Sangihe

Disbudpar Sangihe Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Alam Ekowisata

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 24 August 2019 07:31   144 kali

TAHUNA (BK): Guna menunjang dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM), khususnya pada bidang pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe menggelar pelatihan pemandu wisata alam ekowisata, di Hotel Tahuna, Kota Tahuna, Kamis (22/8/2019).

 

Turut hadir Staf Khusus Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dino Gobel, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sangihe, Jeffry S Tilaar SE ME, dan peserta pelatihan.

 

Ketua Panitia Pelaksana, Kepala Bidang Destinasi Disparbud Pemkab Kepulauan Sangihe, Yulisye Defni Samalari SPd mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan yaitu meningkatkan sumber daya manusia dan memiliki standar pelayanan pemandu wisata, dan peserta kegiatan pelatihan diikuti oleh 30 orang peserta dari 30 kampung.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Jeffry Tilaar SE ME menyampaikan, apresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut, sebab kegiatan itu dipandang penting guna menunjang sektor pariwisata di Indonesia pada umumnya, dan di Kabupaten Kepulauan Sangihe pada khususnya. 

 

"Melalui pengembangan ekowisata,telah mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan sebagai sumber pendapatan. Ini menjadi strategi yang tepat, dari proses dapat melihat dan saling membutuhkan antara masyarakat dengan lingkungan, guna membangun sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe," kata dia. 

 

Sementara itu, Dino Gobel staf khusus Bidang Pariwisata Gubernur Sulut membawakan materi "Yes Sangihe Bisa, Strategi Pengembangan Pariwisata Sangihe di tengah Kemajuan Pariwisata Sulut Hebat". 

 

"Kabupaten Kepulauan Sangihe memiliki peluang untuk menjadi tempat touritsm atau tempat kunjungan tamu asing. Karena saat ini ada kemajuan dan peningkatan kunjungan tamu asing," kata dia. 

 

Lanjutnya, selain itu memiliki banyak tempat destinasi yang menarik, serta posisinya sangat strategis. “Kabupaten Kepulauan Sangihe memiliki peluang menjadi tempat destinasi seperti daerah lain. Karena Sangihe memiliki potensi-potensi wisata dan posisi yang strategis. Tinggal bagaimana masyarakat mengdrive atau menjalankan, mengelolah potensi-potensi yang ada dan menciptakan networknya," jelasnya. 

 

Dia pula menambahkan, agar tempat destinasi banyak diketahui, harus memiliki strategi dan menciptakan network strategi pemasaran yaitu,sales mission, fam trip, milenial tourist digital tourism dan event festival,” tutupnya.  Selanjutnya Samsared Barahama, membawakan materi potensi wisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

 

(fad/bk-1)  
 

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
15 Nov 2019 / dibaca 71 kali
TAHUNA (BK): Gempa bumi  berkekuatan 7,4 SR pada kedadalam 73 kilometer yang terjadi di wilayah Jailolo Privinsi Maluku Utara, Jumat...
Sangihe
14 Nov 2019 / dibaca 100 kali
TAHUNA (BK): Harga sejumlah komoditi lokal di Kabupaten Kepulauan Sangihe mengalami fluktuasi atau perubahan kenaikan maupun penurunan harga di...
Sangihe
14 Nov 2019 / dibaca 73 kali
TAHUNA (BK): Pengadaan internet yang diadakan di kampung/desa di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang sempat menjadi polemik di kalangan masyarakat...
Sangihe
13 Nov 2019 / dibaca 69 kali
TAHUNA (BK): Sebagai wujud perhatian terhadap usaha mikro kecil menengah (UMKM) maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe turut...
Sangihe
13 Nov 2019 / dibaca 71 kali
TAHUNA (BK): Kekompakan antara eksekutif dan legislatif Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam melakukan lobi anggaran pada beberapa Kementrian untuk...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.