Sangihe

Forkopimda Sampaikan Materi Me'Daseng di Kampung Bengketang Tabut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 28 February 2019 06:28   161 kali

TAHUNA (BK): Pelaksanaan Me'Daseng di Kampung Bengketang Kecamatan Tabukan Utara (Tabut), Sabtu (23/2/2019), turut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sambil membawakan materi. Pelaksanaannya dipandu oleh Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe Helmud Hontong SE yakni secara bergilir. 

 

Giliran pertama disampaikan, perwakilan Komandan Distrik Militer (Dandim) 1301 Sangihe. "Pesan beliau (Dandim 1301 Sangihe, Red) dalam rangka kesiapan kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu) bulan April 2019 mendatang. Marilah kita suksesjab Pemilu yakni Pilpres dan Pilcaleg agar berjalan dengan baik dan lancar," ucapnya. 

 

Dia juga menambahkan, ada penerimaan Secata, Tantama, Perwira, yakni setiap tahun sebanyak 30 orang jatah yang disiapkan. Tahap pertama dan tahap kedua, khusus putera puteri daerah sebanyak 30 orang, dan tahap kedua 30 orang. 

 

"Harus asli Sangihe, lahir dan tinggal di Sangihe, termasuk orang tua. Bisa mendaftar ke Koramil, seleksi di Kodim dan berlanjut ke Manado," jelasnya. 
 

Sementara itu, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Sangihe melalui Kasie Pidum menyampaikan, penanganan kasus terkait perlindungan anak, hampir di seluruh wilayah. 

 

"Di dalamnya belum ada pembangunan sumber daya manusia (SDM), pengawasan dari orang tua rendah. Anak-anak sibuk dengan gadget, orang tua sibuk, tapi melupakan tanggungjawab yang besar. Kejadian justru orang terdekat ada korban yang berusia 4 tahun, ada juga berusia 7 tahun. Tentunya perlu ada perlindungan anak, bahkan tak ada pendampingan dari Dinas Sosial, sehingga sulit untuk melampirkan berkas," jelas dia. 

 

Pula disampaikannya, belum ada peran serta dari Pemda atau belum aktif menunjang, termasuk contoh juga kasus lain yakni Enjelin, tentunya terus diperhatikan. 

 

"Pula kasus penghinaan, melalui Undang-Undang ITE. Mestinya teknologi membantu kehidupan manusia," tandasnya. Dia juga menjelaskan, April 2019 ada pesta rakyat, pilihlah sesuai hati nurani politik uang dan jangan mencoblos TPS di tempat yang berbeda. 

 

Kemudian Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tahuna juga menyampaikan materi Me'Daseng, yakni untuk kegiatan Me'Daseng dilaksanakan sebulan sekali, sangat bagus, pemerintah daerah bertatap muka langsung dengan masyarakat, mendengar langsung dari masyarakat itu sendiri. 
 

"Terima aspirasi harus ditindaklanjuti. Permintaan masyarakat Marore yakni urusan perbaikan nama pada akte kelahiran. Untuk penanganan perkara di PN Tahuna, termasuk perlindungan anak, salah satunya termasuk di Tabut. Harapan agar orang tua tokoh agama dan tokoh masyatakat, mari kita bina dengan baik," kata dia. 

 

Lebih lanjut disampaikannya, dalam waktu dekat ada pesta politik, tentunya berlangsung bersifat sementara, tapi kehidupan masyarakat terus-menerus. "Hubungan dengan masyarakat agar tetap terjaga dengan baik. Jangan sampai terjadi keretakan fisik dan bisa berakibat hukum," tukasnya. 

 

Kemudian, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Benhur Takasiaheng mengatakan, program Me'Daseng, khususnya di Tabut, semangat yang luar biasa. "Tips kesehatan yakni susu, telur, madu dan jamu. Membuat kita sehat. Momen tanggal 17 april 2019, Pemilihan Umum (Pemilu), yakni dengan tubuh dan jiwa yang sehat. Dalam rangka menyukseskan Pemilu 2019, target 80 persen untuk menentukan pilihan tersebut," tandasnya. 

