Sangihe

DPPPAD Sangihe Sosialisasi UU Perlindungan Anak

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 09 March 2020 22:46   182 kali
TAHUNA (BK) : Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah (DPPPAD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe menggelar Sosialisasi Undang-Undang Perlindungan Anak dan Sosialisasi Desa Layak Anak di Kampung Tariang Lama Kecamatan Kendahe, Senin (09/03/2020).    
 
Kegiatan ini dihadiri sekitar 40 orang peserta.      
 
DPPPAD Pemkab Kepulauan Sangihe melalui Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Khusus Anak, Rachel Dalawir, kepada awak media, menjelaskan, kegiatan hari ini ditujukan untuk menegaskan UU Perlindungan terhadap anak, dalam rangka menciptakan zona nyaman untuk anak.       
 
"Masyarakat harus paham permasalahan perlindungan anak.  Karena kebanyakan kasus yang melibatkan para penerus bangsa ini, rata-rata diakibatkan kurang pahamnya orang tua dan masyarakat terkait UU dimaksud," ungkapnya.  
 
Lebih lanjut disampaikan, untuk itu, edukasi menjadi hal yang wajib untuk dilakukan.     
 
"Kita lihat beberapa kasus yang terjadi. Bahkan pelanggaran dilakukan oleh orang-orang terdekat, yang ada di sekitar anak," terangnya. 
 
Dia juga menegaskan bahwa, dalam upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk mencapai Kabupaten Layak Anak, dimulai dari Desa Layak Anak, kesadaran masyarakat harus digenjot sedemikian rupa untuk menekan angka kejadian-kejadian yang merugikan masa depan anak tersebut.     
 
Pula dijelaskannya, terhadap adanya penurunan data kekerasan terhadap anak, dari 2018 hingga 2019, yakni DPPPA Pemkab Kepulauan Sangihe akan terus melakukan edukasi dan pendampingan.     
 
"Karena pada dasarnya masalah kekerasan terhadap anak, sangat sukar diprediksi, bahkan sering terjadi dalam zona aman anak sendiri. Namun kami yakin, dengan sosialisasi yang dilakukan secara intens dan kontinu, maka kasus-kasus kekerasan terhadap anak, bisa direduksi," tambah dia.   
 
Seperti diketahui, kasus anak di Kabupaten Kepulauan Sangihe, sesuai data yang dihimpun di DPPPA Pemkab Kepulauan Sangihe yaitu pada tahun 2018 sebanyak 38 kasus, sedangkan tahun 2019 sebanyak 19 kasus, serta tahun 2020, hingga bulan maret, sebanyak 3 kasus.     
 
(fad/bk-10)    
 
 
 
 
 
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
05 Aug 2020 / dibaca 36 kali
TAHUNA (BK) : Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Kepulauan Sangihe, dr Joppy F Thungari MKes...
Sangihe
05 Aug 2020 / dibaca 81 kali
TAHUNA (BK) : Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kepulauan Sangihe Drs Hironimus R Makagansa menyatakan bahwa target kemenangan Olly Dondokambey...
Sangihe
04 Aug 2020 / dibaca 40 kali
TAHUNA (BK) : Babinsa Desa Pempalaraeng  Koramil 1301-06/Kendahe Serda Sukirno, membantu warga binaan, Yoap Lantemona yang melakukan...
Sangihe
04 Aug 2020 / dibaca 66 kali
TAHUNA (BK) : Pengawasan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) terus dilaksanakan oleh jajaran Kodim 1301/Sangihe.  Seperti yang...
Sangihe
04 Aug 2020 / dibaca 49 kali
TAHUNA (BK) : Untuk menjaga keamanan dan ketertiban di tingkat desa agar tetap kondusif, perlu sinergitas antara tiga pilar yang terdiri dari...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.