Sangihe

Dispar Pemkab Kepulauan Sangihe Siapkan Perda Riparda, Master Plan dan DED

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 07 January 2022 13:31   353 kali
Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Kepulauan Sangihe, Femmy Montang.
TAHUNA (BK) : Di awal tahun 2022, berbagai sektor terus didorong pertumbuhannya oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, salah satunya sektor pariwisata. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Pemkab Kepulauan Sangihe, Femmy Montang, yakni untuk tahun 2022 ini menyusun Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Induk Pariwisata Daerah (Riparda) serta Master Plan dan Detail Engineering Design (DED) untuk masing-masing destinasi pariwisata prioritas di Kabupaten Kepulauan Sangihe. 
 
 
"Pariwisata tahun 2022 lebih ke mempersiapkan dasar perencanaan, dokumen-dokumen pada rencana induk pariwisata, master plan, lokasi-lokasi yang dibangun, karena penting itu ke depan. Semua ini dokumen-dokumen yang belum ditetapkan, dan setelah dibaca dokumen harus menyesuaikan dengan Kementrian Pariwisata," ungkap dia, kepada awak media, Jumat (07/01/2022). 
 
 
Lanjut dikatakannya, terhadap perencanaan dasar pariwisata, tentunya mengenai apa yang harus dibuat.  
 
 
"Sekarang lagi masa pandemi Covid 19, untuk sektor pariwisata tentunya terbatas, yakni tidak boleh kumpul massa. Tidak terlalu banyak kumpul massa," ucap dia. 
 
 
Montang juga menyampaikan, koordinasi dengan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara sudah dilakukan, diantaranya konsep sektor pariwisata yang banyak, meski dana yang terbatas.
 
 
"Dan sudah disampaikan terhadap konsep tersebut, serta mengusahakannya agar bisa ada bantuan dari luar. Guna mendukung pelaksanaannya, maka harus ada dokumen-dokumen master plan pariwisata yang ada," jelas dia lagi. 
 
 
Pula dikatakannya, dokumen-dokumen master plan tersebut sudah ada tahun 2016, tapi belum ditetapkan, yakni Rencana Induk Pariwisata Daerah, draft sudah ada, dalam satu buku. Namun saat sementara disusun, muncul peraturan dari Kementrian Pariwisata. 
 
 
"Agar dokumen-dokumen Rencana Induk Pariwisata Daerah diajukan kemana-mana, baik ke pemerintah pusat, dan APBD. Persyaratan ini penting," tuturnya.  
 
 
Ditambahkan Montang, lagi pula Perencanaan Induk Pariwisata Nasional, Perencanaan Induk Pariwisata Provinsi, Perencanaan Induk Pariwisata Daerah, tentunya perlu sinkronisasi. Yakni struktur harus sesuai, dan diarahkan ke strategis-strategis pembangunan pariwisata. 
 
(fad/bk-10)   
 
 
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
17 Nov 2022 / dibaca 110 kali
TAHUNA (BK) : Kodim 1301/Sangihe kembali melaksanakan upacara bendera setiap tanggal 17, di lapangan upacara Markas Komando Distrik Militer...
Sangihe
16 Nov 2022 / dibaca 150 kali
TAHUNA (BK) : Bintara Pembina Desa (Babinsa) di wilayah Kodim 1301/Sangihe turut memperhatikan kebersihan lingkungan. Salah satunya yang...
Sangihe
15 Nov 2022 / dibaca 147 kali
TAHUNA (BK) : Komando Distrik Militer (Kodim) 1301/Sangihe menggelar kegiatan Pembinaan Antisipasi Bahaya Laten Komunis (Balatkom) dan Paham...
Sangihe
14 Nov 2022 / dibaca 173 kali
TAHUNA (BK) : Tetap menunjukan kepeduliannya terhadap warga binaan, Serda F Bataha, Babinsa Koramil 1301-02/Siau, bersama masyarakat...
Sangihe
12 Nov 2022 / dibaca 166 kali
TAHUNA (BK) : Putri daerah yang satu ini, telah mengharumkan nama Sangihe dengan sejumlah prestasi nasional hingga ke tingkat internasional,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2022 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.