Sangihe

Empat Bulan Tunjangan Kinerja Guru SD belum Dibayar

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 08 April 2019 08:17   668 kali

TAHUNA (BK): Dilaporkan, sekitar empat bulan tunjangan kinerja guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Sangihe belum dibayar. Ini berarti sejak Desember 2018 hingga Maret 2019, mereka gigit jari.

 

Lantas apa kata Pemerintah Kabupaten (Pemkab)? Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Edwin Roring SE ME menegaskan, pembayaran kinerja seluruh ASN sepenuhnya tanggung jawab masing-masing dinas terkait.

 

“Sudah menjadi tangung jawab dari dinas terkait sebagai pengelola keuangan, dalam hal pembayaran tunjangan kinerja para stafnya. Untuk kinerja para guru, itu merupakan tanggung jawab Dinas Pendidikan. Saya minta para pimpinan Perangkat Daerah agar memperhatikan dan bersikap proaktif terhadap permasalahan ini, apapun alasanya. Intinya pemerintah daerah telah menyelesaikan semua anggaran kinerja, mungkin saja pemberkasannya belum lengkap sehingga pembayaran uang kinerja belum dicairkan,” kata Sekda. 

 

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kepulauan Sangihe, Drs Djoli Mandak menjelaskan, jika belum dicairkannya uang kinerja para guru adalah kesalahan dari berdahara sekolah yang belum memasukan memasukan laporan ke Dinas.

 

“Itu kesalahan dan kelalaian mereka sendiri yang lambat memasukan laporan ke Dknas Diknas, sehingga pembayaran kinerja para guru terhambat. Jadi bukan kesalahan dari dinas. Saya minta para Kepala Sekolah bersama bendaharanya untuk segera datang ke Dinas untuk menyelesaikan,” ujarnya.

 

Dia juga menjelaskan, para bendahara takut datang ke kantor dinas untuk mengurus uang kinerja disebabkan ada dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang belum mereka urus dan laporkan. Karena hal itu menjadi satu syarat dalam pencairan uang kinerja yaitu menyelesaikan laporan dana BOS triwulan ke empat yang sudah harus dimasukan ke kantor Dinas Diknas.

 

Padahal, Dinas Pendidikan telah memberi kemudahan dalam proses pencairan tunjangan kinerja, karena tidak lagi ke Badan Keuangan Daerah lagi. 

 

Sayangnya penjelasan Kadis Pendidikan itu mendapat bantahan sejumlah guru yang menyatakan pihak sekolah telah memenuhi semua persyaratan pencairan uang tunjangan kinerja dan dimasukan ke dinas, namun hingga saat ini tak kunjung direalisasikan.

 

“Seharusnya kami sudah menerima tunjangan kinerja Desember 2018, karena dari pihak Diknas mengatakan bahwa pencairan kinerja untuk Desember 2018 sudah termasuk piutang jadi tidak perlu memasukan laporan, namun pihak sekolah baru diberi tahu oleh pihak Dinas untuk memasukan laporan sebagai syarat pencairan kinerja ke Dinas,” beber sejumlah guru yang meminta agar identitas mereka tidak dipublish.

 

(fad/bk-1)  

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
06 Aug 2020 / dibaca 101 kali
TAHUNA (BK) : Koramil 1301-06/Kendahe bersama  masyarakat melaksanakan kerja bakti membuka akses jalan akibat tertimbun tanah longsor yang...
Sangihe
06 Aug 2020 / dibaca 59 kali
TAHUNA (BK) : Tingginya curah hujan yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Sangihe, menimbulkan dampak di titik-titik rawan bencana. Komandan Kodim...
Sangihe
06 Aug 2020 / dibaca 103 kali
TAHUNA (BK) : Keikutsertaan Kodim 1301/Sangihe dalam mensukseskan swasembada pangan khususnya di tengah pandemi Covid 19 akan terus dilakukan...
Sangihe
06 Aug 2020 / dibaca 57 kali
TAHUNA (BK) : Langkah antisipasi terjadinya banjir, normalisasi pengerukan dan pelebaran sungai terus dilakukan. Anggota Babinsa Koramil...
Sangihe
06 Aug 2020 / dibaca 83 kali
TAHUNA (BK) : Selalu berada di tengah-tengah masyarakat dan membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh warga di wilayah binaanya, Babinsa...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.