Sangihe

Dewan Rapat Lintas Komisi Bahas Pelarangan Alat Berat di Lokasi Tambang Bowone

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 29 January 2020 21:51   123 kali

TAHUNA (BK): Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe melaksanakan rapat lintas komisi membahas tentang pelarangan penggunaan alat berat di lokasi tambang Bowone, Rabu (29/01/2020), sekitar pukul 11.00 Wita, di ruang rapat Ketua DPRD setempat.

Rapat dipimpin Ketua DPRD J Kakondo, turut hadir wakil ketua DPRD Maikel Thungari, sejumlah anggota DPRD setempat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe Ronald Izaak, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemkab Kepulauan Sangihe Drs Dokta Pangandaheng, Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Sumber Daya Mineral (SDM) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Elfis Matantu.

Menurut Kacabdin SDM Provinsi Sulut, Elfis Matantu, tambang di Bowone adalah milik mereka sendiri, tergantung lokasi masing-masing, juga ada yang menggunakan alat berat, dimungkinkan ada kerusakan hutan, bahkan diduga timbul kecemburuan.

"Bisa berkoordinasi dengan provinsi,  agar tambang di Bowone bisa jadi tambang rakyat. Selain ada penambangan rakyat, karena di sana juga ada ijin eksplorasi pertambangan yakni PT Tambang Mas Sangihe, sekitar 25 hektar," kata dia.

Lebih lanjut disampaikan, hal ini bisa berkoordinasi dengan provinsi, saya mendorong agar dilakukan penambangan rakyat, dan tak gunakan alat berat.

"Dorong ditetapkan sebagai tambang rakyat, agar rakyat dapat kelola lebih luas," tambahnya.
Sementara itu, salah satu anggota DPRD setempat Paul Rizal Makagansa mengatakan, beberapa waktu lalu ada demo dari warga, menanyakan untuk mencari keadilan, kalau ada alat berat yang digunakan.

"Silahkan masyarakat yang bisa menggunakan alat berat. Sambil kita perjuangkan agar jadi tambang rakyat. Mencari solusi sebaik-baiknya. Bisa gelar rapat kerja denhan Dinas SDM Provinsi, agar bisa didapat data yang jelas di Bowone," jelasnya.

Dia juga menyampaikan, ketika ada alat diperbolehkan, ada alat berat, silahkan, sambil kita cari solusi,
Kami kira, persoalan jangan dulu perpanjang, cari dulu solusi, duduk bersama, bisa bicara dengan pak Bupati, tentunya guna mencari solusi bersama.
Max Pangemanan, salah satu anggota DPRD setempat mengatakan, yakni menanyakan tentang tambang Bowone, dan kehadiran lembaga SDM sehingga tidak berbenturan.

"Sebanyak 30 orang beberapa waktu, telah kami terima, saat demo. Sehingga perlu ada alat berat atau tidak," kata dia.

Pula dijelaskan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Kepulauan Sangihe, Ronald Izaak, yakni tentang sejumlah Undang-Undang (UU) diantaranya UU No 4 Tahun 2009 tentang eksplorasi, membuat resume tentang acuan hukum, segi aspek lingkungan, apa yang wajib, UU Pemerintah Daerah, dibagi kewenangan.

"Setiap pertambangan harus ada ijin, juga ijin usaha eksplorasi. Sudah menyurat agat penghentian gunakan alat berat, DLH usaha meminimalkan kerusakan lingkungan, menyurat tanggal 20 Januari 2020. Tim yang ada, telah menfoto, ternyata masih lakukan aktivitas alat berat," ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, juga telah mensosilisasi penggunaan bahan berbjayaya, berupa merkuri sianida, penggunaan sinaida berbahaya bagi lingkungan, sinadia 80 persen, merkuri 40 persen.

"Kalau merkuri bila dibuang ke sungai terus ke laut, bisa berbahaya dan terkena pada ikan. Juga telah memeriksa kualitas air di sekitar tambang Bowone, hasilnya semua masih di bawah ambang batas. Sampel diambil tahun 2019 lalu, yakni bulan Juli Agustus," ucapnya.

Pula ditambahkan, DLH juga sudah lakukan sosialisasi penanaman kembali di lokasi tambang, hanya untuk kakukan pemulihan di lokasi itu.

Pula disampaikan Ferdy Sinedu ST, salah satu anggota DPRD setempat, yakni tupoksi dewan untuk perjuangkan tata ruang dan agar ada untuk tambang rakyat, dari kawasan PT Tambang Mas Sangihe.

Di akhir pertemuan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe J Kakondo mengatakan, dewan memfasilitasi rapat bersama instansi terkait secepatnya bersama instansi DLH dan SDM.

 (fad/bk-10) 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
25 Mar 2020 / dibaca 139 kali
TAHUNA (BK) : Penyebaran virus corona atau covid 19 di berbagai wilayah di Indonesia harus segera dihentikan. Keseriusan pemerintah dalam...
Sangihe
25 Mar 2020 / dibaca 43 kali
TAHUNA (BK) : Dalam rangka meningkatkan kerjasama dan kekompakan bersama masyarakat, guna mendukung pelaksanaan tugas di wilayah, Babinsa...
Sangihe
25 Mar 2020 / dibaca 67 kali
TAHUNA (BK) : Babinsa Koramil 07/Tabut Kodim 1301/Sangihe, Sertu Saprudin Derek, bersama warga Kampung Beha bergotong - royong pembuatan batu...
Sangihe
25 Mar 2020 / dibaca 67 kali
TAHUNA (BK) : Segala upaya tindakan pencegahan penyebaran virus corona atau covid 19 terus dilakukan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, salah...
Sangihe
25 Mar 2020 / dibaca 38 kali
TAHUNA (BK) : Berbagai upaya yang dilakukan guna mewujudkan kemanunggalan antara TNI dan rakyat, para Bintara Pembina Desa (Babinsa) melakukan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.