Sangihe

Enam Korban Meninggal Digigit Hewan Rabies

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 20 May 2019 07:03   142 kali
dr Joppy Thungari

TAHUNA (BK): Sejak Januari hingga April 2019 kasus gigitan anjing, kucing mengalami peningkatan pada angka 172 kasus. Di antaranya, sebanyak 6 orang meninggal dunia (MD) dan sisanya 166 mengalami perawatan seperti suntikan vaksin anti rabies (VAR).

 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, dr Joppy Thungari kepada wartawan, belum lama ini.

 

Ia menyatakan, angka pada kasus gigitan anjing yang begitu tinggi namun syukur belum masuk kasus luar biasa (KLB).

 

"Sehingga adanya kasus gigitan menembus pada angka tersebut, itulah kami tetapkan sebagai darurat rabies. Sehubungan dengan data dari Dinkes tersebut, penyebab korban meninggal karena terlambat penanganan disebabkan tidak melaporkan ke pihak medis untuk mendapatkan penanganan," jelasnya.

 

Lebih lanjut dijelaskan Kadis, Dinkes hanya memberi VAR terhadap korban gigitan hewan rabies. Selain itu, khususnya penanganan vaksin anjing ditangani Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Sangihe.

 

Secara terpisah, Kepala Dinas Pertanian melalui Kepala Bidang Peternakan Yatris Tiala mengatakan, di balik kasus gigitan anjing dengan mengakibatkan 6 orang korban yang didominasi oleh anak-anak. Dan salah satu korban rabies meninggal bukan karena gigitan anjing melainkan disebabkan gigitan kucing.

 

"Di antara 6 korban meninggal salah satunya korban yang berdomisili di Soataloara II kecamatan Tahuna induk, disebabkan oleh gigitan kucing. Untuk upaya dari Dinas Pertanian pihaknya sudah melakukan vaksinasi termasuk prioritas daerah kasus," ungkapnya. 

 

Pula dijelaskannya, tetapi yang menjadi kendala tenaga vaksinator di Dinas Petanian itu sangat kurang atau terbatas. "Bayangkan hanya 5 aparatur sipil negara (ASN) dan 2 tenaga harian lepas (THL) tenaga vaksinator. Jadi ketika kami turun ke 145 desa dan 22 kelurahan itu, tetap dapat dijangkau, tetapi dengan memakan waktu yang lama, karena kendala tenaga sangat kurang," tandasnya. 

 

Ditambahkannya, selain dari vaksinasi langsung, pihaknya sudah melaksanakan sosialisasi dalam bentuk komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat.
 

"Jauh sebelum ada kasus ini kami sudah melakukan vaksinasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat arti penting vaksin terhadap penularan rabies seperti pada kucing, kera dan anjing,” tungkasnya.

Korban meninggal dunia akibat gigitan hewan rabies :

1. Kaluwatu 1 orang
2. Batulewehe 1 orng
3. Binala 1 orang
4. Manalu 1 orang 
5. Kuma 1 orang
6. Soataloara II 1 orang (kucing)
 

Sumber: Dinkes sangihe, Mei 2019

(fad/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
17 Aug 2019 / dibaca 80 kali
TAHUNA (BK): Kado atau hadiah saat memperingatan hari ulang tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 74, tanggal 17...
Sangihe
17 Aug 2019 / dibaca 83 kali
TAHUNA (BK): Berbagai kegiatan dilaksanakan sekolah-sekolah dalam memperingati hari ulang tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik...
Sangihe
17 Aug 2019 / dibaca 68 kali
TAHUNA (BK): Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar nonton bareng mendengar pidato kenegaraan Presiden...
Sangihe
17 Aug 2019 / dibaca 54 kali
TAHUNA (BK): Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE ME menandatangani persetujuan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda)...
Sangihe
16 Aug 2019 / dibaca 96 kali
TAHUNA (BK): Sebagai partai politik yang memiliki lima kursi dan suara terbanyak hasil pemilihan legislatif serentak 2019 di Dewan Perwakilan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.