Sangihe

Dinkes Sangihe Gelar Rakor Kesehatan 2020

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 11 March 2020 08:16   84 kali
TAHUNA (BK) : Dinas Kesehatan (Dinkes) Daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe menggelar Rapat Kerja Kesehatan Daerah (RKKKD) Tahun 2020, Selasa (10/03/2020), di ruang serbaguna rumah jabatan Bupati.  
 
Pelaksanaannya dibuka oleh Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, juga turut hadir pimpinan Rumah Sakit, Puskesmas, dan instansi kesehatan terkait lainnya.    
 
Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, usulan Dinas Kesehatan di Sangihe, untuk dapat mengedukasi masyarakat terkait program konsumsi pangan lokal lewat two days no rice, pastane dan beberapa program lainnya berdasarkan kajian-kajian kesehatan.
 
Dalam Raker dimaksud, sebanyak 7 kebijakan disepakati bersama.  Kepala Dinkes Pemkab Kepulauan Sangihe dr Joppy Thungari MKes, kepada awak media menjelaskan, sebanyak 4 poin target RPJMD Kabupaten Kepulauan Sangihe tahun 2017-2022 dan target, yakni menurunkan angka kematian bayi menjadi 0, menurunkan angka kematian ibu melahirkan menjadi 0, menurunkan kasus gizi buruk menjadi 0, dan pencegahan angka stunting.   
 
"Kita tahun ini akan mulai promosi kesehatan dengan intervensi perkembangan remaja putri. Dalam artian mengedukasi masyarakat terkait kecukupan gizi mereka," tandasnya.      
 
Lanjut disampaikannya, hal tersebut ditujukan agar ketika pada masa usia kehamilan, dengan tercukupinya gizi ibu, maka dampaknya akan berkaitan dengan kecukupan gizi anak, selaras dengan 4 standar pelayanan minimal bidang Kesehatan.   
 
"Mengenai usulan Bupati, hal itu menjadi tantangan bagi kita. Alasan paling umum yang didengar, adalah mahalnya harga bahan makanan lokal, apalagi umbi-umbian," terang dia.    
 
Menurutnya, padahal begitu banyak lahan yang bisa difungsikan, bahkan ada indikasi masyarakat lebih memilih makanan instan dibanding prodak sehat yang dihasilkan secara alami.    
 
"Ada banyak fungsi jika masyarakat bisa memanfaatkan halaman untuk produktif bercocok tanam. Selain menggerakan tubuh atau berolahraga, tentu kita bisa memastikan gizi makanan yang dikonsumsi karena bersifat organik," jelasnya.    
 
Dia juga mengajak semua masyarakat untuk bisa memulai pola hidup sehat, dimulai dari pola konsumsi.       
 
"Dengan mengkonsumsi bahan makanan lokal yang alami, kita bisa terhindar dari kandungan-kandungan yang merugikan tubuh. Sekaligus mendukung program pemerintah dalam memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat Sangihe," pungkasnya.  
 
7 kebijakan yang disepakati:
1. Mendasarkan pelayanan kegiatan pada semua siklus hidup (ibu hamil, melahirkan, bayi, balita, usia produktif, usia lanjut).
2. Meningkatkan kegiatan promotif dan preventif.
3. Memberi pelayanan kesehatan yg bernutu dan seduai standar 
4. Menjamin Ketersediaan obat dan alat kesehatan.
5. Penyediaan rumah tunggu kelahiran di Puskesmas dan di Tahuna untuk pasien rujukan ke rumah sakit.
6. Usulan penempatan tenaga administrasi dan komputer di Puskesmas sehingga tenaga fungsional dapat fokus melaksanakan tugas pelayanan kesehatan.
7. Menggalakan penggunaan makanan lokal organik, untuk mencegah stunting dan diabetes. 
 
(fad/bk-10)   
 
 
 
 
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
01 Jun 2020 / dibaca 48 kali
TAHUNA (BK) : Kegiatan Operasi Teritorial (Opster) TNI TA 2020 Kodim 1301/Sangihe di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) telah...
Sangihe
01 Jun 2020 / dibaca 54 kali
TAHUNA (BK) : Untuk kesekian kalinya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe kembali menyerahkan bantuan berupa paket bahan pokok...
Sangihe
29 May 2020 / dibaca 51 kali
TAHUNA (BK) : Dalam rangka penyiapan upacara penutupan Operasi Teritorial (Opster) TNI, sejumlah personil Opster Kodim 1301/Sangihe ...
Sangihe
29 May 2020 / dibaca 53 kali
TAHUNA (BK) : Guna mencegah penyebaran wabah virus corona atau covid 19 di wilayah binaanya, Babinsa Koramil 1301-06/Kendahe, Kopda Rahman Kota,...
Sangihe
29 May 2020 / dibaca 59 kali
TAHUNA (BK) : Koramil 1301-05/Tahuna bersama Polsek Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe berkesinambungan melakukan penyemprotan cairan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.