 

Dia juga menjelaskan, satu menit di TPS dapat menentujan pilihan bangsa dan negara, dan tanggal 17 April 2019, sudah siap tentukan bangsa dan negara ini, anggota legislatif dan pimpinan negara. "Memiliki rasa syukur, jabatan adalah berkat dari Tuhan. Tahu persis daerah dan negara kita, masalah dan solusi, tegas dan mampu mengeksekusi setiap keputusan, jujur dan cerdas," tambahnya.

 

Dari Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna melalui perwakilan Komandan Lanal Tahuna menyampaikan, masyarakat yang menempati daerah pesisir, masyarakat yang berusaha di laut. Tentunya penting untuk menjaga laut, dan pulau-pulau yang ada. "Kita tetap akan menjaga laut kita,negara kita. Kalau pulau-pulau tak dijaga, maka suatu waktu akan hilang. Ada program nawacita, mendukung pembangunan masyarakat pulau dan perbatasan. Pula pengelolaan sumber daya perikanan," jelasnya. 

 

Pula disampaikannya, untuk Perda pelintas batas, mulai dari awal 2019, sudah dibuka lagi Pas Lintas Batas di Marore, bisa berkunjung ke negara lain. Bagi pelaku usaha di laut, tentunya bisa berkoordinasi dengan sahbandar serta kelautan dan perikanan, agar bisa diperhatikan. 

 

"Memperhatikan alat keselamatan, jangan paksa kapasitas muatan perahu. Laut tak bisa diprediksi, gunakan alat keselamatan, save jaket, galon. Kapal nelayan kecil 7 GT ke bawah, kapal harus diurus alat-alat keselamatan dan surat-surat. Keselamatan yang bisa digunakan berupa alat save jaket. Apabila ada kecelakaan minta tolong adalah TNI AL. Bahkan ada ada yang hanyut sampai ke Papua dan Negara Palao. Menghimbau, agar saat di laut bisa menjaga keselamatan bawa air dan makanan secukupnya," tandasnya. 
 

Sementara itu, Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Sangihe melalui perwakilannya menyampaikan situasi menjelang Pemilu 2019 masih kondusif.  "Masing-masing menggunakan hak pilih sesuai pilihannya, diharapkan tidak golput. Mari sukseskan Pemilu 2019 agar berjalan dengan baik dan aman," kata dia. 

 

Pula dijelaskannya, mengenai hoax atau berita bohong atau berita tak benar, mari perangi berita bohong. Harus bisa memilih dan memilah, dan hox juga mengurangi ekonomi.  "Agar tidak diteruskan kepada siapa-siapa, karena sengaja memecah belah negara kita. Kalau tidak penting, tak perlu. Karena bisa terkena UU ITE. Pelihara keamanan dan ketertiban, saling membantu dan mendoakan. Keamanan dari keluarga kita dan sekitar kita, juga keagamaan, serta bantuan masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban," tambahnya.

 

(fad/bk-1)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
05 Dec 2019 / dibaca 257 kali
TAHUNA (BK): Hari kedua Rabu (04/12/2019) pada pertandingan cabang olahraga (cabor) karateka   kategori komite putri, atlit Sangihe...
Sangihe
05 Dec 2019 / dibaca 83 kali
TAHUNA (BK): Kontingen atlit Kabupaten Kepulauan Sangihe terus berjuang dan menunjukan kebolehannya pada Porprov  X di Kota Bitung, dan...
Sangihe
05 Dec 2019 / dibaca 81 kali
TAHUNA (BK): Kabupaten Kepulauan Sangihe meraih penghargaan peringkat I Keterbukaan Informasi Publik dari Badan Komunikasi dan Informasi...
Sangihe
05 Dec 2019 / dibaca 73 kali
TAHUNA (BK): Sebagai salah satu wujud kepedulian bagi warga, Babinsa Koramil 1301-04/Manganitu, Sertu Vanderwyn Benjamin membantu pengecoran...
Sangihe
04 Dec 2019 / dibaca 87 kali
TAHUNA (BK): Proses pelatihan Resimen Mahasiswa (Menwa) Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) yang dilaksanakan Kodim 1301/Sangihe memasuki...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.