 Oct 2018 / dibaca 118 kali
TAHUNA (BK): Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ernest Unas mengatakan, pihaknya akan membangun...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.