Sangihe

FPS 2019 Dibuka Yohana Yambise

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 12 September 2019 14:19   98 kali
TAHUNA (BK): Iven tahunan Festival Pesona Sangihe (FPS) 2019, resmi dibuka oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia (RI) Prof Dr Yohana Susana Yembise MSc PhD, di kawasan Pelabuhan Tua (Peltu) Tahuna. 
 
 
Turut hadir Kadis PPPA Sulut Mike Panggul, Kadisbudpar Kota Tomohon Miriam Rau, Kadisbudpar Boltim Risky Lamaluta, Deputi Perlindungan Hak Perempuan Vanetia Tanos, anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe, Forkopimda, Ketua TP-PKK Kabupaten Kepulauan Sangihe Ny Dra Ririswati Gaghana Katamsi, Wakil Ketua TP-PKK Ny Rahel Hontong Sasamu, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Edwin Roring SE ME, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta masyarakat setempat. 
 
 
Kali ini, sangat berbeda dan menarik para pengunjung dari beberapa wilayah di Kabupaten Kepulauan Sangihe, karena stand pameran terbuat dari bahan bambu dan rumbia. Sejak sore hingga menjelang malam, suasana di FPS 2019, makin dipadati para pengunjung, untuk mendatangi stand-stand pameran dari instansi-instansi.
 
 
Diawali dengan berbagai pertunjukan pada pelaksanaan pembukaan FPS 2019, dari tarian kabasaran Sangihe, musik bambu, serta atraksi-atraksi menghibur warga.
 
 
Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana SE ME saat membawakan sambutan mengatakan, pada hari ini dapat dipertemukan dalam satu kalender iven pariwisata daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, yaitu Festival Pesona Sangihe 2019.
 
 
"Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe mengucapkan Selamat datang kepada Mentri PPPA RI Yohana Yambise, yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri Festival Pesona Sangihe 2019. Festival Pesona Sangihe merupakan iven yang menampilkan potensi kekayaan alam dan budaya, yang dikemas unik dan menarik, menampilkan seni dan budaya Sangihe," kata dia.  
 
 
Lebih lanjut disampaikan, juga dapat dijumpai stand-stand pameran pembangunan dari segenap kecamatan, yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Selain itu juga diikuti berbagai instansi pemerintah daerah dan instansi vertikal serta swasta, yang menonjolkan ciri khas potensi yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe. 
 
 
"Hasil karya dari kelompok pemberdayaan perempuan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, juga ditampilkan dalam pameran pembangunan. Dan tidak pernah kami lupakan yaitu melibatkan para anak-anak mulai dari karnaval budaya, sampai dengan lomba-lomba rakyat," tandasnya. 
 
 
Dijelaskannya, dalam semangat pemerintah dalam membangun Kabupaten Kepulauan Sangihe, maka salah satu yang ditonjolkan adalah pembangunan disektor  pariwisata.
 
 
"Daerah ini memiliki beberapa objek wisata yang dapat diandalkan, salah satu yang menjadi primadona adalah underweather vuklano (gunung api bawah laut). Telah menjadi objek wisata diving dan snorkling yang paling sering dikunjungi oleh turis," terang dia.  
 
 
Sambutan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondikambey yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulut Daniel Mawengkang mengatakan, atas nama pemerintah dan masyarakat Sulut menyambut baik dan memberikan apresiasi atas pelaksanaan iven ini.
 
 
"Dengan rasa hormat saya menyampaikan selamat datang, selamat baku dapa di bumi nyiur melambai. Semoga suasana keramahtamaan, kehangatan dan persaudaraan sebagai warna dan karakter masyarakat Sangihe, selalu meliputi sukacita dalam rangkaian iven yang spektakuler ini," kata dia.  
 
 
Lanjut disampaikannya, tahun ini Sulut telah menggelar 14 iven di 15 Kabupaten/Kota. Ke depan tentunya Pemerintah Provinsi Sulut tidak akan meninggalkan Festival Pesona Sangihe. Dan nantinya akan diusulkan ke Kementrian Pariwisata menjadi salah satu iven nasional di Sulut. 
 
 
"Tetapi, nama Kabupaten Kepulauan Sangihe harus mampu maupun Provinsi Sulut menjadi semakin mendunia. Saya memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe yang telah mampu melaksanakan pelaksanaan Festival Pesona Sangihe ditahun 2019," tandasnya. 
 
 
Ditambahkannya, pelaksanaan Festival Pesona Sangihe Tahun 2019 ini akan mampu dioptimalkan sebagai ajang untuk mempromosikan pariwisata Kabupaten Sangihe, serta provinsi Sulut secara keselurahan yang memang kaya akan potensi wisata, baik wisata alam, seni budaya, religi, bahari, agrowisata hingga kuliner.
 
 
"Festival ini diharapkan mampu menjadi stimulan positif bagi pemerintah dan masyarakat Sangihe, dalam pengembangan pemanfaatan potensi wisata bahari. Yang terbukti mampu menunjang gerak langkah pertumbuhan ekonomi daerah," ucapnya. 
 
 
Sementara itu sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (MenPPPA), Yohana Yesimbe mengucapkan selamat kepada pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe yang telah menjaga dan melestarikan serta mengembangkan Festival Pesona Sangihe 2019, sehingga festival ini dapat terlaksana di hari ini dan dinikmati oleh semua yang hadir.
 
 
"Untuk masuk kedalam calender of event ini dibutuhkan penilaian yang mengacu pada kriteria. Dimana memiliki nilai budaya, dan dengan adanya festival ini maka akan menuju pada pelestarian, pengembangan budaya di Kepulauan ini," jelas Mama Yo, sapaan akrabnya. 
 
 
Lebih lanjut dijelaskan, kami harapkan setiap tahun akan muncul kreatifitas baru, inovasi-inovasi baru, sehingga akan memperkaya penyelenggaraan iven ditahun-tahun yang akan datang. 
 
 
Bahkan dia memberikan apresiasi, dan merasa salut dengan masyarakat, salut dengan pemerintah daerah yang telah memperhatikan budaya daripada Sangihe ini. 
 
 
"Setiap tahun penyelenggaraan ivan ini, mempunyai nilai ekonomi masyarakat di kepulauan ini harus mendapat langsung dengan meningkatnya indeks daerah tersebut. Hal lain yang harus diperhatikan adalah penyelenggara harus menyiapkan fotografer di posisi paling strategis. Demi dokomentasi dan promosi yang berkualitas," tambahnya. 
 
 
 
(fad/bk-10)
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
16 Sep 2019 / dibaca 68 kali
TAHUNA (BK)- Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME  menerima penghargaan  Wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2019 dari...
Sangihe
14 Sep 2019 / dibaca 69 kali
TAHUNA (BK): Tak hanya menampilkan berbagai potensi daerah, namun juga iven tahunan Festival Pesona Sangihe (FPS) Tahun 2019 juga...
Sangihe
14 Sep 2019 / dibaca 91 kali
TAHUNA (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME memimpin Rapat Kerja (Raker) Bersama organisasi perangkat daerah (OPD), Jumat...
Sangihe
14 Sep 2019 / dibaca 276 kali
TAHUNA (BK): Masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe harus berbangga karena bahan baku uang kertas, ternyata menggunakan bahan dasar asli tanah...
Sangihe
14 Sep 2019 / dibaca 132 kali
TAHUNA (BK): Cuaca ekstrim kembali terjadi di Kabupaten Kepulauan Sangihe dan sekitarnya, yakni angin kencang dan gelombang laut yang...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.